أقدم وأكبر مسجد في بكين

Melihat Masjid Tertua dan Terbesar di Beijing

0 604

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  بكين لديها سياحة حلال تناسب السياح المسلمين. هذا هو نيوجي، أقدم وأكبر مسجد في بكين.

مسجد نيوجي يعتبر أقدم وأكبر مسجد في بكين. هذا المسجد هو أحد المساجد الشهيرة في العالم.

تم بناء هذا المسجد في عام 996م خلال عهد مملكة لياو. وقد تم تسمية هذا المسجد باسم لبايسي من قبل الإمبراطور عام 1474. وتم أخذ اسم نيوجي لأن المسجد يقع في شارع البقرة، نيو تعني البقرة، وجي تعني الطريق ، في حي شوانوو.

يحتوي الشارع على العديد من المطاعم الحلال التي تبيع اللحم البقري. تتأثر عمارة هذا المسجد بالقصور الملكية الصينية والمساجد العربية الكلاسيكية.

تبلغ مساحة المسجد 6000 متر مربع. المدخل ليس كبيراً، وعندما نذهب إلى داخل المجمع، سنقابل جدارًا كبيرًا يبلغ حوالي 40 متراً.

أمام المدخل توجد لوحة كتب عليها بعض المعلومات حول المسجد بلغة الماندرين وكذلك الإنجليزية للتسهيل على السياح الذين لا يتحدثون لغة الماندرين.

ويمكن لهذا المسجد استيعاب أكثر من 1000 مصلٍ. عندما ذهبت أنا وعائلتي إلى هناك، كانت تقام صلاة العصر جماعة.

إذا كان هناك شيء يحتاج إلى تحسين، ربما هو منطقة المرحاض والميضة، خصوصًا الخاصة بالنساء، حتى يشعرن بالراحة في العبادة.

التقينا هناك مع أحد الصينيين الذي كان يقيم في ماليزيا حيث يستطيع التحدث بالملايوية قليلاً. كان ودودًا للغاية وقص لنا متحمسا تطور الإسلام في بكين بما في ذلك تجربته كمسلم.

ليس بعيدًا عن هذا المسجد، هناك أيضا محلات السوبر ماركت الحلال، وفي الطابق الثاني من السوبر ماركت يمكننا العثور على أنواع مختلفة من الطعام الصيني التقليدي الحلال.

الحمد لله حصلنا على طعامنا في بيت الصيني الذي لقيناه. فبالنسبة للمسافرين الذين يزورون بكين ويريدون القيام بجولة دينية، يعد هذا المسجد أحد الأماكن التي يجب زيارتها. وفي الوقت نفسه يمكن تجربة المطاعم الحلال في المنطقة المجاورة.

المترجم :لالو عبد الرزاق| المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Beijing punya wisata halal buat traveler muslim. Inilah Niujie, masjid tertua dan terbesar di Beijing.

Masjid Niujie merupakan mesjid tertua dan terbesar di Beijing. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terkenal di dunia.

Masjid ini dibangun pada tahun 996, pada masa Dinasti Liao. Masjid ini sebenarnya dinamakan Libaisi oleh kaisar pada tahun 1474. Nama Niujie diambil karena masjid ini terletak di jalan sapi. Niu berarti sapi, dan jie berarti jalan, di distrik Xuanwu.

Jalan ini memang memiliki banyak restoran halal yang menjual daging sapi. Arsitektur masjid ini dipengaruhi oleh istana kerajaan China dan masjid Arab klasik.

Kompleks masjid ini memiliki luas 6.000 meter persegi. Pintu masuknya tidak besar, dan saat menuju bagian dalam kompleks kita akan berhadapan dengan tembok besar sejauh kurang lebih 40 meter.

Di depan pintu masuk terdapat papan informasi mengenai mesjid ini dengan bahasa Mandarin dan juga Inggris untuk memudahkan wisatawan yang tidak berbahasa Mandarin.

Masjid ini sendiri bisa menampung lebih dari 1000 jamaah. Saat saya dan keluarga ke sana, sedang dilakukan shalat berjamaah di waktu Ashar.

Jika ada yang perlu ditingkatkan, mungkin adalah area toilet dan wudhu terutama untuk jemaah wanita agar para jemaah lebih nyaman beribadah.

Di sini kami sempat bertemu salah seorang jemaah asal Tiongkok yang pernah tinggal di Malaysia sehingga bisa berbahasa Melayu sedikit. Beliau sangat ramah dan dengan gembira menceritakan Islam di kota Beijing termasuk pengalamannya sebagai muslim.

Tidak jauh dari mesjid ini juga terdapat supermarket halal, dan di lantai 2 dari supermarket tersebut kita bisa menemukan berbagai macam makanan khas China yang halal.

Alhamdulillah kami sempat makan dijamu oleh jemaah asal Tiongkok tadi. Untuk d’traveler yang berkunjung ke Beijing dan ingin berwisata religi, masjid ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Sekaligus mencicipi restoran halal di sekitarnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...