الفلسطينيون يحثون المحكمة الجنائية الدولية على التحقيق في مذبحة غزة

Palestina Desak Mahkamah Pidana Internasional Selidiki Pembantaian Gaza

0 734

رام الله، إندونيسيا اليوم دعا وزير الخارجية الفلسطيني رياض المالكي المحكمة الجنائية الدولية إلى فتح تحقيق كامل في مزاعم انتهاكات حقوق الإنسان من الصهاينة في الأراضي الفلسطينية. وقال إن أدلة الانتهاك واضحة للغاية.

اقترح المالكي ما أسماه “الإحالة” لتزويد المدعين في محكمة العدل دين هاغ كدستور تحرك  التحقيق الأولي الذي بدأ في يناير 2015.

وقال الدبلوماسي الفلسطيني إن الطلب سيعطي المدعين سلطة التحقيق في الجرائم المزعومة التي بدأت في عام 2014 فصاعدا، بما في ذلك القتل الأسبوع الماضي خلال الاحتجاجات في غزة.

وقال المالكي:”من خلال المراجع القانونية نريد من المحكمة الجنائية الدولية أن تفتح دون تأخير تحقيقا في جميع الجرائم. التأخير في توفير العدالة للضحايا الفلسطينيين هو بمثابة رفض لتقديم العدالة.”

وقال في بيان نقلته رويترز يوم الثلاثاء (22/5) “نعتقد أن هناك الكثير من الأدلة ونعتقد أن مواصلة التحقيق هو العمل الصحيح والضروري”.

المحكمة الجنائية الدولية لديها سلطة التحقيق في قضايا جرائم الحرب والإبادة الجماعية والجرائم ضد الإنسانية التي ارتكبت في أراضي 123 بلدا التي سجلت فيها. لم ينضم المحتل الصهيوني إلى المحكمة الجنائية الدولية، ولكن بسبب انضمامها إلى فلسطين فيمكن التحقيق في الجرائم ارتكبتها المحتل الصهيوني في أرض فلسطين.

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: سيندونيوز


Ramallah, Indonesiaalyoum.com – Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad al-Maliki meminta Mahkamah Pidana Internasional atau ICC untuk meluncurkan penyelidikan penuh terhadap tuduhan pelanggaran hak asasi manusia Israel di wilayah Palestina. Dia mengatakan, bukti adanya pelanggaran sudah sangat terlihat.

Maliki mengajukan apa yang disebut “rujukan” untuk memberikan jaksa di pengadilan yang berbasis di Den Hag dasar hukum untuk bergerak di luar penyelidikan awal yang dimulai pada Januari 2015.

Diplomat Palestina itu mengatakan, permintaan itu akan memberi jaksa wewenang untuk menyelidiki dugaan kejahatan yang dimulai pada tahun 2014 dan seterusnya, termasuk kematian minggu lalu selama protes di Gaza.

“Melalui rujukan hukum yang kami inginkan ICC untuk membuka tanpa penundaan penyelidikan atas semua kejahatan. Penundaan untuk memberikan keadilan bagi korban Palestina sama saja dengan penolakan untuk memberikan keadilan,” ucap Maliki.

“Kami percaya ada banyak bukti dan kami percaya bahwa melanjutkan penyelidikan adalah tindakan yang benar dan diperlukan,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (22/5).

ICC memiliki wewenang untuk menyelidiki kasus-kasus kejahatan perang, genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan di wilayah 123 negara yang telah mendaftar untuk itu. Israel belum bergabung dengan ICC, tetapi karena Palestina telah bergabung, Israel bisa diselidiki atas kejahatan yang dilakukan di tanah Palestina.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr | Sumber: Sindonews

تعليقات
Loading...