بركان إيبو في مالوكو يثور اليوم ولا خسائر في الأرواح

Gunung Ibu di Halmahera Utara Meletus, Penduduk Masih Aman

0 613

جاكرتا، إندونيسيا اليومجبل إيبو البركاني في هالماهيرا الغربية بشمال مالوكو يثور اليوم السبت 12-1. الانفجار قذف بالرماد البركاني حتى ارتفاع 800 متر من فوهة البركان.

اعتمادًا على ملاحظات مركز مراقبة بركان إيبو التابع لمركز علم البراكين و الحد من الكوارث الجيولوجية، فإن انفجار بركان إيبو حدث في الساعة 17.21 بتوقيت شرق إندونيسيا. و قد حمل الهواء الرماد البركاني إلى اتجاه الجنوب.

قال رئيس مركز المعلومات و العلاقات العامة بالهيئة الوطنية لمكافحة الكوارث، سوتوبو بوروو، في بيانه: “حالة البركان تظل في المستوى الثاني. و ينصح المواطنين و متسلقي الجبال بألا يقوموا بأي أنشطة في دائرة نصف قطرها 2 كيلو متر من فوهة البركان.”

طلب سوتوبو من المواطنيين التزام الهدوء. و أخبر بأنه لا حاجة لإجراء عمليات إخلاء حيث كان السكان المحليين قد اتخذوا حذرهم بالفعل، حيث تكثر ثورات بركان إيبو.

قال سوتوبو: “خلال الثلاث أشهر الأخيرة يثور بركان إيبو كل يوم تقريبًا. بل إنه في يوم 10 يناير ثار البركان 80 مرة، و سالت الحمم 18 مرة، و سمعت انفجارات داخلية 64 مرة.”

ورغم ذلك طلب سوتوبو من المواطنين الحذر، حيث يمكن أن يثور البركان مرة أخرى في أي وقت. و ناشد بأن يبقى الجميع في المناطق الآمنة.

من ناحية أخرى تحدث سوتوبو عن حالة بركان أناك كراكاتو الذي كان تسبب في موجة تسونامي بمضيق سوندا نهاية ديسمبر الماضي. قال سوتوبو بأن معدل ثوران أناك كراكاتاو آخذ في الانخفاض. السوم من الساعة السادسة و حتى الثاعة الثانية عشرة ثار البركان أربعة مرات.

قال سوتوبو في بيانه: “يلاحظ على الدخان الخارج من الفوهة أنه أبيض اللون، ذو كثافة عالية، و قد وصل ارتفاعة ما بين 50 إلى 100 متر من الفوهة.”

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara meletus hari ini, Sabtu (12/1). Erupsi melontarkan abu vulkanik ke udara setinggi 800 meter dari puncak kawah.

Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Ibu Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, letusan Gunung Ibu terjadi pada pukul 17.12 WIT. Abu vulkanik itu tertiup angin dan mengarah ke selatan.

“Status tetap Waspada (level 2). Rekomendasi masyarakat dan pendaki tidak boleh melakukan aktivitas di dalam radius 2 kilometer,” tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis.

Sutopo menyatakan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah aktif Gunung Ibudi bagian utara.

Sutopo meminta masyarakat tetap tenanga dan belum perlu mengungsi karena berada di luar zona berbahaya. Sebab menurut dia warga setempat sudah awas dan memaklumi karena hampir setiap hari terjadi letusan Gunung Ibu.

“Sejak tiga bulan terakhir Gunung Ibu hampir setiap hari meletus. Bahkan pada 10 Januari, Gunung Ibu meletus 80 kali kejadian, guguran 18 kali kejadian dan hembusan 64 kali kejadian,” lanjut Sutopo.

Meski demikian, Sutopo tetap meminta warga waspada karena letusan bisa terjadi setiap saat. Dia mengimbau supaya masyarakat tetap berada di zona aman.

Di sisi lain, Sutopo menyampaikan frekuensi letusan Gunung Anak Krakatau terus menurun. Pada hari ini antara pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB, terjadi 4 kali letusan.

“Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 50-100 meter dari puncak kawah,” tulis Sutopo.

Penerjemah: Momen Magdy | Siumber: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...