إندونيسيا تتعاون مع الهلال الأحمر المصري لتوزيع المساعدات الإنسانية إلى غزة

Indonesia Gandeng BSM Mesir Untuk Penyaluran Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

0 747

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – استعانت إندونيسيا بالهلال الأحمر – مصر لإدارة المساعدات الإنسانية لقطاع غزة، فلسطين. هذا التعاون يتم من أجل تسهيل عملية نقل المساعدات عبر مدخل رفح في محافظة سيناء، مصر، والتي يخضع لسيطرة السلطات المحلية.

كشف مستشار الشؤون السياسية الإندونيسية بالسفارة الإندونيسية في القاهرة، سوني ساسونكو، القاهرة، السبت (16/6)، كما أكدت وزير الشؤون الخارجية ريتنو مارسودي، فإن الحكومة الإندونيسية يدعم دائما نضال الشعب الفلسطيني من أجل الاستقلال.

واحدة من الخطوات التي تعتبر امرا ملحا هي توزيع المساعدات الإنسانية في خضم الوضع المضطرب في فلسطين في الأسابيع الأخيرة. وقال سوني ساسو إن الحدود باب رفح هو الطريق الوحيد من مصر لتوزيع المساعدات إلى قطاع غزة، ولعبور الحدود من الضروري التنسيق مع الحكومة المحلية.

“لقد ساندت إندونيسيا دائما الكفاح من أجل الاستقلال الفلسطيني. ولهذا حاولت اندونيسيا تخفيف العبء الذي يعاني منه غالبية الفلسطينيين، وخاصة في الأراضي المحتلة مثل غزة. في هذه الحالة، عيّنت الحكومة الإندونيسية السفارة الإندونيسية في القاهرة لفتح الطريق إلى غزة عبر محافظة سيناء لتوزيع المساعدات الإنسانية. وقد التقى مسؤلون إندونيسيا مع العديد من الأطراف هنا بما في ذلك الهلال الأحمر المصري ”.

وفقا لسوني ساسو، رحب الهلال الأحمر المصري بوصول المساعدات الإنسانية من اندونيسيا. السفارة الاندونيسية في القاهرة ما زالت تنتظر المزيد من الأخبار من وزارة الشؤون الخارجية والأطراف المعنية الأخرى لتحديد الوقت المناسب لإرسال المساعدات ومبلغها للفلسطينيين. معبر رفح الحدودي مع قطاع غزة تقريبا مغلق تماما منذ عام 2013.

وفتح باب رفح عادة في غضون فترة زمنية قصيرة للوصول إلى توزيع المساعدات والعلاج في مصر أو المناطق البعيدة كماهو الحال في رمضان الماضي. تسيطر دولة الاحتلال على ستة من البوابات الحدودية السبعة داخل وخارج قطاع غزة.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: صوت إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Indonesia menjalin kerja sama dengan Bulan Sabit Merah -BSM Mesir dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan ke jalur Gaza, Palestina.// Kerja sama ini dilakukan untuk memudahkan proses penyaluran bantuan melalui pintu Rafah di Provinsi Sinai, Mesir, yang berada di bawah kendali otoritas setempat.

Minister Counsellor Fungsi Politik Kedutaan Besar RI Kairo, Sonny Sasongko, di Kairo, Sabtu (16/6) mengungkapkan, sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno LP Masudi, Pemerintah Indonesia selalu mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.

Salah satu langkah yang dianggap mendesak yakni, penyaluran bantuan kemanusiaan di tengah situasi di Palestina yang bergejolak dalam beberapa pekan terakhir. Sonny Sasongko mengatakan, perbatasan pintu Rafah merupakan satu-satunya akses dari Mesir untuk penyaluran bantuan ke jalur Gaza, dan untuk melintas di perbatasan diperlukan koordinasi dengan Pemerintah setempat.

‘’Indonesia selalu mendukung upaya perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina. Dan untuk itu Indonesia juga harus berupaya untuk meringankan beban yang diderita oleh sebagian besar rakyat Palestina terutama di daerah pendudukan seperti di Gaza.

Dalam hal ini pemerintah Indonesia sudah menugaskan Kedutaan Besar RI di Kairo untuk membuka akses ke Gaza lewat Provinsi Sinai untuk menyalurkan Bantuan kemanusiaan. Indonesia telah bertemu dengan beberapa pihak di sini termasuk Bulan Sabit Merah Mesir’’.

Menurut Sonny Sasongko, Bulan Sabit Merah Mesir menyambut baik rencana penyaluran bantuan kemanusiaan dari Indonesia. Kedutaan Besar RI Kairo saat ini masih menunggu kabar lebih lanjut dari Kementerian Luar Negeri RI dan pihak terkait untuk waktu pengiriman berikut jumlah bantuan yang akan disalurkan ke Palestina.

Penyeberangan perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza hampir sepenuhnya tertutup sejak tahun 2013.

Pintu Rafah biasanya dibuka dalam waktu singkat untuk akses penyaluran bantuan dan pengobatan di wilayah Mesir atau wilayah yang lebih jauh seperti yang dilakukan saat bulan Ramadhan lalu. Israel mengendalikan enam dari tujuh pintu perbatasan keluar masuk Jalur Gaza. RA.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: voice of Indonesia

تعليقات
Loading...