إجلاء 2 ألف سائح في 3 جزر من لومبوك - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إجلاء 2 ألف سائح في 3 جزر من لومبوك

Dua Ribu Wisatawan di 3 Gili di Lombok Sudah Dievakuasi

- الإعلانات -

0 352

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  تم إجلاء ألفا سائح من ثلاث جزر صغيرة هي جيلي تراوانجان وجيلي إير وجيلي مينو السياحية في لومبوك التي لا تزال مكتظة بالسياح الذين يريدون الخروج منها بعد الزلزال الذي بلغت شدته 7.0 درجات على مقياس ريختر وهز لومبوك والمناطق المحيطة بها.

وقالت الوكالة الوطنية لإدارة الكوارث (BNPB) إن عدد السياح الذين تم إجلاؤهم بلغ عددهم 2000 إلى 2700 سائح. المبلغ بعيد عن ما كان مقدرا سابقا.

“الذين لم يتم إجلاءهم لاتوجد بيانات عنهم حتى الآن. في البداية أشارت المعلومات أن هناك 1000 سائح. بعد التأكيد اتضح أن هناك آلاف. والذين تم إجلائهم 2000 إلى 2700″، قال رئيس مركز الإعلام والعلاقات العامة بالوكالة الوطنية لإدارة الكوارث (BNPB)، سوتوبو بوروو نوغروهو، في مكتب الوكالة، جاكرتا، الاثنين (6/8).

وقال سوتوبو إن عملية الإجلاء سارت حتى الآن بنجاح لأن مياه البحر قد ارتفعت بالفعل بحيث يمكن للسفن أن ترسو في موانئ الجزر الثلاث.

إجلاء 2 ألف سائح في 3 جزر من لومبوكإجلاء 2 ألف سائح في 3 جزر من لومبوك - إندونيسيا اليوم

بالإضافة إلى ذلك، تستمر 9 سفن في الإخلاء وتحاول إخراج السياح من جيلي تراوانجان وجيلي إير وجيلي مينو.

في وقت لاحق، سيتم توجيه السياح الذين خرجوا من الوجهات سياحية في تلك الجزيرة إلى مدينة ماتارام ويمكنهم مغادرة لومبوك عبر مطار لومبوك، برايا.

“يتم توجيه السياح إلى ماتارام لأنهم يريدون العودة إلى ديارهم. هناك العديد من السياح الذين بقوا في الفنادق، ومعظمهم يريدون العودة إلى ديارهم”، قال.

“ستكون عملية الإخلاء سريعة، لأن السفن كافية، والموظفون كافون والظروف البحرية ملائمة. بحيث يمكن لبعض السفن أن ترسو في الميناء. ومن ثم يمكن للسائحين العودة إلى ديارهم عبر المطار “.أضاف.

أسفر الزلزال الذي بلغت شدته 7.0 درجات على مقياس ريختر وهز لومبوك والمناطق المحيطة بها عن مقتل 98 شخصًا وإصابة 238 آخرين. ومن المتوقع أن يستمر عدد الضحايا في الزيادة مع استمرار عملية الإجلاء.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: كومباران


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Objek wisata Pulau Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno di Lombok rupanya masih dipenuhi wisatawan yang ingin keluar dari pulau, usai gempa 7,0 magnitudo yang melanda Lombok dan sekitarnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, jumlah wisatawan yang telah dievakuasi mencapai 2.000 hingga 2.700 wisatawan. Jumlah itu jauh dari yang diperkirakan sebelumnya.

“Yang belum di evakuasi belum ada datanya. Awalnya info wisatawan ada 1.000. Setelah melakukan konfirmasi ternyata ribuan. Yang sudah di evakuasi sudah 2.000-2.700,” ujar Kepala Informasi Data dan Humas BNPB Sutupo Purwo Nugroho di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (6/8).

Sutopo mengatakan, proses evakuasi sejauh ini berjalan dengan lancar karena air laut sudah pasang sehingga kapal-kapal dapat merapat ke pelabuhan di tiga pulau tersebut.

Selain itu, 9 kapal sampai saat ini terus melakukan proses evakuasi dan berusaha mengeluarkan para wisatawan dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Nantinya, para wisatawan yang keluar dari tempat wisata di pulau tersebut langsung diarahkan ke Kota Mataram dan bisa meninggalkan Lombok melalui Bandara Lombok Praya.

“Wisatawan diarahkan ke Mataram karena mereka ingin pulang. Ada beberapa wisatawan yang tinggal di hotel, sebagian besar mereka ingin pulang,” ucapnya.

“Proses evakuasi akan cepat, karena kapal memadai, personel memadai dan kondisi laut sudah pasang. Sehingga beberapa kapal sudah bisa merapat ke pelabuhan. Selanjutnya wisatawan bisa langsung pulang lewat bandara,” tambah Sutopo.

Gempa berkekuatan 7,0 magnitudo yang mengguncang Lombok dan sekitarnya mengakibatkan 98 orang meninggal dunia dan 238 orang mengalami luka. Jumlah korban diperkirakan terus bertambah seiring proses evakuasi yang terus berjalan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber:  Kumparan

(24)

تعليقات
Loading...
Click Me