إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إندونيسيا تصدر السفن والدبابات في اليوم الأول من مؤتمر إندونيسيا وأفريقيا

Hari Pertama Indonesia Africa Forum: RI Jual Kapal hingga Tank

0 436

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  تم إجراء بعض التعاون في اليوم الأول من منتدى إندونيسيا وأفريقيا في بالي. ويشمل التعاون بيع السفن والمعدات العسكرية لبلدان في أفريقيا.

“غلب الجانب الاقتصادي على حيثيات المؤتمر فقد تم شراء السفن من شركة تحديث القوات البحرية (PT PAL) واشترى سينغال القاطرات من شركة القطارات (INKA)  وشراء الدبابات من شركة صناعة القوات البرية (PIDAD). وهم وافقوا في البداية للاستثمارات بقيمة 586 مليون دولار أمريكي.” قال وزير التنسيق البحرية، لوهوت بنسار بانجيتان، في منتدى اندونيسيا وأفريقيا، بالي نوسا، مركز المؤتمرات دوا، جنوب كوتا، محافظة بادونج، يوم الثلاثاء (10 / 4/2018).

ستستأنف اجتماعات هذا المنتدى في الحوار بين إندونيسيا وأفريقيا في العام المقبل. يأمل لوهوت أن تكون قيمة الاستثمار أكبر.

“اعتقد أن الاجتماع في العام المقبل ستزيد بكثير بسبب المنفعة المتبادلة. وقد فوجئ عندم إندونيسيا هكذا. ونحن ما زلنا نكثر الكلام. ونحن إزاء عملية التطوير لا بد من المشاكل، نعم، لكن لا بد أن نعترف أنه في السنوات الثلاثة الماضية حققنا تقدما ملحوظا.” أوضح لوهوت.

اعترف لوهوت بالدهشة من الاستجابة السلبية من قبل الشعب الاندونيسى لبلدهم. وفقا للوهوت، فإن أندونيسيا تلقت اشادة واسعة بالطفرة الاقتصادية.

“إنهم يرون اندونيسيا على هذه الحالة، تلقينا المدح منهم لكننا نتعجب في داخل بلدنا تلقينا الانتقادات. فإن الأجانب يتعجبون بتقدمنا، وأما الذي يكثر الكلام ليس بكثير.” قال لوهوت.

وفي الوقت نفسه، قالت وزيرة الخارجية، ريتنو مرسودي، بأن احدى الاستثمارات المربحة تأتي من مدغشقر. سوف تعمل إندونيسيا على ارض بمساحة عشرة آلاف هكتار من نخيل الزيت في مدغشقر.

“حققنا التعاون، هناك بعض شركاتنا على الأرض ويمكن التوسع فيها. وأشارت إلى أن هذا التوسع يمكن أن يصل إلى عشرة آلاف هكتار.” قالت ريتنو.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Beberapa kerja sama bisa dijalin pada hari pertama Indonesia Africa Forum di Bali. Kerja sama tersebut di antaranya penjualan kapal hingga perlengkapan militer ke negara di Afrika.

“Tadi semua bilateral sudah detail. ‘Kami mau beli kapal PT PAL,’ lokomotif itu Inka oleh Senegal, ‘Kami mau beli kendaraan tank personel itu ada Pindad.’ Semua sudah langsung jadi one to one semua dan mereka memang hari ini deal-nya baru kecil US$ 586 juta,” kata Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Indonesia Africa Forum, Bali Nusa Dua Convention Center, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Selasa (10/4/2018).

Pertemuan dalam forum ini akan kembali dilanjutkan pada Indonesia Africa Dialogue tahun depan. Luhut berharap angka investasi bisa lebih besar.
“Saya percaya pertemuan tahun depan meningkat besar karena saling menguntungkan. Mereka terperangah melihat Indonesia begini. Kita masih banyak yang ngomel. Kita untuk proses sedang maju bahwa ada masalah, kita yes. Tapi kita harus akui dalam 3 tahun terakhir kita buat progres yang luar biasa,” jelas Luhut.

Luhut mengaku heran atas respons negatif rakyat Indonesia terhadap negeri sendiri. Menurut Luhut, Indonesia banyak dipuji karena pertumbuhan ekonominya.

“Mereka lihat Indonesia kok jadi begini, kita dipuja-puji sampai kita bingung juga kok di dalam negeri kita ‘digebukin’. Orang luar lihat kita ‘wah-wah-wah’ terus. Yang ngomel itu cuma berapa orang aja sih,” sebut Luhut

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan salah satu investasi yang menguntungkan datang dari Madagaskar. Indonesia akan menggarap 10 ribu hektare lahan sawit di Madagaskar.

“Kita sudah punya kerja sama ada beberapa perusahaan kita yang membuka lahan di sana dan akan mengekspansi. Dia memberi saran bahwa ekspansi ini dapat dilakukan sampai 10 ribu hektare,” ujar Retno.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Detik

 

تعليقات
Loading...
Click Me