إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

 إندونيسيا تقدم القضية فلسطينية في مجلس الأمن الدولي

Indonesia Prioritaskan Isu Palestina Tetap Muncul di DK PBB

- الإعلانات -

0 178

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  ابتداءً من 1 يناير 2019 ، بدأت إندونيسيا مهمتها كعضو غير دائم في مجلس الأمن التابع للأمم المتحدة. فما القضايا التي ستركز عليها إندونيسيا في مدة عضويتها.

رسميًا بدأت مهمة إندونيسيا خلال رفع العلم الإندونيسي الأحمر والأبيض في 2 يناير في مقر الأمم المتحدة بنيويورك، الولايات المتحدة. وسيقوم الممثل الدائم لجمهورية إندونيسيا في الأمم المتحدة، ديان تريانسياه دجاني، بتمثيل إندونيسيا في مجلس الأمن الدولي.

قال المدير العام لمركز التعاون متعدد الأطراف التابع لوزارة الشئون الخارجية بجمهورية إندونيسيا، فبريان ألفيانتو روديارد: “إن ما سنعمل عليه قد تقرر بالفعل منذ فترة. هناك 4 + 1. ما نريده هو تهيئة الجو للسلام والاستقرار العالمي (getting ecosystem of peace).

وأضاف: “من المهم جدًا أن يكون السلام والاستقرار نظامًا بيئيًا، ليس فقط بحل نزاع واحد، ولكن يجب أن يتم تشكيل النظام البيئي”، وفقًا لما نشره موقع ميترو تيبي نيوز، يوم الأحد (6/12/2019).

تشمل رؤية إندونيسيا كيفية حل كل صراع عن طريق الحوار. لذا فإن الأولى هو تهيئ الجو العام ليدعم السلام والاستقرار والأمن العالمي. و ذلك من خلال بذل الجهود للتوسط في الحوار وتدخل الأمم المتحدة في قضية تنفيذ السلام.

الأمر الثاني الذي لا يقل أهمية هو تعزيز التآزر بين مجلس الأمن الدولي والمنظمات الإقليمية. لماذا هذا مهم؟ لأن إندونيسيا تعتقد أن عمل الأمم المتحدة سيكون أكثر فعالية إذا كان مجلس الأمن ينطوي على منظمات وآليات إقليمية.

خاصة كأول المستجيبين، المهم أن يكون في الأمام. أول المستجيبين إذا كان هناك صراع محتمل في منطقة ما. وذلك من خلال التعاون مع المنظمات الإقليمية، وفهم مجلس الأمن الدولي للتعامل مع القضايا الإقليمية بطريقة أكثر شمولية، لأنه في هذه المنطقة تعرف هذه البلدان (القضايا الأساسية للصراع) في المنطقة.

ووفقاً لفبريان، يمكن للأمم المتحدة الاستفادة من القدرات المتاحة في المنطقة، سواء من المنظمات أو الآليات التابعة للأمم المتحدة للعمل أو حل المشاكل بصورة أشمل و أكثر تركيزًا.

القضية الثالثة التي سنقدمها هي مواجهة الإرهاب والتطرف من خلال نهج شامل.

أوضح: “هذا ما نريد أن نقدمه، لأننا نجحنا فيه. واحدة من نقاط القوة لدى إندونيسيا والتي تم الاعتراف بها من قبل مختلف البلدان”.

والقضية الرابعة هي كيفية تنظيم الجهود لتحقيق السلام واستعادة حالة الأمن بهدف التنمية المستدامة. لذا فإن النهج هو أننا سنحاول التعاون مع الجهود الرامية إلى تحقيق التنمية المستدامة.

والأخير هو 4 + 1، لماذا أقدم 4+1 وليس خمسة، لأنه موجود بشكل مستمر، وهو حول فلسطين. لأنه أصبح ضمن الدستور الإندونيسي أن تولي اهتماما خاصا للقضية الفلسطينية.

ما هو الهدف؟ انتقد كثير من الأطراف مجلس الأمن الدولي بأنه لم يكن قادرًا على فعل أي شيء بشأن القضية الفلسطينية، لقد تم التغلب على القرار من قبل الولايات المتحدة نفسها. لكننا نعرف أيضًا قوتنا وليس لدينا أي قدرة على أن نكون قوة مثل P5 (خمسة أعضاء دائمين في مجلس الأمن الدولي بما في ذلك الولايات المتحدة وروسيا وبريطانيا وفرنسا والصين).

وقال فبريان: “هناك القضية يمنية، والسورية، وربما قد نسينا أن قضية فلسطين ما زالت موجودة. وسوف نتأكد من أن القضية الفلسطينية ستبقى على رادار مجلس الأمن التابع للأمم المتحدة”.

 

المترجم :لالو عبد الرزاق| المصدر: بارس تدي


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Mulai 1 Januari 2019 Indonesia memulai tugasnya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Apa saja yang akan menjadi fokus Indonesia dalam keanggotaan ini.

Resminya penugasan Indonesia dimulai saat pemancangan Bendera Merah Putih pada 2 Januari di Markas PBB, New York, Amerika Serikat. Wakil Tetap Republik Indonesia di PBB, Dian Triansyah Djani akan mengemban tugas dalam keanggotaan Indonesia ini.

Dalam hal ini, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Febrian Alphyanto Ruddyard mengatakan, “Yang akan kita bawa sebenarnya sudah kita putuskan sejak beberapa waktu lalu. Ada 4+1, empat ini adalah satu. Yang kita kuatkan adalah getting ecosystem of peace (menciptakan ekosistem perdamaian, stabilitas perdamaian dan keamanan global.”

“Penting sekali kita melihat bahwa peace dan stability harus merupakan suatu ekosistem, tidak bisa hanya sifatnya satu konflik diselesaikan, tapi harus dibentuk ekosistemnya,” ujarnya seperti dimuat situs Metrotvnews, Ahad (6/12/2019).

Ekosistemnya antara lain bagaimana bisa menyelesaikan masalah setiap konflik dengan cara dialog. Jadi yang pertama getting ecosystem of peace and global stability, melalui upaya mediasi dialog dan kehadiran PBB untuk isu menjalankan perdamaian.

Yang kedua yang tidak kalah pentingnya adalah memperkuat sinergi antara DK PBB dengan organisasi regional. Kenapa penting? karena Indonesia berpandangan kerja PBB akan lebih efektif dan akan lebih terarah apabila DK PBB melibatkan organisasi dan mekanisme regional.

Khususnya sebagai first responsder (perespons pertama), pokoknya yang pertama di depan. First responder apabila ada potensi konflik di suatu wilayah. Dengan menggandeng organisasi regional, pemahaman DK PBB mengani isu-isu regional diharapkan akan lebih komprehensif, karena di regional ini lah negara-negara ini tahu sebetulnya (inti permasalahan konflik) di regional.

Menurut Febrian, PBB bisa memanfaatkan kemampuan yang ada di regional, baik itu organisasi maupun mekanisme untuk bisa PBB bekerja atau menyelesaikan masalah dengan lebih komprehensif dan terarah.

Yang ketiga isu yang akan kita bawa sangat aktual, penanggulangan terorisme, radikalisme, ekstremisme melalui pendekatan yang sifatnya komprehensif.

“Ini ingin kita introduce (perkenalkan), karena kita berhasil di sini. Salah satu kekuatan Indonesia dan itu sudah diakui berbagai negara,” jelasnya.

Yang keempat ini agak spesifik, ini baru, bagaimana ciptakan sinergi upaya menciptakan perdamaian dan mengembalikan suatu kondisi konflik ke kondisi normal dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Jadi approach-nya (pendeketannya) kita akan coba sinergikan dengan upaya melakukan sustainable development (pembangunan berkelanjutan).

Yang terakhir, 4+1, kenapa saya ambil plus one bukan lima, karena sudah ada terus yaitu mengenai Palestina. Karena sudah menjadi mandat konstitusi Indonesia untuk lebih memberi perhatian khusus untuk isu Palestina.

Tujuannya apa? banyak pihak yang kritik DK PBB tidak bisa melakukan apa-apa di isu Palestina, resolusinya pun diatasi sendiri sama AS. Tapi kita tahu juga kekuatan kita dan kita tidak berpotensi menjadi kekuatan seperti P5 (lima anggota tetap DK PBB termasuk Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Prancis dan Tiongkok).

“Ada isu Yaman, Suriah mungkin udah lupa nih padahal (isu) Palestina masih ada di situ. Kita akan pastikan isu Palestina akan tetap di dalam radar DK PBB,” tegas Febrian.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Sumber:  pars today

(19)

تعليقات
Loading...
Click Me