الحلقة الدراسية بين إندونيسيا واليابان تستشرف العلاقات المستقبلية - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الحلقة الدراسية بين إندونيسيا واليابان تستشرف العلاقات المستقبلية

Seminar Indonesia-Jepang jajaki hubungan masa depan

- الإعلانات -

0 169

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  من المتوقع أن تقام ندوة تاريخية حول العلاقة بين إندونيسيا واليابان في إطار الاحتفال بالذكرى الـ 110 للصحوة الوطنية ومرور 60 عاما على العلاقات بين البلدين وتبحث إمكانات التعاون الثقافي الأقوى في المستقبل.

“بدأت العلاقة بين إندونيسيا واليابان بدخول اليابان إلى إندونيسيا في عام 1942 إلى عام 1945، وفي عام 1958 عندما أقامت الدولتان علاقات دبلوماسية. ولكن في الواقع العلاقة بين إندونيسيا واليابان عرفت قبل زمن طويل “، قال مدير قسم التاريخ بوزارة التربية والتعليم والثقافة ، تريانا ولانداري خلال كلمته في افتتاح المعرض والندوة التاريخية الاندونيسية اليابانية في جاكرتا، الخميس.

وقال إن انتصار اليابان على روسيا في عام 1905 ألهم قادة الحركة الوطنية الإندونيسية للوقوف ضد الاستعمار الهولندي في ذلك الوقت وطالبوا بحقهم في الاستقلال. وفقا لتريانا، فإن العلاقات الدبلوماسية بين إندونيسيا واليابان التي تمت في عام 1958 عززت العلاقة والتفاهم بين البلدين.

وقالت تريانا: “إن تاريخ إندونيسيا واليابان هو إرث نضال القادة الوطنيين الذين يجب الحفاظ عليها ورعايتها”.

وأعرب عن أمله في أن تتمكن الندوة التاريخية من إعادة ذكريات جماعية حول العلاقة بين إندونيسيا واليابان من وقت لآخر من أجل تعزيز شخصية الأمة وتعزيز التعاون الثقافي بين البلدين. بالإضافة إلى ندوة تحت عنوان “العلاقة بين إندونيسيا واليابان على مر التاريخ،” والاحتفال بذكرى 110 عام من الصحوة الوطنية ترافق مع معرض صور ورسومات وملصقات  قدمت مشاهد من الاحتلال الياباني لإندونيسيا.

كما تم إطلاق كتاب يعكس تاريخ العلاقات الإندونيسية واليابانية من وقت لآخر بعنوان “الذرة المزهرة بين البندقية وساكورا” في هذه المناسبة. وقد نشر الكتاب بالتعاون مع المكتبة الوطنية والأرشيف الوطني والوكالة الوطنية للإعلام (LKBN) “أنتارا” التى توفر مجموعة متنوعة من المواد المهمة والتاريخية في هذه المنشورات.

وفي الوقت نفسه، قال المدير العام للوكالة الوطنية للإعلام أنتارا، ميدياتاما سوريا ديننغرات، أن العلاقة بين إندونيسيا واليابان قد وجدت منذ وقت أطول بكثير حتى قبل بدء العلاقات الدبلوماسية التى تمت عام 1958.

وقال: “إن العلاقة بين الدولتين تحتوى على جوانب العلوم الانسانية التى استمرت اكثر من 60 عاما”.

أعرب ميدياتاما عن فخره بالمشاركة في معرض الصور الفوتوغرافية لصحافيي أنتارا في الندوات والمعارض التاريخية من خلال تقديم صور جمالية ذات قيمة تاريخية عالية.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر: وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Seminar kesejarahan tentang hubungan Indonesia dan Jepang dalam rangka memperingati 110 tahun Kebangkitan Nasional dan 60 tahun hubungan kedua negara diharapkan dapat menjajaki potensi kerja sama budaya yang lebih kuat di masa mendatang.

“Hubungan antara Indonesia dan Jepang ditandai dengan masuknya Jepang ke Indonesia pada tahun 1942 hingga 1945, dan pada tahun 1958 ketika kedua negara membangun hubungan diplomatik. Namun sesungguhnya hubungan Indonesia dan Jepang telah terjalin jauh sebelum masa itu,” kata Direktur Sejarah pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Triana Wulandari saat memberi sambutan pada pembukaan Pameran dan Seminar Kesejarahan Indonesia dan Jepang di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan kemenangan Jepang atas Rusia pada tahun 1905 telah menginspirasi para tokoh pergerakan nasional Indonesia untuk bangkit melawan kolonialisme Belanda pada masa itu dan menuntut hak untuk merdeka dan mandiri.

Menurut Triana, hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang yang dibangun pada tahun 1958 mempererat ikatan dan menguatkan pengertian antara kedua negara.

“Perjalanan sejarah Indonesia dan Jepang adalah warisan perjuangan para tokoh bangsa yang harus dirawat dan dijaga,” kata Triana.

Dia berharap seminar kesejarahan tersebut dapat membangkitkan ingatan kolektif mengenai hubungan Indonesia dan Jepang dari masa ke masa guna menguatkan karakter bangsa dan menguatkan kerja sama budaya antara kedua negara.

Selain seminar dengan tema “Hubungan Indonesia-Jepang Dalam Lintasan Sejarah”, peringatan 110 tahun Kebangkitan Nasional juga diperingati dengan pameran foto, sketsa dan poster yang dibuat pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.

Sebuah buku yang mereeksikan sejarah hubungan Indonesia dan Jepang dari masa ke masa berjudul “Jagung Berbunga di antara Bedil dan Sakura” juga diluncurkan pada kesempatan tersebut.

Buku tersebut diterbitkan atas kerja sama Perpustakaan Nasional RI, Arsip Nasional RI, dan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara yang menyediakan berbagai bahan penting dan bersejarah dalam publikasi tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Perum LKBN Antara, Meidyatama Suryodiningrat menyatakan bahwa hubungan antara Indonesia dan Jepang telah terjalin jauh lebih lama dari pada hubungan diplomatik yang dibangun padtahun 1958.

“Hubungan kedua negara juga meliputi aspek humaniora dan itu telah berlangsung lebih dari 60 tahun yang lalu,” katanya.

Meidyatama menyatakan kebanggaannya karena Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Antara Foto turut terlibat dalam kegiatan seminar dan pameran kesejarahan tersebut dengan menyediakan gambar-gambar yang estetik sekaligus bernilai sejarah tinggi.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal alSahiqi | Sumber:  Antara

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me