إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

الرئيس جوكو ويدودو يكلف الوزارة بضمان توفير الغذاء الكافي

Presiden Jokowi perintahkan Kemendag pastikan stok bahan pangan cukup

91

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أصدر الرئيس جوكو ويدودو أمراً لوزارة التجارة للتأكد من أن الإمدادات الغذائية كافية قبل شهر رمضان الذي سيبدأ في نهاية شهر أبريل ، جاء هذا في افتتاح اجتماع عمل الوزارة في القصر الجمعوري يوم الأربعاء، حسبما ذكرت وكالة الأنباء الإندونيسية (أنتارا).

إقرأ أيضا : تشديد الرقابة على المسافرين الدوليين الوافدين من أربعة بلدان

تحدث الرئيس عن ارتفاع سعر الثوم في فبراير والذي ساهم بنسبة 0.09 في المئة في معدل التضخم.

كما حث رئيس الدولة السلطات على تخفيف الحواجز التي تعترض توفير المواد الغذائية في السوق المحلية.

وقال “يمكنني أن أذكر مثال ارتفاع أسعار الثوم الذي أثر على معدل التضخم. كل ذلك بسبب الإجراءات”.

وسلط الرئيس جوكو ويدودو الضوء على الحاجة إلى أن تتخذ وزارة التجارة التدابير اللازمة للاستجابة للتوترات الاقتصادية العالمية المتزايدة الناشئة عن تفشي فيروس كورونا ، بما في ذلك تبسيط الترخيص للاستيراد لتلبية الطلب المحلي.

وقال:” يمكننا إجراء مناقشة حول اللائحة التنظيمية حول هذا الأمر. يجب أن يكون هناك استرخاء للواردات. نحتاج إلى ذلك إجراءات الاستيراد ، وشهادة المنشأ ، والترخيص ، والاسترخاء”.

أكد الرئيس أن الجهود التي تستهدف تبسيط الإجراءات يجب أن تكون محور الاجتماع. “الوضع مختلف لأننا نشعر بفيروس كورونا”.

سجل التضخم الشهري في فبراير عند 0.28 في المئة على أساس شهري مما رفع معدل التضخم على أساس سنوي إلى 2.98 في المئة

السلع التي ساهمت في التضخم هي الثوم ، 0.09 في المئة ؛ الفلفل الحار الأحمر ، 0.06 في المئة ؛ لحم الدجاج والبرتقال ، 0.02 في المئة على التوالي.

//إندونيسيا اليوم/أنتارا/معراج//


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Perdagangan dan instansi terkait lainnya memastikan stok bahan makanan mencukupi menjelang Ramadhan, yang merupakan momentum konsumsi tinggi pada akhir April 2020.

Presiden Jokowi dalam pembukaan rapat kerja Kemendag 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu, mengatakan masyarakat sedang menghadapi tekanan karena wabah Virus Corona baru atau Covid-19. Oleh karena itu, jangan sampai stok bahan makanan di pasaran tidak mencukupi yang dapat menambah keresahan masyarakat.

“Sebentar lagi kita dihadapkan pada puasa Ramadhan. Sudah dekat dengan puasa, sehingga pasokan barang harus cukup. Jangan sampai membuat masyarakat khawatir. Masyarakat sudah khawatir soal Corona,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengingatkan pada Februari 2020 lalu, kenaikan harga bawang putih telah menjadi salah satu sebab inflasi. Di bulan kedua itu, bawang putih menyumbang inflasi secara keseluruhan sebesar 0,09 persen.

Kepala Negara meminta segala hambatan dipangkas untuk pemenuhan stok bahan makanan di dalam negeri.

“Contoh dua bulan bawang putih beri dampak inflasi, gara-gara prosedur,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meminta Kemendag tanggap dengan tekanan ekonomi global yang meningkat akibat wabah Virus Corona. Salah satu hal yang harus diperbuat Kemendag, kata dia, adalah mempermudah izin untuk impor agar stok di dalam negeri mencukupi.

“Aturan-aturan yang ada tolong dibicarakan, harus ada relaksasi impor. Yang kita butuhkan itu. Prosedur impor, surat keterangan asal, izin, relaksasi, semuanya,” ujarnya.

“Rapat kerja Kemendag fokus bagaimana mempercepat prosedur yang berbelit. Prosedur mana potong, sederhanakan, simpelkan. Ini situasi sangat tidak normal. Situasi sangat beda karena adanya Corona sangat berbeda,” tambah Presiden.

Sumber: Antara

(44)

تعليقات
Loading...
Click Me