إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الجسر المعلق الشهير في سوكابومي

Jembatan Gantung di Sukabumi yang Lagi Hits

1٬098

سوكابومي، إندونيسيا اليوم – يقع الجسر على ارتفاع 146 مترا و طول 240 مترا. وهو معلق في ست جونونج الذي اشتهر بجسورها في سوكابومي. هل ذهبت إلى هناك؟ غالباً ما تشاهد الجسور المعلقة في عدة أماكن. ولكن في سوكابومي، وخاصة في منطقة المحمية بحديقة جونونج غيدي بانغرانغو ناشيونال ريزورت ست غونونغ الوطنية، بقرية جيدي بانغرانغو، مديرية كادودامبيت سوكابومي، فالجسر المعلق هنا متميز جدا الذي يذكره الناس أنه أعلى وأطول الجسور المعلقة في العالم قد جذبت أنظار الناس حتى قبل افتتاحه رسميا.

لن تستطيع والأصدقاء احاطته بعدد من الصور حول هذا الجسر المعلق متسائلين عن الشعور عند المشي على جسر معلق بارتفاع 146 متراً وطول 240 متراً. من أجل اشباع فضولنا قررنا أخيراً زيارة المكان، ولو كان بعض الأصدقاء الذين يعيشون في سوكابومي قالوا إن الجسر لم يفتتح بعد.

غادرنا ديبوك في الساعة السادسة صباحاً، ووصلنا إلى المكان  في الساعة الثامنة، والشارع قليل الازدحام حتى وصلنا إلى المكان بسرعة. بعد دفع رسوم الدخول عبارة عن 18.000 ألف روبية، للشخص الواحد، ذهبنا وسرنا مباشرة إلى جسر معلق الذي لا يبعد سوى 500 متر عن موقف السيارات.

كان النسيم العليل والأشجار الخضراء تحيط برحلتنا إلى الجسر. ويبدو في بعض الأماكن العمال يشيدون المباني والمرافق الأخرى لزيادة فرص الاستجمام في المكان.

مررنا بأراضي التخييم والأشجار الكبيرة، في حين أن الطريق الصخري الذي سلكناه راجلين هو الخيار الصحيح حتى لا ننزلق عند المرور بالطريق، خاصة عندما تصبح الشوارع مبللة وزلقة.

لم يمض وقت طويل، وصلنا إلى الجسر المعلق. لسوء الحظ، لا يزال مدخل الجسر مغلقاً بحيث لا يمكن للزوار الدخول وعبور الجسر. عندما سألنا قيل لنا ان مدخل الجسر سيفتح بعد قليل.

تم تزويد هذا المكان بمراحيض ومقاعد للراحة مصنوعة من الخشب حتى يكون الجو ومنظر الطبيعة منعش ورائع. وبعد أخذ الصور، واصلنا الرحلة ونعد بالعودة عند افتتاح هذا الجسر المعلق.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: دطلال الشايقي. | المصدر: ديتيك دوت كوم


Sukabumi, Indonesiaalyoum.com — Berada di ketinggian 146 meter dan panjangnya 240 meter. Ini Jembatan Gantung Situ Gunung yang hits dari Sukabumi. Sudah pernah ke sini? Jembatan gantung sering kita jumpai di beberapa tempat. Tapi di Sukabumi , tepatnya di dalam kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung , Desa Gede Pangrango Kecamatan Kadudampit, Sukabumi . Jembatan gantung yang digadang-gadang sebagai jembatan gantung tertinggi dan terpanjang ini telah menarik minat masyarakat bahkan saat jembatan ini belum diresmikan.

Banyaknya foto tentang jembatan gantung ini membuat kami dan teman-teman penasaran seperti apa sih rasanya berjalan di atas jembatan gantung dengan ketinggian sekitar 146m dan panjang 240m.Untuk menjawab rasa penasaran kami , akhirnya kami memutuskan untuk datang ke tempat ini, meski beberapa teman yang tinggal di Sukabumi mengatakan bahwa jembatan tersebut belum dibuka.

Berangkat dari Depok pukul 6 pagi, kami sampai di tempat tujuan pada pukul 8, jalanan relatif lancar sehingga bisa tiba di tujuan dengan cepat. Setelah membayar biaya masuk Rp 18.000,-perorang ,kamipun masuk dan langsung berjalan menuju jembatan gantung yang hanya berjarak sekitar 500 m dari parkiran.

Udara yang sejuk dan pohon-pohon yang hijau menemani perjalanan kami menuju jembatan.Di beberapa tempat nampak beberapa pekerja tengah membuat bangunan maupun fasilitas lain penunjang kenyamanan tempat ini.

Kami sempat melewati arena kemping dan pohon besar, sementara jalan setapak berbatu menjadi jalan yang harus kami lalui, menggunakan sepatu adalah pilihan tepat agar kita tidak terpeleset saat melewati jalan terlebih ketika jalanan basah dan menjadi licin.

Tidak berapa lama berjalan, kamipun tiba di lokasi jembatan gantung. Sayang sekali jembatan masih diberi pintu penutup sehingga pengunjung tidak dapat masuk dan melewati jembatan. Saat kami bertanya pada pekerja yang ada disitu merekapun tidak tahu pasti kapan jembatan ini akan dibuka.

Ditempat ini telah tersedia toilet, bangku-bangku untuk beristirahat yang terbuat dari kayu, suasanapun dan pemandanganpun cukup indah.Setelah mengambil foto, kamipun melanjutkan perjalanan dan berjanji akan kembali saat jembatan gantung ini sudah dibuka.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Fares Al-Badr| Sumber: detik.com

(175)

تعليقات
Loading...
Click Me