الوجهات السياحية العجيبة في مدينة باوباو

8 Tempat Wisata Menarik di Kota Baubau, Buton

0 959

باوباو ، إندونيسيا اليوم – اشتهرت جزيرة بوتون في جنوب شرق سولاويسي بمنتجات الأسفلت الخاصة بها. تقدم جزيرة بوتون لمحبي السفر الوجهات السياحية الجميلة والمثيرة للزيارة. من بينها قلعة السلطنة. ولكن ليس هذا فقط ، فهناك العديد من الأماكن السياحية الرائعة التي ينبغي زيارتها منها:

1. شاطئ نيروانا

من المعروف أن جزيرة سولاويسي تتمتع بعالم رائع تحت قاع البحر. وروعة الشاطئ في سولاواسي أيضا لا يقل جمالاً. في باوباو، يوجد شاطئ رملي أبيض جميل يفضله السكان المحليون وهو شاطئ نيروانا حيث يبلغ طول هذا الشاطئ حوالي 4 كم. تميز شاطئ نيروانا بمياه البحر الزرقاء للغاية مع الرمال البيضاء الجميلة.

2. شاطئ كمالي

تقع على ضفة شاطئ كمالي العديد من المحلات. ويمكننا التمتع به بجو الشاطئ وطلب الوجبات الخفيفة الرخيصة. وزيارة هذا الشاطئ في فترة ما بعد الظهر هي الخيار الأمثل للاستمتاع بالجو الجميل. تم تجهيز شاطئ كمالي أيضاً بالمرافق المتنوعة، بما في ذلك النقاط الساخنة (الواي فاي) التي يمكن استخدامها للتواصل الاجتماعي.

3. شاطئ لاكييبا

ولا يقل هذا الشاطئ في روعة زيارته. يوجد بهذا الشاطئ رصيف خشبي يطل على البحر مما يجعله خلابا. يمكننا الجلوس على حافة الشاطئ أو بمجرد أخذ الصورة بالرصيف لاظهارها على الأصدقاء أننا قد أخذنا الصورة على شاطئ  لاكيبا.

4. تلّ بالاتيغا

تل بالاتيغا هو مكان ممتع جدا للاستمتاع بالمناظر الطبيعية للمياه في الجزء الجنوبي من جزيرة  بوتون. وقد تم تطوير هذا التل بطريقة ملائمة للغاية للتمتع بمنظر البحر، وخاصة في فترة ما بعد الظهر.

5. كهف لاكاسا

كما توجد في مدينة باوباو عدة كهوف. ومن بين أشهر الكهوف فيها كهف لاكاسا. ولهذا الكهف مياه بلورية جذابة تقع على عمق حوالي 120 متر. يقع الكهف على بعد حوالي 9 كم من وسط مدينة  باوباو على وجه التحديد في منطقة بيتوامباري.

6. شلال سامفارونا

كما يوجد في باوباو سياحة الشلال منها شلال سامفارونا. يقع موقع هذا الشلال في منطقة سوراوليو أو حوالي 13 من وسط مدينة باوباو. وكغيره من الشلال بشكل عام، فإن شلال سامفارونا  يقع في  العالم المفتوح مع جو طبيعيّ جميل.

7. شلال تيرتاريمبا

ولا تزال مدينة باوباو تملك شلالات غير شلال سامفارونا وهي شلال تيرتاريمبا التي لا تقل جمالاً عن غيرها من الشواطئ. ولهذا الشلال شكل فريد. وإذا نظرنا إليه من بعدٍ ويبدو كأنه مظلة.

8. قلعة سلطنة بوتون

وأخيراً وليس آخراً، فإن بقية الوجهات السياحية التي لا نفوتها هي قلعة سلطنة بوتون. كان هذا المكان التاريخي عاصمة لسلطنة بوتون. ولهذه القلعة بنية فريدة حيث تحتوي مادتها على الحجر الجيري مع شكل دائري يبلغ طوله حوالي 2740 متر. يحتوي الحصن على 12 بوابة تسمى لاوا و 16 لواء مدفع تسمى بالوارا. وتقع هذه القلعة على تلة شديدة الانحدار. من هذه القلعة يمكننا أن نرى منظر مدينة باوباو بأكملها.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر : فارس البدر | المصدر: يوك بكنيك


Baubau, Indonesiaalyoum.com – Pulau Buton di Sulawesi Tenggara sangat terkenal dengan produk aspalnya. Untuk penggemar Traveling, Pulau Buton juga menawarkan keindahan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi.  Diantaranya Benteng Kesultanan. Namun bukan itu saja, masih banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi yaitu:

1. Pantai Nirwana

Pulau Sulawasi dikenal memiliki dunia bawah laut yang aduhai. Pesona pantai di Sulawasi juga tak kalah cantik. Di Baubau, ada sebuah pantai cantik berpasir putih yang menjadi salah satu idola warga di sana yakni Pantai Nirwana. Pantai ini memiliki panjang sekitar 4 km. Air lautnya sangat biru dengan pasir putih yang mulus.

2. Pantai Kamali

Di pinggiran pantai Kamali ini terdapat banyak sekali warung makan. Di sana kita bisa menikmati suasana pantai sambil memesan jajanan murah meriah.  Mengunjungi pantai ini pada sore hari menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menikmati suasana yang indah. Pantai Kamali juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk hotspot yang bisa digunakan untuk ngeksis di sosmed.

3. Pantai Lakeba

Pantai Lakeba juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Di pantai ini terdapat sebuah dermaga kayu yang menjorok ke laut yang membuatnya sangat Instagramable. Kita bisa duduk-duduk manis di pinggiran pantai atau berpose di dermaga tersebut untuk pamer foto sedang di Pantai Lakeba.

4. Bukit Palatiga

Bukit Palatiga adalah tempat yang sangat menarik untuk menikmati pemandangan perairan di bagian selatan Pulau Buton. Bukit ini telah dikembangkan sedemikian rupa dan sangat pas untuk menikmati pemandangan laut, terutama pada sore hari.

5. Gua Lakasa

Di Baubau juga ada gua. Salah satu yang cukup terkenal adalah Gua Lakasa. Gua ini memiliki daya tarik berupa air yang mengkristal yang letaknya berada pada kedalaman sekitar 120 m. Lokasi gua sendiri berjarak sekitar 9 km dari pusat Kota Baubau. Tepatnya di Kecamatan Betoambari.

6. Air Terjun Samparona

Di Baubau juga ada wisata air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Samparona. Lokasi air terjun ini berada di kecamatan Sorawolio, sekitar 13 dari pusat kota Baubau. Sebagaimana air terjun pada umumnya, Samparona juga terletak di alam terbuka dengan suasana alam yang indah.

7. Air Terjun Tirtarimba

Selain Air Terjun Samparona, Baubau juga masih punya Air Terjun Tirtarimba yang tidak kalah keren. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik. Dilihat dari kejauhan bentuknya mirip sebuah payung.

8. Keraton Kerajaan Buton

Last but not least, tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan di Baubau tentu saja adalah Benteng Keraton Buton. Tempat wisata sejarah ini dulunya merupakan ibukota Kesultanan Buton. Benteng ini memiliki arsitektur yang cukup unik. Materialnya berupa batu kapur dengan bentuk melingkar dengan panjang keliling sekitar 2.740 meter. Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang yang disebut Lawa dan 16 emplasemen meriam yang disebut Baluara. Lokasi benteng ini berada di atas bukit yang cukup terjal. Dari benteng ini kita bisa menyaksikan pemandangan satu kota baubau.

Penerjemah: Sairul Nafsahu | Editor: Fares alBadr | Sumber: Yukpiknik

تعليقات
Loading...