إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

امتحان في القرآن لمرشحي الرئاسة في إندونيسيا، هل سيوافق المرشحان الرئاسيان؟!

Prabowo-Sandiaga Disebut Tidak Akan Ikut Tes Baca Alquran

296

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الثنائي المرشح لمنصب الرئيس و نائب الرئيس في الانتخابات الرئاسية الإندونيسية 2019، برابوو سوبيانتو – و سانتياجا أونو، يؤكدا على أنهما لن يلبيا دعوة اتحاد دعاة آتشية التي وجهت للثنائيين المشاركان في انتخابات الرئاسة القادمة، و ذلك ليخضعا لاختبار قراءة القرآن يوم 15 يناير المقبل.

قال أندري روسيادي، المتحدث باسم حملة برابوو – سانتياجا، إن المجتمع يحتاج للتركيز على مسائل أكثر جوهرية، كأن يسأل المرشحين عن برنامجهم لحل المشكلات الاقتصادية مثلا. كما إن هذا الاختبار موعده قريب من موعد المناظرات الرئاسية التي تعقدها اللجنة العامة للانتخابات.

و كانت رابطة دعاة آتشية قد دعت مرشحي الرئاسة مع مرشحي منصب نائب الرئيس للخضوع لاختبار في قراءة القرآن. و ذلك على أمل أن ينهي هذا الاختبار مسألة الهوية التي أثيرت مؤخرًا.

قال مرشدين إسحاق، رئيس رابطة دعاة آتشية، أن الرابطة كمنظمة تعمل في مجال تنمية الدعوة الإسلامية، فإنها تريد أن تلعب دورًا في حفل الديمقراطية بانتخابات الرئاسة. ومن المقرر أن يجري اختبار قراءة القرآن في مسجد بيت الرحمن بآتشية، يوم 15يناير المقبل.

استأنف أندرية المتحدث باسم حملة برابوو، أن المجتمع بحاجة لأن يعرف أكثر عن تفاصيل برامج المرشحين. فهو يخشى أن يخطئ المجتمع الاختيار أو أن يختار اعتمادًا على الوعود النتخابية المستهلكة فقط كما حدث في انتخابات 2014.

و أضاف أندرية أن الاستعداد للمناظرات الرئاسية يصعب على برابوو الخضوع لهذا الاختبار. من المقرر أن تكون أولى المناظرات الرئاسية يوم 17 يناير 2019.

من جانت آخر لايتفق مع سبب مثل هذا الاختبار في قراءة القرآن لتقييم إلام المرشحين لمنصب الرئيس و نائي الرئيس. و قال أن جميع المرشحين هم بالفعل مسلمين.

و على الرغم أن مرشحه لن يحضر الاختبار، إلا أن أندرى يؤكد على أن السيد برابوو يحترم هذا الاقتراح، بل إنه يقترح أن يتم مناقسته بشكل أوسع ليتم تطبيقه في انتخابات 2024.

بالإضافة لأن موعد عقد الاختبار قريب من موعد المناظرات الرئاسية، فإن أندرى يرى أن الجمهور يريد أن يعرف أكثر عن برامج المرشحين.

قال أندرى: “إنه اقتراح جيد، فلماذا لا نقترحه كقانون ليتم تطبيقه في انتخابات 2024. حيث إن مرشحي انتخابات 2019 قد تم الموافقة عليهم بالفعل ليكونوا مرشحين.”

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: CNN Indonesia


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menegaskan tidak akan memenuhi undangan tes baca Alquran di Pilpres 2019 dari Ikatan Dai Aceh pada 15 Januari 2019.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi Andre Rosiade mengatakan masyarakat lebih membutuhkan hal yang substantif dari para calon, salah satunya soal tawaran program penyelesaian masalah ekonomi. Lagipula waktu pelaksanaan tes baca Alquran yang akan digelar oleh Ikatan Dai Aceh berdekatan dengan debat capres-cawapres yang digelar KPU.

Dewan Ikatan Dai Aceh sebelumnya mengusulkan sekaligus mengundang pasangan calon Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi untuk mengikuti tes baca Alquran. Tes itu diharapkan bisa mengakhiri politik identitas yang marak belakangan ini.

Ketua Dewan Pimpinan Ikatan Da’i Aceh, Tgk Marsyuddin Ishak mengatakan sebagai organisasi yang fokus pada pengembangan dakwah dan syiar Islam, pihaknya ingin turut berperan dalam pesta demokrasi lima tahunan.  Tes membaca Alquran rencananya akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada tanggal 15 Januari 2019.

Andre menuturkan masyarakat lebih perlu mengetahui program unggulan para pasangan calon. Sehingga, masyarakat tidak salah memilih. Sebab, pihaknya khawatir masyarakat hanya termakan janji seperti pada Pilpres 2014.

Lebih lanjut Andre menyampaikan persiapan debat capres juga menjadi alasan Prabowo-Sandi tidak mengikuti tes baca Alquran. Apalagi, debat pertama Pilpres 2019 berlangsung pada 17 Januari 2019.

Di sisi lain, politisi Gerindra ini tidak sepakat alasan tes baca Alquran untuk menilai ke-Islam-an capres dan cawapres di Pilpres 2019. Kata dia, seluruh calon capres-cawapres beragama Islam.

Meski tak bakal hadir, ia mengklaim pihaknya menghormati usulan tersebut. Pihaknya, kata Andre, justru menyarankan usulan itu dibahas lebih lanjut agar dapat diterapkan pada Pilpres 2024.

Selain karena jadwal debat yang sudah dekat dan penetapan calon sudah dilakukan KPU, ia berkata masyarakat lebih ingin mendengar program unggulan para calon.

“Saya rasa kalau ini wacana bagus kenapa tidak kita konkretkan, nanti kita usulkan di UU kalau memang keinginan masyarakat. Kalau sekarang tidak bisa karena kandidat sudah ditetapkan. Nanti kali (tahun) 2024 kita bisa pakai,” kata Andre.

Translated by: Momen Magdy | Source: CNN Indonesia

(28)

تعليقات
Loading...
Click Me