السياحة الحلال أصبحت نمط الحياة في إندونيسيا - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

السياحة الحلال أصبحت نمط الحياة في إندونيسيا

Wisata Halal Mulai Berkembang dan Menjadi Tren Gaya Hidup di Indonesia

- الإعلانات -

0 213

 

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – تنمو السياحة الحلال باطراد وقد أصبحت نمط الحياة مع ازدياد عدد السكان المسلمين في العالم الذي يتوقع أن يصل إلى 26.5 % بحلول عام 2030.

وهم الشباب المسلم من فئة المتعلمين، وذوي الدخل المرتفع، مما يجعل أصحاب صناعة السياحة الدولية تركز على سياحة هؤلاء السياح من المسلمين.

أما الذي يتعلق بالإنفاق الإجمالي، فيتوقع أن يصل عدد السياح المسلمين إلى 200 مليار دولار في عام 2020. وفي الوقت الحالي، بدأت جميع دول العالم مثل ماليزيا وسنغافورة واليابان وكوريا وتايلاند وغيرها يجذبون السياح من الشرق الأوسط.

وبالنسبة لإندونيسيا لديها أكبر سكان في العالم من المسلمين، لذلك لديها فرصة كبيرة على تطوير السياحة الحلال، مثل رحلات الزيارات الدينية وغيرها.
واستنادا إلى الدراسة الاستقصائية، فإن معظم أنشطة السياح المسلمين هي للمتعة والنزهه. ومع ذلك فإن برامج الخدمات في السياحة الحلال دائما تعتمد على تعاليم الإسلام.

فعلى سبيل المثال الخدمات في الفنادق لا توفر الطعام الحرام أو الخمور . وكذلك الفصل بين الرجال والنساء في مرافق حمام السباحة والمنتجع الصحي.

ولتحقيق نمط الحياة للسياحة الحلال التي لا تزال تنمو في إندونيسيا، فهناك “إبيك جروب” وهي مجموعة من وسائل الإعلام الرقمية الرائدة في إندونيسيا التي تعرض موقع حلال ترافلنج دوت اي دي (Halaltraveling.id).

قال الرئيس التنفيذي “إبيك جروب” ، إرفيك أرى سوسانتو، أن “حلال ترافلنج دوت اي دي” هي سياحة التجارة الإلكترونية الحلال التي هي جزء من البرنامج الرئيسي لوسائل الإعلام في نمط الحياة الحلال التي لا تزال تنمو، وهي حلال لايف ستايل دوت كوم (Halallifestyle.com).

وقال إرفيك في ليلة إطلاق موقع حلال ترافلنج دوت اي دي (Halaltraveling.id) يوم الأربعاء (13/12/2017): “هذا هو أسلوب الحياة الحلال و الذي كان في السنوات الأخيرة مجرد خطابات فقط، ولكن بعد ذلك طبقناه بشكل حقيقي من خلال اتخاذ جانب الحساب الرقمي عبر حلال ترافلنج دوت اي دي ” .

بالإضافة إلى حلال ترافلنج هناك عدد من البرامج التي صنعتها إبيك جروب، بما في ذلك التجارة الإلكترونية للمنتجات الحلال في “يوو حلال دوت كوم” (Yoohalal.com)، والمساكن الحلال في “رومح كو حلال دوت كوم” (Rumahkuhalal.com).

هذا وإن حلال ترافلنج دوت اي دي ( Halaltraveling.id) لا توفر خدمات تذاكر الطيران لوجهات معينة في جميع شركات الطيران المحلية والدولية فحسب.

بهذا التطبيق من التجارة الإلكترونية للسياحة الحلال يمكنك أيضا طلب تذاكر القطار في جميع الجهات، أو برنامج العمرة والحج فضلا عن توفير مجموعات مختلفة من الوجهات السياحية الحلال المحلية والدولية.

وجدير بالذكر فإن عدد الطلب حتى الآن لبرنامج السياحة الحلال تعد مرتفع جدا وأكد ذلك من أن 5 الوجهات الحلال المفضلة في إندونيسيا وهي جاكرتا، آتشيه، سومطرة الغربية ، لومبوك، وجاوى الغربية احتلت دائما اهتماما كبيرا لدى السياح المحليين والأجانب.

ولذلك فإن حلال ترافلنج دوت اي دي( Halaltraveling.id) ستظل على تقديم الخدمات المفضلة وفق احتياج السوق و نمط الحياة السياحة الحلال الذي يزداد بشكل دائم .

المترجم : هان هان علوم الدين | المحرر: فارس البدر | المصدر : تريبون نيوز

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Wisata halal mulai berkembang dan menjadi tren gaya hidup seiring dengan meningkatnya populasi Muslim dunia yang diprediksi akan mencapai 26,5 persen pada tahun 2030.

Mereka adalah populasi Muslim yang berusia muda, berpendidikan, dan memiliki jumlah pendapatan tinggi yang membuat industri pariwisata internasional mulai menargetkan wisatawan Muslim ini sebagai target pasarnya.

Sedangkan dari sisi jumlah pengeluaran, wisatawan Muslim diprediksi akan mencapai 200 miliar dollar AS pada tahun 2020. Saat ini, hampir seluruh negara-negara di dunia mulai menjaring wisatawan Timur Tengah, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Thailand, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Indonesia memiliki penduduk Muslim terbesar dunia, sehingga sangat berpotensi untuk mengembangkan wisata halal, seperti wisata ziarah, dan sebagainya.

Berdasarkan survei, sebagian besar kegiatan wisatawan Muslim adalah untuk bersenang-senang. Meskipun begitu paket dan pelayanan wisatawan dalam wisata halal tetap merujuk pada aturan-aturan Islam.

Misalnya untuk layanan hotel tidak menyediakan makanan yang diharamkan atau pun minuman beralkohol. Begitu juga, fasilitas kolam renang serta spa yang terpisah antara pria dan wanita.

Nah, untuk mengejawantahkan gaya hidup halal yang terus berkembang di Indonesia, Epic Group, sebuah grup media digital terkemuka di Indonesia, menghadirkan Halaltraveling.id

Menurut CEO Epic Group, Ervik Ari Susanto, Halaltraveling adalah e-commerce wisata halal yang menjadi bagian dari main platform media gaya hidup halal yang terus berkembang, yaitu: Halallifestyle.com

“Inilah gerakan gaya hidup halal yang dalam beberapa tahun belakangan hanya menjadi wacana, tapi kemudian kami wujudkan di sektor riil dengan mengambil peran di sisi digital diantaranya melalui halaltraveling.id,” kata Ervik pada malam launching Halaltraveling, Rabu (13/12/2017) malam.

Selain halaltraveling ada sejumlah platform yang dikembangkan Epic Group, di antaranya e-commerce produk halal Yoohalal.com, dan Rumahkuhalal.com.

Halaltraveling.id tidak hanya menjual tiket pesawat semua destinasi dan semua maskapai domestik maupun internasional.

Dengan aplikasi e-commerce wisata halal ini Anda pun dapat memesan tiket kereta api semua jurusan, paket umroh dan haji serta berbagai paket destinasi wisata halal domestik serta internasional.

Selama ini permintaan paket wisata halal (halal tourism) cukup tinggi. Terbukti 5 top destinasi halal di Indonesia yaitu Jakarta, Aceh, Sumatera Barat, Lombok, dan Jawa Barat selalu dibanjiri wisatawan domestik dan mancanegara.

Oleh sebab itu Halaltraveling.id akan terus mengikuti selera pasar dan tren industri pariwisata halal yang terus berkembang.

Penerjemah: Han Han Ulumuddin | Editor: Fares alBadr | Sumber: Tribunnews

 

(25)

تعليقات
Loading...
Click Me