إقليم كاليمانتان الشرقية يهدف إلى زيادة السياح - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إقليم كاليمانتان الشرقية يهدف إلى زيادة السياح

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Kaltim Diminta Kelola Objek Wisata

- الإعلانات -

0 150

جاكرتا، إندونيسيا اليوملكاليمانتان الشرقية عديد من الوجهات السياحية المثيرة للاهتمام شأنها شأن بالي ولومبوك ولابوان باجو وراجاامبات، بالنظر إلى ماراتوا ، بوكيت سوهارتو ، قرية مانشونج كوتاي ، نهر ماهاكام ، جزيرة كومالا تينجارونغ ، إلى جزيرة سانغاكالي ديروان ، كلها من الوجهات السياحية الممتازة.

قال دادانغ ريزكي راتمان ، نائب مدير تطوير الوجهات في وزارة السياحة ، إن الوجهات السياحية في شرق كاليمانتان عديدة وكاملة للغاية ، من الطبيعية إلى البحرية. لهذا السبب ، يجب على كل محافظة تنفيذ التخطيط التنموي في قطاع السياحة ، وأن تعمل لأجل أن تكون قادرة على تعزيز السياحة.

وقال دادانج في بيان يوم الأحد (05/08/2018) “إن كل منطقة لديها إمكانات سياحية ، ولكنها ربما لا تتمكن من التخطيط بعناية جذب السائحين غاية لكن التحدي هو التطوير المستمر لترغيب السياح”.

وفقا لدادانج، أن المناطق التي لديها إمكانات سياحية يجب أن تكون لها أيضًا تخطيط مبتكر. يبدأ التخطيط من التسويق ، وتطوير الموارد الطبيعية ، إلى تطوير الموارد البشرية .

“في صناعة السياحة ، يعمل قطاع التسويق دورا مهما في القدرة على ترويج السياحة الداخلية والخارجية” ، قال.

وقال دادانج إن قطاع التسويق يجب أن يتم على النحو الأمثل. ولذلك ، يجب أن تكون الحكومة المحلية قادرة على وضع خطط للوجهات السياحية التي سيتم تطويرها.

“كل هذه الأمور يجب أن تقوم على التخطيط من قبل (الحكومة المحلية) ، بحيث يمكن للسياحة التي سيتم تطويرها أن توفر رفاهية للمجتمع المحلي. إذا تطورت السياحة هناك ، فإن الدخل الاقتصادي للمجتمع سيزيد أيضا”

من حيث وسائل النقل ، فإن كاليمانتان الشرقية لديها مطار السلطان آجي محمد سليمان سيبينجان. في السنوات الخمس الأخيرة ، ارتفع متوسط عدد الركاب في مطار سيبينجان بنسبة 2.5 ٪.

طوال عام 2017 ، خدم مطار سيبينجان 7.43 مليون مسافر. بلغ إجمالي حركة الطائرات إلى 67000.

ملف تعريف المستخدم في مطار سيبينجان متنوع. هناك احتياجات عائلية مع نسبة كبيرة من 53 ٪ ، ثم 26 ٪ من رحلات العمل ، و 10 ٪ من المصالح التجارية ، والباقي 9 ٪ فقط للإجازة.

بالنظر لإمكانيات كاليمانتان الشرقية ، ستعقد وزارة السياحة دورة التوجيه التكنولوجي. حول موضوع تحسين إدارة الوجهات من خلال السياحة البيئية في مدينة ساماريندا ، كاليمانتان الشرقية.

ومن المقرر أن تعقد الدورة في فندق أستون ساماريندا في 7 أغسطس 2018. وسيحضرها نائب رئيس لجنة مجلس النواب العاشر ، حطيفه.

وقال حطيفه “لدينا تفاؤل في تطوير السياحة في كاليمانتان الشرقية. سنحقق ذلك ولو بقليل من التغيير. سنواصل البحث عن استراتيجيات”.

واعترفت حطيفه بأن قطاع السياحة في كاليمانتان الشرقية و في مناطق أخرى لا تزال تواجه العديد من التحديات.

وقالت حطيفه: “مشكلتنا السياحية ليست في البنية التحتية فحسب، ولكن أيضاً في التسويق والأمن. نبحث عن خطط عمل لنطبقها معًا”.

وكان وزير السياحة عريف يحيى تحدث أيضا ، وأعرب عن أمله في أن يستشعر مسؤولي المناطق أهمية الاستمرار في تطوير الإمكانيات السياحية. ليكون عام 2019 ، عام زيادة الأرباح في مجال السياحة.

“يجب على الحكومات المحلية تطوير إمكاناتها السياحية بنشاط. يجب استخدام هذا الزخم على أفضل وجه ممكن. لأنه إذا زاد قطاع السياحة فإن التأثير كبير جدًا على الاقتصاد الإقليمي”.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Kalimantan timur ternyata punya banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan Bali, Lombok, Labuan Bajo, dan Raja Ampat. Kalau tidak percaya, tengok saja Maratua, Bukit Soeharto, Desa Mancong Kutai, Sungai Mahakam, Pulau Kumala Tenggarong, hingga Pulau Sangakali Derawan, semuanya berkelas.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengatakan, destinasi pariwisata di Kaltim sangat banyak dan lengkap, mulai dari pariwisata alam hingga bahari. Untuk itu, setiap daerah harus melakukan perencanaan pembangunan di sektor pariwisata, sebab potensi tersebut akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Setiap daerah memiliki potensi pariwisata, namun yang terjadi saat ini belum mampu merencanakan secara matang sehingga wisatawan belum maksimal bisa didatangkan ke objek wisata tersebut,” kata Dadang dalam keterangannya, Minggu (5/8/2018).

Masih menurut Dadang, daerah yang memiliki potensi wisata juga harus mempunyai perencanaan mendetail. Perencanaan tersebut mulai dari pemasaran, pengembangan sumber daya alam, sampai dengan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Dalam industri pariwisata, sektor pemasaraan memegang peran penting untuk dapat menjual sektor-sektor yang ditawarkan kepada wisatawan Nusantara maupun mancanegara,” ujarnya.

Dadang mengatakan, sektor pemasaran harus digarap secara maksimal. Oleh karena itu, pemerintah daerah harus mampu membuat perencanaan destinasi-destinasi pariwisata yang akan dikembangkan itu.

“Semua hal tersebut harus mempunyai perencanaan dari bawah (pemerintah setempat), sehingga nantinya pariwisata yang akan dikembangkan mampu memberi kesejahteraan bagi masyarakat. Jika pariwisata di sana berkembang, maka pendapatan perekonomian masyarakat juga meningkat,” lanjutnya.

Dari sisi aksestabilitas, Kalimantan Timur punya bandara Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan. Pada 5 tahun terakhir, rata-rata jumlah penumpang Bandara SAMS Sepinggan tumbuh 2,5%.

Sepanjang 2017 lalu, Bandara SAMS Sepinggan sudah melayani 7,43 juta penumpang. Total frekuensi pergerakan pesawat mencapai 67.000.

Profil pengguna Bandara SAMS Sepinggan cukup beragam. Ada keperluan keluarga dengan porsi besar 53%, lalu 26% adalah perjalanan dinas, 10% kepentingan bisnis, dan sisanya 9% murni berlibur.

Menanggapi potensi yang ada di Kalimantan Timur, Kementerian Pariwisata menggelar Bimbingan Teknis. Tema yang diangkat adalah Peningkatan Tata Kelola Destinasi Melalui Ekowisata Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Bimtek tersebut rencananya bakal digelar di Hotel Aston Samarinda pada 7 Agustus 2018. Bimtek bakal dihadiri Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah.

“Kita punya optimisme memajukan pariwisata Kaltim. Sedikit apapun kita akan melakukan perubahan. Kita akan terus mencari terobosan,” ujar Hetifah.

Hetifah mengakui bahwa saat ini sektor pariwisata di Kaltim dan di daerah lain masih menghadapi banyak tantangan.

“Problem pariwisata kita bukan soal infrastruktur, tapi juga soal media pemasarannya dan keamanan. Mencari action plan untuk kita lakukan bersama,” lanjut Hetifah.

Mendengar hal itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga angkat bicara, ia berharap daerah terus mengembangkan potensi pariwisata yang dimilikinya. Pada 2019, penghasil devisa paling besar itu ada di pariwisata, mengalahkan CPO.

“Pemerintah daerah harus aktif mengembangkan potensi pariwisatanya. Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sebab, kalau sektor pariwisata naik imbasnya cukup besar terhadap perekonomian daerah,” beber Arief.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Detik

(11)

تعليقات
Loading...
Click Me