أفضل طريقة لغسل الفواكه والخضروات

Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur

0 588

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – إن تناول الخضراوات يوفر تأثيراً إيجابياً جداً على الجسم وعلى الصحة بشكل عام. ومع ذلك، فإن مشكلة بكتيريا E. coli تصبح العدو الرئيسي للحصول على جميع فوائد هذا النوع من الطعام

وجدت دراسة حديثة في علوم الأغذية والتغذية أن الشطف أو النقع الخضار الورقية في الماء لا يعني تقليل كمية بكتيريا E.coli. وجدت دراسة أخرى من جامعة جورجيا أن المنتجات التي يمكن غسلها بالفعل أقل فعالية من شطف E.coli.

أنتج البحث أنباء سيئة. ولحسن الحظ لا يزال هناك أخبار جيدة أنه من غير المحتمل للغاية أن توجد E. coli في المنتجات الطازجة.

وقالت ليندا هاريس، رئيسة إدارة سلامة الأغذية والأبحاث في جامعة كاليفورنيا في دافيس، نقلاً عن تايم، الثلاثاء (8/5): “إننا نشهد بيكتيريا كثيرة في بعض الأحيان، لكن خطر المرض من تناول الخضروات منخفض للغاية”.

قد يهمك: إغلاق السفارة الأمريكية في إندونيسيا مؤقتا بسبب مظاهرة للدفاع عن فلسطين في موناس

على الرغم من أن البكتيريا لا يمكن أن تزول من خلال الغسل كما قالت هاريس، فهناك سبب مقنع لتنظيف الخضروات ليتم تناولها. لأنها تباع في العراء بحيث يمكن أن يلتصق بالأوساخ.

“إذا كان هناك أوساخ، يكفيك أن تقوم بإزالة الأوساخ من الخضروات الطازجة. وذلك عن طريق الشطف والحك وتجفيفها.

وقالت هاريس :”هناك شيء مثل تفاحة بسطح خارجي أملس، يمكنك تحريكها عند شطفها. لقد قمنا ببعض الأبحاث التي تبين ذلك ومن ثم تجفيفه بمنشفة نظيفة فكانت النتيجة أن البكتيريات منخفضة جدا.”

على الرغم من أن هذه الطريقة تعمل من أجل التفاح والكمثرى والقشريات الأخرى، تقول هاريس إنه لا يعقل بالنسبة للفواكه اللينة مثل التوت. وقالت :”من المستحيل فرك التوت”. مع هذه الوجبة اللطيفة، يكفي بشطفه الجيد قبل تناوله فهو الأفضل.

قد يهمك: بالإضافة إلى أنه صحي، 5 أسباب تجعل بشرة الوجه كاملة الجمال من شرب الشاي الأخضر

بعض الخطوات غير الضرورية عند غسل الفاكهة أو الخضراوات وذلك بتنظيفها بالفرشاة، أو نقعها في حوض مملوء بالماء، أو باستخدام صودا الخبز لتنظيف المبيد. من المرجح أن الطريقتان الأوليتان تلوث المنتج أكثر من التطهير.

وفي حين أن هناك دليلا على أن صودا الخبز يمكن أن يزيل المبيدات بالكامل من الفاكهة الملوثة، وقالت إن مستويات مبيدات الآفات الموجودة في الفواكه والخضروات بشكل عام آمنة.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر |المصدر : ريبوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Makan sayuran memang memberikan efek yang sangat positif bagi tubuh dan kesehatan secara umumnya. Namun, masalah bakteri E. coli menjadi musuh utama untuk memperoleh segala manfaat dari jenis makanan tersebut.

Sebuah penelitian terbaru dalam Food Science & Nutrition menemukan, membilas atau merendam sayuran berdaun dalam air tidak berarti mengurangi jumlah bakteri E. coli. Studi lain dari University of Georgia menemukan, produk yang memang bisa dicuci bahkan kurang efektif dibandingkan dengan air yang membilas E. coli.

Penelitian tersebut menjadi kabar buruk. Untung masih ada kabar baik yaitu adalah sangat tidak mungkin bertemu E. coli di produk segar.

“Kami melihat wabah yang kadang-kadang terjadi, tetapi risiko jatuh sakit karena mengonsumsi produk sangat, sangat rendah,” kata Linda Harris, Ketua Departemen dan Peneliti Keamanan Pangan di University of California, Davis, dikutip dari Time, Selasa (8/5).

Meskipun bakteri tersebut tidak dapat hilang dengan mencuci Harris mengatakan, ada alasan kuat untuk membersihkan produk yang akan dikonsumsi. Sebab, produk tersebut dijual pada tempat terbuka sehingga bisa saja saja kotoran menempel.

“Kalau memang ada kotoran yang menempel, cukup hilangkan kotoran tersebut dari sayuran segar. Caranya bisa dengan membilas, menggosok, dan keringkan bahan makanan tersebut.

“Sesuatu seperti apel dengan permukaan luar yang halus, Anda bisa menggosoknya saat Anda membilasnya. Kami telah melakukan beberapa penelitian yang menunjukkan hal ini dan kemudian mengeringkannya dengan handuk bersih dapat mencapai pengurangan mikroorganisme yang signifikan,” kata Harris.

Meskipun metode ini berfungsi untuk apel, pir, dan buah berkulit keras lainnya, Harris mengatakan itu tidak masuk akal dengan buah-buahan lunak seperti buah beri. “Tidak mungkin untuk menggosok raspberry,” katanya. Dengan makananyang lembut ini, bilas yang baik sebelum makan adalah yang terbaik.

Beberapa langkah yang tidak perlu dilakukan saat mencuci buah atau sayur termasuk menggosok dengan sikat, merendamnya di wastafel yang penuh air, atau menggunakan soda kue untuk membersihkan pestisida. Dua metode pertama lebih mungkin mengontaminasi produk daripada disinfeksi.

Sementara ada bukti baking soda benar-benar dapat menghilangkan residu pestisida dari buah yang terkontaminasi, Harris mengatakan umumnya level pestisida di buah dan sayur tergolong aman.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Republika

تعليقات
Loading...