استمرار زيارة الوجهة السياحية في سيمارانج

Magnet Destinasi Semarang Ini Tak Pernah Pudar

0 690

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عطلة يوم العيد في سيمارانج ؟ هذه الوجهة لم تختف من زيارتها.  نعم ، هذه هي لاوانج سيوو التي أصبحت واحدة من أيقونة سيمارانج. تقع هذه الوجهة في منطقة توجو مودى ، وهي مناسبة للغاية للزيارة في الليل. مثلما كنا هناك قبل عيد الفطر .

السياح الذين يأتون إلى مبنى لاوانج سيوو للبحث عن جو رائع قد يشعرون بخيبة أمل. منذ أن بدأ ترميمه في يوليو 2011 ، بدأ انطباع الرعب والغموض في مبنى التراث الهولندي يختفي.

تحاول إدارة لاوانج سيوو الذي يعتبر أكثر ملاءمة للسياح. من بوابة المدخل ، لم يعد الزوار يرون المباني ذات الجدران الباهتة أو دهان التقشير.

حاليا المبنى الذي كان قائما منذ عام 1904 يبدو رائعا مع العمارة الهولندية الصلبة. حتى الآن في ساحة مزينة مع قطر C 2301 الذي يستخدم على نطاق واسع الزوار لالتقاط الصور .

إذا كنت ترغب فقط في التمتع بالأجواء الخارجية للمبنى يمكن أن تكون الأرصفة الجميلة الواسعة  مكانًا تلتقط فيه صور في لاوانج سيو بالقرب من النصب التذكاري مودا.

استمرار زيارة الوجهة السياحية في سيمارانج 1

تذاكر الدخول بأسعار معقولة 10 آلاف روبية للبالغين و 5 آلاف روبية للأطفال أو الطلاب ، يمكن للزوار التجول حول المبنى الذي بني  في 1904 حتى   1907 .  إذا كنت ترغب في زيادة المعرفة حول هذا المبنى القديم ، يمكنك استئجار دليل عن طريق دفع حوالي 30 ألف روبية.

لا تزال عملية الترميم التي بدأت منذ 2011 في مبنى A و C الذي يستخدم لمعرض الباتيك والحرف اليدوية . وفي الوقت نفسه ، سيتم استخدام الطابق الثالث من المبنى A الذي لا يزال مكانا فسيحا مثل قاعة معرض الرسوم .

بالإضافة إلى ذلك ، يخطط المدير أيضًا إنشاء ملعب كرة الريشة في الطابق الثالث من المبنى B. لذلك يمكن للزوار أيضًا ممارسة الرياضة  في هذا المبنى .\

لبناء المبنى C المستخدم بعضه كمكاتب ، سيتم استخدامه بالكامل لإقامة المتحف. يقع المتحف حاليًا في الطابق الأول فقط من المبنى C. حيث يمكن للزوار مشاهدة الصور والتاريخ حول لاوانج سيوو بما في ذلك الحالة قبل استعادتها. وفي حين ، يقع موقع الرعب الشهير في هذا المبنى في الطابق السفلي. اشتهرت غرفة المدخل بكونها سجنًا خلال الفترة الاستعمارية اليابانية ، وهو  في السابق عبارة عن قناة مائية تعمل أيضًا كغرفة تبريد داخل المبنى.و كان هذا المبنى الهولندي في الأصل عبارة عن مكتب يدعى  ( Wilhelminaplein ).  ثم استخدمته شركة القطار الاندونيسي ( PT KAI ) ، المعروف سابقا باسم ( DKARI ) .  كما كان المبنى مستخدما   لمكتب الجنود الوطني الاندونيسي كودام  والمكتب الإقليمي لوزارة النقل في جاوة الوسطى. وقد ازداد الزائرين باستمرار منذ إصلاح المبنى

 المترجمة  : مايا يونياتي | المحرر :  د . فارس البدر | المصدر: ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Libur Lebaran di Semarang? Destinasi satu ini tak pernah pudar untuk didatangi. Iya, inilah Lawang Sewu yang jadi salah satu ikon Semarang. Berada di kawasan Tugu Muda, destinasi ini amat cocok dikunjungi dan instagramable saat menjelang malam. Seperti saat detikTravel ke sana menjelang Idul Fitri.

Wisatawan yang datang ke gedung Lawang Sewu Semarang untuk mencari suasana menyeramkan mungkin akan kecewa. Sejak dipugar mulai Juli 2011 lalu, kesan horor dan mistis di gedung peninggalan Belanda itu mulai hilang.

Pengelola Lawang Sewu berusaha menampilkan Lawang Sewu yang lebih ramah wisatawan. Sejak dari gerbang masuk, pengunjung sudah tidak lagi melihat gedung dengan tembok kusam atau cat yang mengelupas

Saat ini bangunan yang sudah ada sejak 1904 itu terlihat megah dengan arsitektur Belanda yang kokoh. Bahkan sekarang di halamannya sudah dihiasi dengan lokomotif C 2301 yang banyak digunakan pengunjung untuk berfoto.

Jika hanya ingin menikmati luar bangunan juga bisa. Trotoar yang luas dan cantik bisa jadi spot Anda hunting foto berlatar Lawang Sewu maupun Tugu Muda.

Tiket masuknya terjangkau Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak atau pelajar, pengunjung bisa berkeliling Lawang Sewu yang dibangun pada tahun 1904 hingga 1907itu. Jika ingin menambah pengetahuan tentang bangunan tua itu, bisa menyewa guide dengan membayar sekitar Rp 30 ribu.

Pemugaran yang dilakukan sejak tahun 2011 itu masih pada gedung A dan gedung C yang difungsikan untuk Griya Nusantara yaitu untuk pameran batik dan kerajinan. Sementara itu lantai 3 gedung A yang saat ini masih terlihat seperti loteng luas, nantinya akan digunakan untuk ruang pameran lukisan.

Tidak hanya memugar dan mengembalikan keaslian gedung, pengelola juga berencana membuat lapangan bulu tangkis di lantai tiga gedung B. Jadi pengunjung juga bisa berolahraga di Lawang Sewu.

Untuk gedung C yang digunakan sebagain untuk kantor, rencananya akan digunakan seluruhnya untuk museum. Saat ini museum hanya ada di lantai 1 gedung C. Di sana pengunjung bisa melihat gambar dan sejarah tentang Lawang Sewu termasuk kondisi sebelum dipugar.

Sementara itu lokasi yang terkenal paling horor di Lawang Sewu adalah ruang bawah tanahnya. Ruangan berupa lorong itu dikenal karena menjadi penjara saat zaman penjajah Jepang, padahal awalnya tempat tersebut sebenarnya adalah saluran air yang juga berfungsi sebagai pendingin ruangan di dalam gedung.

Gedung bangunan Belanda itu awalnya merupakan kantor Niederlands Indische Spoorweg Maatschappij dan bernama Wilhelminaplein. Kemudian digunakan oleh PT KAI yang dulu bernama DKARI. Lawang Sewu juga sempat menjadi kantor Kodam dan Kanwil Kementrian Perhubungan Jateng.

Sejak dipugar untuk pertama kalinya, jumlah pengunjung Lawang Sewu terus meningkat. Jika traveler mudik ke Semarang jangan lewatkan destinasi ini ya!

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares Al.badr | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...