الشباب المسلمون اليابانيون يدرسون الإسلام عن طريق تبادل الطلاب

Pemuda Muslim Jepang Perdalam Islam Lewat Pertukaran Pelajar

0 746

طوكيو، إندونيسيا اليوم – المجتمعات المسلمة في اليابان هي مجتمعات أقليات بحيث تختلف الظروف عن المجتمعات الإسلامية في إندونيسيا. في بعض الأحيان، تعتبر الجالية المسلمة هناك مختلفة، خاصة بالنسبة للنساء اللاتي يستخدمن الحجاب.

قالت الأمينة العامة لجمعية شيزوكا الإسلامية، ميوا السعدي، إن هناك حاجة لاتخاذ خطوات لدراسة الإسلام في اليابان. خاصة لجيل الشباب.

ويمكن القيام بذلك من خلال برامج تبادل الطلاب بين الطلاب اليابانيين والإندونيسيين. حتى يتمكنوا من فهم بعضهم البعض ومساعدة بعضهم البعض لدراسة الثقافات والعلوم الإسلامية.

وذكرت العديد من التحديات التي تعرض لها المجتمع الياباني في إظهار أنفسهم كالمسلمين. لأن المسلمين هم أقلية، يعتبرون مجتمعًا مختلفًا عن المجموعات المجتمعية الأخرى.

علاوة على ذلك، مع ظهور تقارير وسائل الإعلام عن الأعمال الإرهابية التي يقال إن فاعلها مسلم، فإن هذا يجعل المجتمعات المسلمة في اليابان تزيد من الغربة التي هم فيها. وفي الواقع، لا علاقة لها بالمجتمع الإسلامي الياباني.

وقالت ميوا في ندوة فهم نشاط الشباب الإسلامي في إندونيسيا واليابان في جامعة سونان كاليجاغا الإسلامية الحكومية، السبت (15/12): “التحدي هو التغطية الإعلامية الدولية بشكل أساسي، وهناك العديد من الأحداث التي تحدث على المستوى الدولي. وفي الواقع لا علاقة لها بالمجتمع الإسلامي الياباني”.

وقالت إنه من المهم مساهمة ومساعدة المسلمين لإخوانهم المسلمين بعضهم البعض في دراسة الدين، مع المجتمع من الدول المختلفة. “كيف يمكننا القيام بشيء، بصنع الأدوات مثلا ومعرفة قضايا العالم مثل ما حدث في فلسطين ،” تابعت.

وأوضحت أن المسلمين في اليابان هم مجموعة أقلية، لا يزال هناك من لا يعرف الإسلام. وخاصة الشباب الذين بدأوا يدرسون الإسلام.

بالإضافة إلى ذلك، لا يمكن لجميع اليابانيين قبول وفهم طرق العبادة في الإسلام. وعلى سبيل المثال، بيان معنى الحلال في اليابان، لا يمكن لجميع الناس قبوله.

وأضاف: “في أثناء الدراسة وتريد أن تقوم بالعبادة، كيف تفهم الآخرين بشأنها. هذا ما يشعر به المسلمون اليابانيون الآن. هل يمكن أن تتخيل كيف يتمسكون بالإسلام، وهم مجتمع أقلية في اليابان”.

حتى مع الجيل الشباب في اليابان، ما زال في حاجة إلى دراسة عميقة عن الإسلام. لا سيما الشباب الآن لا يمكن فصله عن استخدام وسائل الإعلام الاجتماعية.

وتابع أن وسائل التواصل الاجتماعي يمكن الاستفادة منها بشكل جيد، خاصة بالنسبة لجيل الشباب. لأن وسائل الإعلام الاجتماعية يمكن أن تكون فرصة من فرص التواصل بين الأمة الإسلامية، على الرغم من اختلاف البلدان.

وقالت ميوا: “المسلمون الأقلية في اليابان يمكنهم التواصل مع المسلمين الآخرين والحصول على المساعدة من الآخرين. هذه فرصة جيدة، خاصة للمسلمين في اليابان”.

وقالت، بهذه الطريقة، سيكون التعليم الإسلامي في اليابان أفضل أيضًا. كما نأمل من تشجيع الشباب المسلم على مواصلة دراسة الإسلام. سواء كان ذلك للشباب الياباني أو الشباب في بلدان أخرى.

وأضافت: “آمل أن أتمكن من تقديم الندوة إلى الشباب مبينا أن لديهم القدرة على القيام بشيء ويمكن معرفة الآراء الأخرى”.

وفي غضون ذلك، قال المحاضر في كلية الدراسات العليا بالجامعة الإسلامية الحكومية سوكا، منير الإخوان ، إن العولمة سببت بالفعل تطوراً سريعاً. خاصة في مجال تكنولوجيا المعلومات، ما يعرف حاليا باسم الثورة الصناعية 4.0.

وقال، تنشر جميع المعلومات بسرعة جدا، خصوصا الأخبار الكاذبة. “بالتالي، لا يمكن السيطرة على نقل الأفكار والمعلومات والأخبار العالمية، ولا يمكن التحقق من كل شيء”.

ولهذا السبب، يجب أن تزرع القيم الإسلامية للشباب، وخاصة المسلمين. ويمكن القيام بذلك عن طريق التآزر مع جميع الأطراف، وخاصة مع الجامعة والمجتمعات الإسلامية الأخرى.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Masyarakat Muslim di Jepang, adalah mayarakat yang minoritas sehingga kondisinya berbeda dengan masyarakat Muslim di Indonesia. Kadang, masyarakat Muslim di sana dianggap berbeda, terutama bagi perempuan yang menggunakan hijab.

Secretary General of Shizouka Muslim Association, Miwa Essaadi mengatakan, perlu adanya langkah untuk memperdalam pengertian Muslim di Jepang. Terutama kepada generasi muda.

Hal ini dapat dilakukan dengan program pertukaran pelajar antara pelajar Jepang dengan Indonesia. Sehingga, mereka dapat saling memahami dan saling membantu untuk belajar serta memperdalam budaya dan ilmu Islam.

Ia menyebutkan, banyak tantangan yang didapat oleh masyarakat di Jepang dalam merepresentasikan diri sebagai seorang Muslim. Karena Muslim merupakan anggota minoritas, mereka dianggap sebagai masyarakat yang berbeda dengan kelompok masyarakat lainnya.

Terlebih, dengan adanya pemberitaan media terkait aksi terorisme yang pelakunya dikatakan seorang Muslim, hal tersebut membuat masyarakat Muslim di Jepang semakin dianggap berbeda. Padahal, hal itu tidak berhubungan dengan masyarakat Muslim Jepang,

“Tantangan terutama coverage media internasional dan ada beberapa peristiwa yang terjadi di dunia internasional. Sebenarnya tidak berhubungan dengan masyarakat Muslim Jepang,” kata Miwa dalam seminar Understanding Islamic Youth Activism in Indonesia and Japan di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), Sabtu (15/12).

Ia mengatakan, penting kontribusi dari sesama umat Islam untuk saling membantu dalam memperdalam agama. Baik itu dengan masyarakat yang ada di belahan dunia yang berbeda. “Bagaimana kita bisa melakukan sesuatu, membuat instrumen dan mengetahui isu-isu dunia seperti apa yang terjadi di Palestina,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, karena Muslim di Jepang merupakan kelompok yang minoritas, masih ada yang pengetahuannya mengenai Islam belum mendalam. Terlebih generasi muda yang baru mulai mempelajari Islam.

Selain itu, tidak semua masyarakat Jepang yang dapat menerima dan mengerti terkait cara beribadah dalam Islam. Ia menyontohkan, dalam menjelaskan arti halal di Jepang, tidak semua masyarakat yang dapat menerimanya.

“Atau saat belajar anda ingin beribadah, bagaimana anda mengertikan orang lain soal itu. Itu yang dirasakan Muslim Jepang saat ini. Bisa anda bayangkan bagaimana mempertahankan Islam, yang masyarakatnya minoritas di Jepang,” tambahnya.

Terhadap generasi muda di Jepang pun, pendalaman terkait ilmu agama Islam masih perlu dilakukan. Terlebih, generasi muda saat ini merupakan generasi yang tidak lepas dari penggunan terhadap media sosial.

Media sosial ini, lanjutnya, dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama bagi generasi muda. Sebab, media sosial bisa menjadi peluang dan juga kesempatan untuk sesama umat Islam dapat saling terkoneksi satu sama lain. Bahkan itu berbeda negara sekalipun.

“Muslim yang menjadi kelompok minoritas di Jepang, bisa terkoneksi dengan Muslim lainnya dan mendapatkan bantuan dari orang lain. Ini menjadi kesempatan yang bagus, terutama bagi Muslim di Jepang,” kata Miwa.

Dia mengatakan, dengan cara ini, pendidikan agama Islam di Jepang pun akan lebih baik. Ia pun berharap dapat memberikan semangat kepada generasi muda Muslim untuk terus belajar agama Islam. Baik itu generasi muda di Jepang maupun di negara lain.

“Saya berharap bisa memberikan kepada generasi muda seminar ini bahwa mereka memiliki kekuatan untuk melakukan sesuatu dan melihat dari perspektif lain,” tambahnya.

Sementara itu, Dosen Pascasarjana UIN Suka, Munirul Ikhwan mengatakan, globalisasi memang menyebabkan perkembangan yang pesat. Terutama dalam teknologi informasi, apa lagi saat ini dikenal dengan revolusi industri 4.0.

Ia mengatakan, segala informasi sangat cepat sekali menyebar. Bahkan informasi hoaks sekalipun. “Konsekuensinya, transmisi ide, informasi dan berita di dunia itu tidak bisa dikontrol dan tidak semuanya dapat disaring,” kata Ikhwan.

Untuk itu, perlu ditanamkan nilai-nilai Islam kepada generasi muda, khususnya Muslim. Hal ini dapat dilakukan dengan bersinergi dengan seluruh pihak, baik itu pihak universitas dan komunitas-komunitas Islam lainnya.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Fares badr | Sumber:  Republika

تعليقات
Loading...