إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

بارتامينا توجه نداء للمجتمع بشراء الغاز من الوكلاء الرسميين فقط

Pertamina Imbau Beli Elpiji di Agen Resmi

- الإعلانات -

0 130

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – وجهت شركة بيرتامينا (بيرسيرو) نداء إلى المجتمع بأسره بأهمية شراء الغاز من الوكلاء الرسميين أو من القواعد الرسمية لبيرتامينا.

وقالت ديان هبساري فيراساتي مديرة وحدة الاتصالات والمسؤولية الاجتماعية للشركات مور III في بيانها المكتوب يوم الثلاثاء (20/2) أن شراء الغاز من غير وكلائنا الرسميين أو قواعدنا الرسمية يعرض المجتمع إلى بعض المخاطر.

وقالت: “الأول من حيث السلامة، على سبيل المثال أن الأنبوب المختلط مثل هذه الصورة (أي أن الغطاء مفتوح)، وهو غير آمن لأنه تم اختلاطه جبرا”.

الثاني هو خطورة الأسعار. فإن سعر البيع من الوكيل أو من القاعدة الرسمية لبرتامينا هو سعر رسمي.  وبالنسبة للغاز بوزن ثلاثة أكيال فإن سعرها أعلى من سعر التجزئة المقرر من قبل الحكومة المحلية 16.500 لكل أنبوبة. وأما للغاز بوزن 12 كيلو (أنبوبة زرقاء) بقيمة 139 ألف روبية لكل أنبوبة.  ونوع برايغت غاز 12 بقيمة 141 ألف روبية لكل أنبوبة، وبرايغت غاز 5،5 كيلو بقيمة 65 ألف روبية، والغاز ب50 كيلو بثمن 593 ألف روبية من كل أنبوبة.

“وإذا وجد المجتمع الغاز غير المدعوم (سواء الغاز بثلاثة أكيال) بأرخص من هذا الثمن فيجب الحذر منه فلربما أنه نتيجة النقل من أنبوبة ثلاثة أكيال.”

إضافة إلى ذلك ذكر ديان أن عدد وميل وقاعدة الغاز في بوغور وقد وصل بما يكفي. فقاعدة الغاز بثلاثة أكيال في منطقة بوغور فإنها ما تبلغ 2.383 نقطة. ويبلغ عدد وكيل الغاز بثلاثة أكيال في بوغور 25 نقطة. ووكيل من غير PSO ما يصل 22 نقطة. وغير برايغت غاز يوجد أيضا في الحوانيت المتقدمة في منطقة بوغور.

ونحن نسعى ونجتهد لتوفير أسهل خدمة. ولا نوصي أيضا بشراء غاز خارج وكلاء بيرتامينا الرسمية ومنها من خلال المحلات التجارية غير الرسمية على الانترنت من بيرتامينا “، قالته.

وأكدت ديان بأن الغاز من ثلاثة أكيال هو من السلع المدعومة من قبل الحكومة. فيكون استخدامها منظما ومخصصا للمساكين فحسب.

“فبوجود هذه الإساءة لا شك أنها تعرقل المجتمع المساكين في استخدامها، لأن المفروض هم الذين يستلمون هذا الغاز. ومن ناحية أخرى تخسر الدولة من دعمها.” كما ذكرت.

وبالإضافة إلى ذلك، إن هذه العملية  خطيرة جدا. إن الفتح والحقن اجباريا التي لا تتفق مع الإجراءات الآمنة تؤدي إلى وقوع حوادث. وهذا أمر في غاية الخطورة لكلا الطرفين.

وفي هذا الصدد، أرشدت بيرتامينا المجتمع أن يبلغ فورا عما إذا كان هناك أي عمل يشتبه به في مثل هذه العمليات فيما حوله. ويمكن تقديم التقارير إلى أقرب قسم للشرطة للحصول على المخرج المناسب لهذه العمليات التي لا تناسب النظام الرسمي.

المترجم : أحمد شكري |المحرر: فارس البدر  المصدر: صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – PT Pertamina (Persero) mengimbau seluruh masyarakat untuk membeli elpiji di agen resmi atau pangkalan resmi Pertamina. Unit Manager Communication dan CSR MOR III Dian Hapsari Firasati dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/2), menyampaikan pembelian elpiji selain di agen atau pangkalan resmi Pertamina memiliki sejumlah risiko.

“Yang pertama adalah unsur safety. Misalkan tabung yang sudah pernah dioplos seperti ini, sudah tidak aman terutama di bagian valve (katup) karena pernah dioplos secara paksa,” ujarnya.

Selanjutnya adalah risiko harga. Harga pembelian di agen dan pangkalan resmi Pertamina menggunakan harga resmi. Untuk elpiji tiga kilogram (kg) menggunakan Harga Eceran Tertinggi (HET) resmi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat yaitu Rp 16.500 per tabung untuk wilayah Bogor. Sedangkan untuk isi ulang elpiji 12 kg (tabung biru) seharga Rp 139 ribu per tabung, Bright Gas 12 kg seharga Rp 141 ribu per tabung, Bright Gas 5,5 kg seharga Rp 65 ribu dan elpiji 50 kg seharga Rp 593 ribu per tabung.

“Apabila masyarakat ada yang menemukan elpiji non-subsidi (selain elpiji tiga kg) dengan harga yang jauh lebih murah, maka perlu diwaspadai, karena kemungkinan hasil pemindahan elpiji dari tabung tiga kilogram,” ujarnya.

Lebih lanjut Dian menyampaikan, jumlah agen dan pangkalan elpiji di Bogor sudah cukup banyak. Untuk pangkalan elpiji tiga kilogram di wilayah Bogor ada 2.383 titik, agen tiga kilogram di Kota Bogor 25 titik, agen tiga kilogram di Kabupaten Bogor ada 72 titik dan agen non-PSO sebanyak 22 titik. Selain itu Bright Gas juga tersedia di sejumlah minimarket modern yang tersebar di wilayah Bogor.

“Kami berusaha menyediakan layanan yang memudahkan. Kami tidak merekomendasikan pembelian elpiji di luar agen resmi Pertamina termasuk melalui toko online yang tidak resmi dari Pertamina,” katanya.

Dian mengingatkan, elpiji tiga kilogram merupakan barang yang disubsidi oleh negara. Sehingga penggunaannya pun diatur hanya untuk masyarakat tidak mampu.

“Dengan adanya penyalahgunaan seperti ini, tentu membuat masyarakat tidak mampu yang seharusnya menerima elpiji tiga kilogram jadi kesulitan. Di sisi lain, negara juga merugi karena mengeluarkan subsidi,” ujarnya.

Selain itu, pengoplosan yang dilakukan merupakan tindakan yang sangat berbahaya. Pembukaan dan penyuntikkan secara paksa yang tidak sesuai prosedur aman bisa mengakibatkan adanya insiden. Hal ini sangat berisiko baik untuk pelaku dan pengguna selanjutnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Pertamina mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika menemukan adanya tindakan yang dicurigai sebagai penyalahgunaan di sekitarnya. Laporan bisa disampaikan ke pihak kepolisian terdekat untuk mendapat penanganan sesuai prosedur.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

(11)

تعليقات
Loading...
Click Me