تجارة المأكولات في باندونغ تعطي المستقبل الواعد

Bisnis Kuliner di Bandung Dinilai Sangat Menjanjikan

0 757

باندونج، اندونيسيا اليوم – وصلت الجهات العاملة الجديدة للمأكولات إلى باندونج بشكل مستمر. وذلك لأن تجارة المأكولات تعطي المستقبل الواعد لفاعلها.

وقال رئيس شبكة الأعمال الوطنية (Japnas) بجاوا الغربية، إيوان جوناوان، إن نمو طلب منتجات المأكولات بباندونج يتجاوز متوسط 10% سنويا. مضيفاً أن النمو المرتفع في الطلب تدعمه قوة العلامات التجارية لباندونج كمركز لسياحة المأكولات.

وذكر إيوان في باندونج ، الأحد (6/5) “أن سوق منتجات المأكولات لباندونج واسعة النطاق. ويتساءل كثير من المستهلكين من الخارج بالأشياء الجديدة في باندونج”.

وأضاف إيوان، أن البنية الجغرافية لباندونج التي تقع في الارتفاع وبرودة الطقس تجعل الناس يبحثون عن منتجات المأكولات في باندونج. بالإضافة إلى ذلك، فإن باندونج لها العديد من الأطعمة التقليدية التي يتذوقها الزوار في أوقات معينة مثل في الصباح أو المساء.

وفي الوقت الحالي، لم تكن هناك منتجات المأكولات كأيقونة لباندونج، مثل ما إيسيه منذ بعض الأيام. ولا تستطيع المنتجات الجديدة البقاء إلا في لحظة ولا تقدر على تحقيق شعبية عالية.

اقرأ أيضا: الأماكن السياحية الشهيرة والرومانسية في بوغور

وفي الوقت نفسه، قال صاحب فينكايك، فينو جي باستيان، إن مستقبل المأكولات في باندونج واعد للغاية. وهذا ما دفعه إلى إطلاق فنكايك في باندونج ولو كان من بعض الفنانين قد أطلقوا منتجات مماثلة.

وأوضح فينو أن ماركة باندونج كمدينة المأكولات تجعل العديد من رجال الأعمال يتنافسون على إنجاب منتجات المأكولات في باندونج. على الرغم من أن هناك العديد من البائعين الجدد، إلا أن سوق منتجات المأكولات في باندونج لم يقف من نشاطاته.

وشدد فينو أن “مفتاح رواج المنتجات هو تميز المنتجات وكيفية الحفاظ على جودتها”.

اقرأ أيضا: أشادت بعمق العلاقات بين الرياض وجاكرتا، الحكومة الاندونيسية تكرم السعودي غالب البلوي لعفوة عن قاتلة ابنته

وقد توجد في باندونج العديد من منتجات الكعك. ولكن ينبغي أن تكون الجهات العاملة قادرةً على صنع كعك مختلف عن الآخرين للاستيلاء على السوق.

وقال فينو إن ما لا يقل أهمية في صناعة المأكولات، هو الابتكار والنظافة للمنتج. ترتبط الابتكار في المحافظة على السوق لأن مدة الصلاحية لمنتجات المأكولات قصيرة. بينما ترتبط النظافة بسلامة الغذاء، وهذا أهم شيء في صناعة المأكولات”.

أوضح فينو أن منتجات المأكولات لا يمكن لها البقاء في السوق حتى ليس من المستحيل أن تصبح شركة رائدة في السوق بسبب فرادتها حتى لو كانت جاءت في وقت لاحق.

المترجم: سايرول نفساهو | المحرر: فارس البدر | المصدر: رويفوبليكا

Bandung, Indonesiaalyoum.com – Pemain baru industri kuliner Kota Bandung terus berdatangan. Namun, bisnis tersebut dinilai masih sangat menjanjikan.

Menurut Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat (Jabar), Iwan Gunawan, pertumbuhan permintaan produk kuliner Bandung rata-rata melampaui 10 persen per tahun. Tingginya pertumbuhan permintaan tersebut, kata dia, ditunjang oleh kuatnya brand Bandung sebagai pusat wisata kuliner.

“Pasar produk kuliner Bandung itu luas. Konsumen, khususnya dari luar kota, selalu penasaran dengan apa yang baru di Bandung,” ujar Iwan di Bandung, Ahad (6/5).

Menurut Iwan, struktur geografis Bandung yang berada di ketinggian dan cuacanya yang cenderung dingin membuat produk kuliner selalu dicari. Selain itu, Bandung memiliki banyak makanan khas untuk dikonsumsi pada waktu tertentu, seperti pagi atau malam hari.

Namun, kata Iwan, untuk saat ini belum ada produk kuliner yang muncul menjadi icon Bandung, seperti Ma Icih beberapa waktu silam. Produk-produk pendatang baru, hanya mampu bertahan sesaat tanpa mampu mencapai popularitas tinggi.

Sementara menurut Pemilik Vincake, Vino G Bastian, prospek kuliner Bandung sangat menjanjikan. Hal itulah yang mendorong dirinya meluncurkan Vincake di Bandung. Walaupun, sejumlah rekan artis sudah meluncurkan produk sejenis sebelumnya.

Vino menilai, brand Bandung sebagai kota kuliner membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba melahirkan produk kuliner di Kota Bandung. Walaupun banyak pemain baru, tapi pasar produk kuliner Bandung belum jenuh.

“Kuncinya adalah diferensiasi produk dan bagaimana menjaga kualitas produk,” katanya.

Di Bandung, kata dia, bisa saja banyak produk kue. Tapi pelaku usaha harus bisa membuat kue yang berbeda dari yang lain untuk bisa merebut pasar.

Hal yang tak kalah penting dalam industri kuliner, kata dia, adalah inovasi dan higienitas produk. Inovasi untuk mempertahankan pasar karena umur produk kuliner yang relatif singkat. “Sementara higienitas terkait keamanan pangan. Ini merupakan hal terpenting di industri kuliner,” ujar Vino.

Menurut Vino, produk kuliner akan mampu bertahan di pasaran. Bahkan, bukan tidak mungkin menjadi pemimpin pasar kendati hadir belakangan jika produknya memiliki keunikan.

Penerjemah: Sairul Nafsahu|Editor: Faris Al-Badr| Sumber: Republika

تعليقات
Loading...