إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

أماكن سياحية مجانية في لابوان باجو

4 Tempat Wisata Ini Gratis di Labuan Bajo

- الإعلانات -

0 119

لابوان باجو ، إندونيسيا اليوم – الرحلة إلى لابوان باجو ، فلوريس ، لبعض الناس تبدو باهظة الثمن. لأن سعر رحلة الذهاب و الاياب منها يعتبر باهظا. و الحاجة إلى استئجار قارب لاستكشاف الجزر حول مجموعة جزر كومودو . و بعد الوصول إلى الجزر المستهدفة فعلى السياح دفع قيمة مكان رسو السفينة .

ومع ذلك ، لا داعي للقلق بشأن إنفاق كثير من المبلغ . عندما تكون ميزانيتك محدودة ، يقدم لابوان باجو عددًا من مناطق الجذب السياحي التي لا تفرض رسوم دخول أو رسوم لرسو السفن. من بينها .

1. هضبة سيلفيا

تقع هذه الهضبة بمكان ليس بعيد عن منتجع سيلفيا. يمكن الوصول إليها بالسيارة أو الدراجة النارية تستغرالرحلة حوالي 20 دقيقة من مطار كومودو الدولي نحو شاطئ وايشيشو أو سوق واي كيسامبي .

في الجزء العلوي من سيلفيا ، يمكنك التمتع بالتلال ذات المناظر الخلابة ذات الشكل نصف الدائري تصطف مثل تل تيليتابيس . ومنظر البحر وغروب الشمس. قال أحد السكان ، هذا المكان قطعة من جيلي لاوا.

لا توجد رسوم أو ضريبة. لك أن توقف السيارة على حافة التل ، ثم القيام بالمشي لحوالي 10 دقائق للوصول إلى قمتها .

2. هضبة تشينتا ( محبة )
شكلها تقريبا مثل هضبة سيلفيا ، تعرض هذه الهضبة مجموعة مناظر من التلال نصف الدائرية تطل مباشرة على البحر. يزدحم الزوار في الغالب في فترة ما بعد العصر لمشاهدة غروب الشمس .

و الفرق بينهما ، أن في هذا التل ، هناك شجرة واحدة في قمتها كانت الشجرة تُلقب بـ “الشجرة العزباء” لأنها تقف وحدها وليس هناك أشجار أخرى حولها.

للوصول إلى هضبة تشينتا ، يمكن للسياح ركوب السيارة لمدة 15 دقيقة أو أقل. من مطار كومودو الدولي ، موقعه ليس بعيداً. مجرد المرور بشارع سوكارنو هاتا ، ثم انعطاف إلى شارع هضبة تشينتا .

3. شاطئ بيدي

يعتبر شاطئ بيدي أحد الشواطئ التي يمكن الاستمتاع بها مجانًا في مدينة لابوان باجو . موقعه بالقرب من فندق لابريما . يستغرق السفر إليه حوالي 15 دقيقة إذا كنت تركب السيارة من مطار كومودو الدولي عبر طريق ترانس – فلوريس .

هناك يمكن للسياح رؤية الشاطئ والبحر. عادة ما يصبح هذا الشاطئ موقعًا مفضلاً للأشخاص المحليين لقضاء عطلة نهاية الأسبوع. لكن مع الأسف ، إدارة معالجة النفايات لم تكن جيدة بحيث يبدو على بعض جوانب الشاطئ كومة من البلاستيك.

4. جزيرة كيلور

للوصول إلى هذه الجزيرة يجب للسياح أن يتأهبوا للسفر بواسطة القارب البخاري على بعد 40 دقيقة من لابوان باجو. عادة ما تصبح هذه الجزيرة المحطة الأخيرة أو الأولى على جدول أعمال الإبحار كومودو.

في جزيرة كيلور ، يمكنك التمتع برحلات إلى أعلى التل أو الغطس. يمكن أيضا أن تبيت في الخيمة . على عكس الجزر الأخرى ،و لا يوجد أي تكلفة لرسو السفن أو ضريبة للاستمتاع بهذه الجزيرة .

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Labuan Bajo, Indonesiaalyoum.com –   Berwisata ke Labuan Bajo, Flores, bagi sebagian orang tampaknya mahal. Sebab, harga tiket pesawat pergi-pulang tergolong tinggi. Belum lagi harus menyewa kapal untuk menyusuri pulau-pulau di sekitar gugusan Kepulauan Komodo. Tak sampai di situ, setelah tiba di pulau-pulau yang ingin dituju, wisatawan kudu membayar retribusi atau biaya sandar kapal.

Namun, tak perlu khawatir merogoh kocek lumayan. Bila bujet Anda terbatas, Labuan Bajo menawarkan sejumlah tempat wisata yang tak memungut tiket masuk atau biaya sandar kapal. Berikut ini di antaranya.

1. Bukit Sylvia

Bukit ini berlokasi tak jauh dari Sylvia Resort. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan mobil atau motor dengan waktu lebih-kurang 20 menit dari Bandara Internasional Komodo ke arah Pantai Waecicu atau Pasar Wae Kesambi.

Di puncak Sylvia, Anda bisa menikmati pemandangan bukit-bukit setengah lingkaran berbaris seperti Bukit Telettubies. Juga panorama laut dan matahari tenggelam. Kata pendudul lokal, tempat ini merupakan miniaturnya Gili Lawa.

Tak ada uang pungutan atau retribusi. Anda cukup memarkir kendaraan di tepi bukit, lalu trekkinglebih-kurang 10 menit untuk mencapai puncaknya.

2. Bukit Cinta

Hampir sama dengan Bukiy Sylvia, Bukit Cinta menyajikan panorama gugusan bukit setengah lingkaran yang berbatasan langsung dengan laut. Pengunjung biasanya ramai datang saat sore hari untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Bedanya, di bukit ini, ada satu pohon di puncaknya yang cukup ikonis. Pohon itu dijuluki pohon jomblo karena berdiri sendiri alias tak ada pohon lain di sekitarnya.

Untuk menuju Bukit Cinta, wisatawan bisa menempuh dengan berkendara lebih-kurang 15 menit. Dari Bandara Internasional Komodo, lokasinya tak terlampau jauh. Cukup menyusuri Jalan Soekarno Hatta, lalu belok ke Jalan Bukit Cinta.

3. Pantai Pede

Pantai Pede merupakan salah satu pantai yang bisa dinikmati gratis di Kota Labuan Bajo. Lokasinya berada di dekat Hotel Laprima. Waktu tempuhnya lebih-kurang 15 menit apabila Anda berkendara dari Bandara Internasional Komodo melalui Jalan Trans-Flores.

Di sana wisatawan bisa menyaksikan pantai dan laut lepas. Biasanya pantai ini menjadi lokasi favorit orang-orang lokal untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Hanya sayang, pengelolaan sampah kurang tertangani sehingga di beberapa sisi pantai tampak tumpukan plastik.

4. Pulau Kelor

Pulau Kelor harus ditempuh menggunakan kapal motor dengan waktu 40 menit dari Labuan Bajo. Biasanya pulau ini menjadi pemberhentian terakhir atau justru pertama dalam agenda sailing Komodo.

Di Pulau Kelor, Anda bisa menikmati trekking ke atas bukit atau snorkeling. Dapat juga bermalam menggelar tenda di sana. Tak seperti pulau-pulau lainnya, tidak ada biaya sandar kapal atau retribusi masuk untuk menikmati Pulau Kelor.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Thalal Al.Syaeqi | Sumber: Tempo

(12)

تعليقات
Loading...
Click Me