الذكر والمحاسبة هو أفضل اختيار لبدء العام الجديد

Zikir dan Muhasabah Pilihan Tepat Isi Pergantian Tahun

0 620

جاكرتا –وزارة الشئون الدينية الإندونيسية تعبر عن رؤيتها التي تهدف إلى إيجاد مجتمع إندونيسي ملتزم دينيًا ومزدهر ظاهرًا وباطنًا. واعتبرت أن الفعاليات الجماهيرية التي بلغت ذروتها في برنامج “الذكر الوطني” تتماشى مع رؤيتها.

قال مدير الشئون الإسلامية بالوزارة، دكتور حاج أحمد جورايدي في كلمته التي ألقاها في مهرجان الجمهورية، الإثنين (31/12): “نحن (وزارة الشئون الدينية) نرغب أن يكون مجتمعنا ملتزمًا في دينه، لأن الله وعد بالرحمة لعباده الذين التزموا بدينهم”.

وضح جرايدي قائلا، حكى القرآن عن بلد به قوم مؤمنين ويتقون الله. عندئذ سيفتح الله أبواب البركة. بركات تنزل من السمار وتخرج من الأرض.

وقد حكى الله في كتابه العزيز كذلك عن بلدٍ أخرى بها قومٌ يكذبون برحمة الله، فسوف يسقط الله عذابه عليهم.

قال: “نرغب أن يكون مجتمعنا مجتمعًا ملتزمًا في دينه و تقي، كي ينزل الله رحمته بنا. إذا التزم واتقى أبعده الله عن العذاب”.

شرح جرايدي، استنادا للقرآن طالما أن هناك استغفار وطلب للعفو ومغفرة الله، إن شاء الله لن ينزل الله عقوبته. لذلك الذكر والمحاسبة هو أفضل اختيار لقضاء ليلة رأس السنة.

بالذكر والمحاسبة تستطيع الأمة مناجاة خالقها ورجاءه بالعفو والمغفرة على ما تم ارتكابه من ذنوب طوال العام. إن شاء الله مع رجاء العفو والمغفرة، سينعم الله على إندونيسيا بالبركة ويحررها من العذاب.

قال: “هذا ما نأمل به”.

وقد عبر كذلك عن مدى تقدير وزارة الشئون الدينية للجمهور ومسجد التين الذي أوجد للمسلمين حلقات الذكر والمحاسبة في بيت الله. نرجو ان ينعم الله على منظمي هذه الحلقات من رحمته.

و أضاف: “نأمل ان تتمكن ريبوبليكا (صحيفة إخبارية) دومًا من تبليغ الهداية للأمة، وتوفير أخبار دقيقة لصالح الأمة، والتعاليم الصحيحة للإسلام”.

 


\ JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, visi Kemenag adalah terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama dan sejahtera lahir batin. Festival Republik yang puncak acaranya Dzikir Nasional dinilai sejalan dengan visi tersebut.

“Kita (Kemenag) ingin masyarakat kita taat beragama karena Allah berjanji akan melimpahkan rahmat kepada masyarakat yang taat beragama,” kata Direktur Penerangan Agama Islam dari Kemenag, Dr H A Juraidi saat memberikan sambutan di puncak acara Festival Republik, Senin (31/12).

Juraidi menerangkan, menurut Alquran, kalau penduduk suatu negeri beriman dan bertakwa kepada Allah. Maka Allah akan benar-benar membuka pintu-pintu keberkahan. Berkah yang turun dari langit maupun yang keluar dari bumi.

Akan tetapi, Alquran juga menyampaikan, kalau penduduk suatu negeri mendustakan rahmat Allah. Maka Allah akan menurunkan azab kepada negeri tersebut.

“Jadi kita ingin masyarakat beriman dan bertakwa agar turun rahmat Allah, kalau beriman dan bertakwa maka akan terhindar dari azab Allah,” ujarnya.

Juraidi menerangkan, menurut Alquran selama ada yang istigfar memohon ampunan Allah, insyaallah Allah tidak akan menurunkan azab yang besar. Maka tepat sekali menjelang pergantian tahun melakukan muhasabah dan zikir.

Dengan muhasabah dan zikir, umat bisa meminta ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah diperbuat selama setahun. Insyaallah dengan meminta ampun, Negara Indonesia akan dirahmati Allah dan dibebaskan dari azab.

“Itu harapan kita,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, Kemenag sangat mengapresiasi Republika dan Masjid At-Tin yang telah memfasilitasi umat Islam melakukan muhasabah dan dzikir bersama di rumah Allah. Semoga penyelenggara Festival Republik yang puncak acaranya Dzikir Nasional dirahmati Allah.

“Mudah-mudahan Republika senantiasa bisa memberikan pencerahan kepada umat, memberikan berita yang akurat, berpihak kepada umat, kepada ajaran Islam yang benar,” ujarnya.

 

تعليقات
Loading...