إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

إندونيسيا تنضم إلى مشروع طريق الحرير الصيني

Pelabuhan Kuala Tanjung Resmi Jadi Bagian Jalur Sutra China

0 114

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يُعد ميناء كوالا تانجونج الذي يَقع في سومطرة الشمالية جزء من المشروع واسع النطاق (طريق الحرير الصيني) في مرحلته الأولى.

وَقع اتفاقية بداية العَمل في المشروع نائب رئيس قسم البنية التحتية في وزارة الشؤون البحرية رضوان جمال الدين ونائب وزيرة البنايات الوطنية بالصين نينج جيسه على هامش مُنتدى الطُرق الذي عقد في بكين بالصين. شَهِد هذا اللقاء أيضًا لوهوت بانداجايتان.

قال لوهوت في خطاب مكتوب يوم الخميس (25/04/2019) بجاكارتا: “نُريد أن نستفيد من الشبكة الصينية كما عَرضوا علينا وفي المقابل يسفيدوا هُم من خدمات ميناء كوالا تانجونج”.

سومطرة الشمالية تعتبر واحدة من 4 مناطق عَرضتها إندونيسيا لتدخل في تِلك المشروع (OBOR) بجانب سولاويسي الشمالية وكاليمناتان الشمالية وبالي. وبالإضافة إلى ميناء كوالا تانجونج فإن هناك منطقتين أيضًا سوف ينضموا للمشروع الصيني ألا وهم المنقطة الصناعيى بسي مانجي ومطار كوالانامو.

يتمنى لوهوت أن تسهاهم مشاريع البنية التحتية في تقوية اقتصاد سومطرة الشمالية، حيث أن الرئيس جوكوي أمر بإن يتم الإنتهاء من الطريق السريع بين سيانتار وداناو توبا في عام 2021.

وأوضح أنه تم اختيار تِلك المناطق الأربع بسبب نسبة الفقر المرتفعة فيها والتي تقدر بـ7 – 9% من أًل 30 مليون مواطن ماعدا بالي. لذلك فإن تِلك المشاريع سوف تساهم في خلق فرص عَمل جديدة.

قال لوهوت: “معيار النجاح بالنسبة إلينا هو خفض نسب الفقر عن طريق خلق فرص عمل جديدة”.

أكد لوهوت –السفير السابق لجمهورية إندونيسيا لدى سنغافورا- أن تجنب التعاون مع الدول الأجنبية في المشاريع الإقتصادية هو أمر مستحيل في عصر العولمة، كما أنه يَضمن أيضًا أن إندونيسيا دولة مفتوحة على العالم.

قال: “لا توجد دولة في العالم تستطيع أن تقفل حدودها في وجه التجارة العالمية، إندونيسيا دولة تؤمن بالإنفتاح والبراغماتية والإبتكار”.

 

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة آي نيوز الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi bagian dari proyek jalur sutra China. Pelabuhan berlokasi di Sumatera Utara itu masuk tahap pertama dari proyek skala besar one belt one road (OBOR).

Kesepakatan tersebut diteken oleh Deputi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin dan Wakil Menteri Bappenas China, Ning Jizhe di sela-sela Belt and Road Forum di Beijing, China. Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan ikut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut.

“Kita manfaatkan network China untuk meningkatkan performa Kuala Tanjung ini. Mereka bersedia memanfaatkan network mereka untuk menggunakan jasa pelabuhan Kuala Tanjung,” kata Luhut melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Sumatera Utara menjadi satu dari empat koridor yang ditawarkan Indonesia untuk masuk dalam skema OBOR di samping Sulawesi Utara, Kalimantan Utara, dan Bali. Selain Kuala Tanjung, dua proyek yang akan ikut jalur sutra China dalam waktu dekat yaitu Kawasan Industri Sei Mangke dan Bandara Kualanamu.

Menko Luhut berharap, ekonomi Sumut bisa cepat tumbuh dengan berbagai proyek infrastruktur yang akan dibangun. Presiden Jokowi, kata dia, juga sudah memerintahkan agar tol dari Siantar ke Danau Toba bisa rampung pada 2021.

Dia menjelaskan, empat koridor ini dipilih karena angka kemiskinan di empat provinsi dengan populasi 30 juta ini ada di kisaran 7-9 persen, kecuali Bali. Oleh karena itu, proyek yang dibangun di empat koridor ini harus membuka lapangan kerja yang banyak.

“Tolok ukur keberhasilannya adalah ketika ia dapat mengurangi tingkat kemiskinan dengan membuka peluang kerja lokal,” kata Menko Luhut.

Mantan Dubes RI untuk Singapura itu menilai, kerja sama investasi dengan negara lain mustahil untuk dihindari di era globalisasi. Dia pun menjamin bahwa Indonesia adalah negara yang terbuka.

“Tidak ada wilayah yang dapat bertahan dengan menutup perbatasannya dari perdagangan. Indonesia percaya pada keterbukaan, pragmatisme, dan inovasi,” ujarnya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: www.inews.id

تعليقات
Loading...
Click Me