إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إعجاب كمبوديا بالتعليم السياحي في إندونيسيا

Kamboja Kagumi Pendidikan Pariwisata di Indonesia

- الإعلانات -

0 91

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  “نتوقع من إندونيسيا تقديم المساعدة في عملية تنمية الموارد البشرية في قطاع السياحة في كمبوديا، لا سيما من خلال التعاون مع المدارس السياحة في إندونيسيا”، قال وزير السياحة الكمبودي، ثونغ خون، أثناء ترحيبه بزيارة فخرية من السفارة الإندونيسية لدى كمبوديا، سودرمان هاسيغ في تاريخ 2 يوليو 2018، في مكتب وزارة السياحة الكمبودية، بنوم بنه.

وأعرب وزير السياحة عن تهنئته وترحيبه للسفير الإندونيسي الجديد في كمبوديا، ويتوقع أن يقوم بمسؤوليته وأعماله بشكل جيد ويساهم في رفع العلاقات الثنائية بين إندونيسيا وكامبوديا في مجال السياحة. كما رحب وزير السياحة بخطة الخطوط الجوية الإندونيسية لفتح رحلات مباشرة إلى كمبوديا، والتي من المتوقع أن توفر في المستقبل الفوائد المتنوعة لكلا البلدين في قطاع السياحة.

وذكر أيضا أمل وزير السياحة بدعم إندونيسيا للسياحية حتى تتمكين من أنشطة “تريل الحضارة” (TOC)، والتي تمت بمبادرة من حكومة إندونيسيا في عام 2006 وأنتج إعلان بوروبودور، وتبعتها ست دول من بينها إندونيسيا وكمبوديا ولاوس وميانمار وتايلاند، وفيتنام. وقد عقد الاجتماع الوزاري الأخير المتعلق بـأنشطة “تريل الحضارة” عام 2010 في سيم ريب، كمبوديا.

وفي الوقت نفسه، وبالإضافة إلى تعريف نفسه رسميا، ناقش السفير الإندونيسي أيضا تطوير العلاقات الثنائية بين إندونيسيا وكمبوديا والجهود المبذولة لتطوير التعاون في مختلف مجالات السياحة. وأعرب السفير الإندونيسي عن تقديره لجهود وزارة السياحة الكمبودية التي ساهمت مساهمة كبيرة في النمو الاقتصادي لكمبوديا؛ ويتوقع دعما لتنظيم أنشطة مشتركة للاحتفال بمرور 60 عامًا من العلاقات الدبلوماسية بين إندونيسيا وكمبوديا؛ وتشجيع التعاون لتعزيز العلاقات المشتركة ورحلات السفر والمشغلين السياحيين في كمبوديا وإندونيسيا، وخاصة للسياحة الدينية. ويتوقع السفير الكمبودي دعما من وزارة السياحة لعقد تجارة إندونيسية وسياحية مروجة لعام 2018 والذي سيعقد في الفترة 28-30 سبتمبر 2018 في بنوم بنه. كما اتفق الجانبان على تجديد اتفاقية التعاون السياحي التي وقعها البلدان في عام 1999.

ويساهم قطاع السياحة في كمبوديا بنحو 30٪ من الناتج المحلي الإجمالي لكمبوديا، ويستوعب حوالي 650 ألف عامل. ووفقا لوزارة السياحة في كمبوديا، خلال عام 2017، فإن عدد السياح القادمين لزيارة كمبوديا وصل إلى 5,6 مليون سائح مع عائدات إجمالية قدرها 3,63 مليار دورلار أمريكي. (بزيادة قدرها 12.3٪ مقارنة بعام 2016). مع الاتجاه المتزايد لقطاع السياحة المتنامية، والحكومة الكمبودية متفائلة لتصل إلى 7 مليون سائح أجنبي في عام 2020. وفي الوقت نفسه، فإن عدد السياح الكمبوديين الخارجين المسجل عام 2017 يصل إلى 1,752,269 أو بزيادة 22,2% مقارنة من العام الماضي.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: وزارة الخارجية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – “Kami mengharapkan Indonesia dapat memberikan bantuan terkait proses pengembangan SDM di sektor pariwisata Kamboja, terutama melalui kerja sama dengan sekolah-sekolah pariwisata di Indonesia”, demikian diungkapkan Menteri Pariwisata, Thong Khon pada saat menerima Kunjungan Kehormatan (courtesy call) dari Duta Besar RI untuk Kerajaan Kamboja, Sudirman Haseng pada tanggal 2 Juli 2018, di kantor Kementerian Pariwisata, Phnom Penh.

Menteri Pariwisata juga mengucapkan selamat dan menyambut baik penugasan sebagai Dubes RI untuk Kamboja yang baru, serta mengharapkan misi yang akan diemban dapat terlaksana dengan baik serta berkontribusi dalam mendorong hubungan bilateral RI-Kamboja di bidang pariwisata. Menteri Pariwisata juga menyambut baik rencana maskapai penerbangan Indonesia untuk membuka direct flight ke Kamboja, yang pada tahap selanjutnya diharapkan akan memberikan berbagai keuntungan bagi kedua negara di sektor pariwisata

Disinggung pula harapan Menteri Pariwisata atas dukungan Indonesia untuk mengaktifkan kegiatan Trail of Civilization (ToC), yang telah diinisiasi oleh Pemerintah Indonesia pada 2006 yang telah menghasilkan Borobudur Declaration, dan diikuti oleh 6 negara termasuk Indonesia dan Kamboja, yaitu Laos, Myanmar, Thailand, dan Viet Nam. Pertemuan Tingkat Menteri terakhir terkait ToC diselenggarakan pada 2010 di Siem Reap, Kamboja.

Sementara itu, selain secara resmi memperkenalkan diri, Dubes RI juga membahas perkembangan hubungan bilateral RI-Kamboja serta upaya-upaya untuk mengembangkan kerja sama di berbagai bidang Pariwisata. Dubes RI mengapresiasi upaya Kementerian Pariwisata Kamboja yang berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Kamboja; mengharapkan dukungan untuk menyelenggarakan kegiatan bersama dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Kamboja; serta mendorong kerja sama untuk mempromosikan joint package antar tour travel dan operator di Kamboja dan Indonesia, terutama untuk wisata religi. Dubes RI juga mengharapkan dukungan Kementerian Pariwisata bagi penyelenggaraan Indonesian Trade and Tourism Promotion 2018 yang akan diselenggarakan pada tanggal 28-30 September 2018 di Phnom Penh. Kedua pihak juga sepakat untuk memperbaharui Kesepakatan Kerja sama tentang Pariwisata yang pernah ditandatangani kedua negara pada tahun 1999.

Industri pariwisata di Kamboja berkontribusi sekitar 30% dari GDP Kamboja, serta menyerap jumlah tenaga kerja sekitar 650 ribu orang. Menurut laporan Kementerian Pariwisata Kamboja, selama tahun 2017, jumlah wisatawan inbound yang berkunjung ke Kamboja sebanyak 5.6 juta wisatawan dengan total penerimaan negara sebesar US$3.63 milyar (meningkat 12.3% dibanding tahun 2016). Dengan tren pertumbuhan sektor pariwisata yang terus meningkat, Pemerintah Kamboja optimis mencapai 7 juta wisman tahun 2020. Sementara itu, outbound turis Kamboja pada tahun 2017 tercatat sejumlah 1.752.269 atau meningkat 22.2% dibandingkan tahun sebelumnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Fares Albadr| Sumber: Kemlu

(7)

تعليقات
Loading...
Click Me