إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

استمرار ثوران جبل أناك كراكاتاو في لامبونج حتى صباح السبت

Erupsi Gunung Anak Krakatau berlangsung sampai Sabtu pagi

219

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – بدأ ثوران جبل أناك كراكاتاو في لامبونج يوم الجمعة الساعة 10:35 مساءً، وذكرت الوكالة الوطنية الإندونيسية للتخفيف من الكوارث أنه استمر في الرماد حتى صباح يوم السبت في الساعة 5:44 بالتوقيت المحلي،  كما أوردته وكالة الأنباء أنتارا.

في أول ثوران له مساء يوم الجمعة ، أرسل جبل أناك كراكاتاو (طفل كراكاتوا) الرماد نحو 657 مترًا في الهواء ، وفقًا لمركز البراكين وتخفيف المخاطر الجيولوجية ، حسبما ذكر المتحدث باسم الوكالة الوطنية الإندونيسية للتخفيف من الكوارث أجوس ويبو في بيان في جاكرتا. في. يوم السبت.

وذكر أن عمود الرماد الذي بدا رماديًا وكثافة معتدلة إلى سميكة يميل إلى الانجراف إلى الشمال ، مضيفًا أن جهاز قياس الزلازل في المركز سجل اندفاعًا لمدة 38 دقيقة وأربع ثوانٍ بسعة 40 ملم.

أثناء الإشارة إلى تقارير وكالة لامبونج سيلاتان للحد من الكوارث ، أشار ويبو إلى أن السكان المحليين في منطقة راجاباسا الفرعية في منطقة لامبونج سيلاتان نقلوا عنهم في الساعة الرابعة صباحًا بالتوقيت المحلي أنهم لم يشموا رائحة الكبريت والرماد البركاني.

وبحسب ما ورد بدأت الأمطار تهطل على مناطق أحياء واي موليه وواي موليه تيمور وكونجير. كما بدأ السكان المحليون الذين فروا من منازلهم في العودة.

وقال “ومع ذلك ، لا يزال العديد منهم حذرين من الوضع”.

كانت حالة تنبيه البركان في المستوى الثاني ، أو الحذر. ناشد موظفو وكالة لامبونج سيلاتان للحد من الكوارث السكان المحليين أن يبقوا هادئين منذ أن خفت الأنشطة البركانية لجبل أناك كراكاتاو.
وقال إنه حتى صباح يوم السبت ، لم ترد تقارير عن وقوع أضرار في أعقاب الانفجار ، لكن العسكريين المحليين وأفراد الشرطة ظلوا على أهبة الاستعداد لمساعدة سلطات القرى والأحياء الفرعية.

ثار البركان بشكل متكرر على مدى السنوات الماضية.

في 31 ديسمبر 2019 ، اندلع البركان في مضيق سوندا أيضًا ، مما أدى إلى إطلاق عمود رماد يبلغ ارتفاعه حوالي ألف متر في الهواء.

لاحظ مركز علم البراكين والتخفيف من حدة الكوارث الجيولوجية التابع لوزارة الطاقة والموارد المعدنية عمودًا من الرماد السميك الرمادي إلى الأسود يتدفق من البركان ويصل ارتفاعه إلى ألف متر من فوهة البركان ، أو 1157 مترًا فوق مستوى سطح البحر ، عندما اندلع البركان في الساعة 6:51 صباحًا بالتوقيت المحلي.

سجل مخطط الزلازل الثوران ، بسعة قصوى تبلغ 44 ملم ومدة دقيقة واحدة ، 33 ثانية ، وفقًا لبيان المركز.


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan erupsi Gunung Anak Krakatau di Lampung berlangsung hingga Sabtu pagi, berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

“Letusan terus berlangsung sampai Sabtu pagi (11/4) pada pukul 05.44 WIB,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo melalui keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan berdasarkan laporan PVMB Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada 10 April 2020 pukul 22:35 WIB dengan ketinggian kolom abu sekitar 657 meter (m) di atas permukaan laut.

Kolom abu yang diamati, kata dia, berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah utara.

Berdasarkan laporan itu juga Agus menyebutkan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dengan durasi sekitar 38 menit 4 detik.

Sementara itu, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan tentang kondisi mutakhir di Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, pada Sabtu, 11 April 2020 Pukul 04.00 WIB, tidak tercium bau belerang dan debu vulkanik, sementara hujan mulai turun dan masyarakat di sana, terutama Desa Way Mulih, Way Mulih Timur dan Kunjir, sudah berangsur-angsur kembali ke rumah masing-masing.

“Namun, warga masih berjaga-jaga dan ronda untuk memantau kondisi yang ada,” katanya.

Sejumlah upaya telah dilakukan di antaranya oleh TRC BPBD Kabupaten Lampung yang telah menghubungi tim pemantau Gunung Api Krakatau.

Menurut hasil pantauan tim tersebut status gunung tersebut masih waspada pada level 2 dengan aktivitas vulkanik yang sudah mulai mereda. Sementara masyarakat diimbau untuk tidak panik.

Kemudian, TRC BPBD Kabupaten Lampung Selatan juga menggunakan mobil rescue untuk memberi pengumuman kepada masyarakat agar tetap tenang karena aktivitas Gunung Api Krakatau sudah reda.

Sementara itu, TNI dan Polri saat ini masih siaga di lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi warga. Sedangkan aparat desa dan camat setempat sudah berada di lokasi kejadian untuk memberikan arahan kepada warga.

Sampai pagi ini belum ada laporan kerusakan. Sementara petugas BPBD dan aparat setempat akan terus memantau dan melaporkannya.

Sumber : Antaranews

تعليقات
Loading...
Click Me