الحيتان القاتلة شوهدت أربع مرات في مياه جورونتالو - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الحيتان القاتلة شوهدت أربع مرات في مياه جورونتالو

Ikan Paus Pembunuh Terlihat Empat Kali di Perairan Gorontalo

- الإعلانات -

0 174

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – شوهدت حيتان أوركا أو الحيتان القاتلة على الأقل أربع مرات في مياه منطقة بوني بولانجو ، محافظة جورونتالو ، من يناير إلى مايو . قال أحد الصيادين في بوتوباران ، عرفان علي ، إنه رأى حوت أوركا يمر في مياه قرية بوتوباراني.

“في ذلك الوقت كنت دليلا لسائحين أجنبيين ، ثم عبرت ثلاث حيتان أوركا في 26 مارس حول موقع جولة حوت القرش ،” قال ذلك عرفان ، الخميس 31 مايو 2018.

وقالت إنه في 22 مايو الماضي رأينا ثلاثة حيتان أوركا تمر مرة أخرى ، حوتان كبيرا الحجم وحوت واحد حوالي ثلاثة أمتار .

يوضح باحثو حيتان أوركا ، فيرينتو ماجوا ، أن ظهور الثدييات البحرية في مياه جورونتالو حدث في فبراير ومارس ومايو. وقال: “في بوتوباراني ، كان هذا الحوت القاتل يمر على طول الساحل على بعد 350 متر من أعلى المد . في يوم 22 مايو ، مرت ثلاثة حيتان قاتلة في بوتوباراني”.

كما شوهد الحوت القاتل بالاسم المحلي “باوباوسو” في 26 مارس. وقد شوهدت ثلاثة ذيول للحيتان في بوتوباراني و كوريناي . “و في حين ظهر الحوت القاتل في السابع من فبراير في بوت بوتاراني و 23 في لوبو – كايوبولان ، باتوديا بانتاي”. قال نائب رئيس مجلس الإدارة التنفيذي لرابطة خريجي البحرية الإندونيسية .

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . فارس البدر | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –   Paus orca (Orcinus Orca) atau ikan paus pembunuh setidaknya empat kali terlihat berada di perairan Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sejak Januari hingga bulan Mei. Salah seorang nelayan Botubarani, Arfan Ali, mengaku melihat paus orca melintas di perairan Desa Botubarani.

“Saat itu saya sedang membawa dua orang turis mancanegara dan seorang pemandu, lalu tiga ekor paus orca melintas pada tanggal 26 Maret di sekitar lokasi wisata Hiu Paus,” kata Arfan, Kamis, 31 Mei 2018.

Ia mengaku, pada 22 Mei lalu, tiga ekor puas orca kembali terlihat, dua ekor berukuran besar dan satu ekor berukuran sekitar tiga meter.

Peneliti paus orca, Verrianto Madjowa, menjelaskan, kemunculan mamalia laut di perairan Gorontalo terjadi pada Februari, Maret, dan Mei. “Di Botubarani, paus pembunuh ini menyusur di pinggiran pantai berjarak 350 meter dari pasang tertinggi. Tanggal 22 Mei tiga paus pembunuh melintas di Botubarani,” katanya.

Paus pembunuh dengan nama lokal “paupausu” itu juga terlihat pada 26 Maret. Tiga ekor terlihat di Botubarani dan Kurenai. “Sementara pada bulan Februari, paus pembunuh muncul tanggal 7 di Botubarani dan tanggal 23 di Lopo-Kayubulan, Batudaa Pantai,” kata Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) itu.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares Al.badr | Sumber: Tempo

(5)

تعليقات
Loading...
Click Me