تدخل عسكري لإجلاء ضحايا الفيضانات في ساماريندا

TNI siap menurunkan panser evakuasi korban banjir Samarinda

0 541

ساماريندا ، إندونيسيا اليوم – أرسلت قوات الدفاع الإندونيسية أفرادًا وشاحنات لتسهيل إجلاء ضحايا الفيضانات في ساماريندا ، مقاطعة كاليمانتان الشرقية ، وفق الرائد عرفان أفندي ، قائد كتيبة المشاة (يونيف) 611 / أوانغ لونغ.

وقال عرفان أفندي :”في يوم الأحد الماضي ، نشرت يونيف 611 / أول ثلاث شاحنات وفصيلة من الضباط الموجودين حاليًا في المواقع المتضررة من الفيضانات. وإذا دعت الحاجة إلى ذلك ، سنقوم بإرسال 150 ضابطًا آخر ودبابات أنوا للمساعدة في عملية الإخلاء” ، يوم الثلاثاء، وفق أنتارا نيوز.

كانت الدبابات ضرورية للتنقل عبر الطرق التي غمرتها الفيضانات وللمساعدة في عمليات الإخلاء.

عرضت فصيلة من الضباط العسكريين في يونيف 611 / أول المساعدة في إجلاء وتوزيع الخدمات اللوجستية في المناطق المتضررة من الفيضانات في ساماريندا يوم الأحد.

وقال:”بالأمس ، ذهبت أيضًا إلى الميدان لتقديم المساعدة. تتعاون القوات المسلحة الإندونيسية والشرطة الوطنية (Polri) وضباط التخفيف من الكوارث المحليون والمتطوعون في الميدان لمساعدة الضحايا المتضررين من الفيضانات. إذا ارتفعت مياه الفيضان ، فنحن مستعدون لنشر دبابات انوا اذا لزم الأمر “.

في غضون ذلك ، أدت الفيضانات في ثلاث مناطق فرعية في ساماريندا خلال الأيام الخمسة الماضية إلى توقف حياة حوالي 20 ألف شخص.

صرح سوجينج تشير الدين ، سكرتير إدارة بلدية ساماريندا ، هنا اليوم الثلاثاء بأن شمال ساماريندا وساماريندا أولو وسونجاي بينانج هي المناطق الفرعية الثلاثة المتضررة من الفيضانات.

غمرت مياه الفيضانات التي يزيد ارتفاعها عن متر عدة آلاف من المنازل في المناطق السكنية ، بما في ذلك بنجكينغ ، وغريا موكتي ، وتيمندونج ، وجونونج لينغاي.

وأشار إلى أن الأشخاص المتضررين من الفيضانات في حاجة ماسة إلى الغذاء الفوري والماء النظيف والبطانيات والملابس وحفاضات الأطفال والمناديل الصحية والأدوية.

لقد سعى الضحايا للحصول على مساعدات الإغاثة من الجمهور ، وخاصة الطعام المطبوخ ، والذي واجه نقصًا فيه حتى الآن.

إندونيسيا اليوم | متابعات/انتارا/معراج


Samarinda, Indonesiaalyoum.com – Yonif 611/Awang Long (Awl) telah menyiagakan 150 personel sekaligus siap menurunkan dua Panser Anoa untuk membantu evakuasi korban banjir di Samarinda, jika saatnya diperlukan membantu personel TNI yang saat ini telah di lokasi banjir.

“Hari Minggu kemarin sudah diterjunkan tiga unit kendaraan dinas truk milik Yonif 611/Awl dan satu peleton prajurit yang hingga saat ini masih di lokasi banjir. Jika diperlukan, maka akan ada tambahan 150 personel lagi plus dua Panser Anoa untuk evakuasi,” ujar Komanda Yonif 611/Awl Mayor Inf Arfan Affandi, Selasa.

Ia berharap banjir segera surut karena kasihan kepada ribuan masyarakat yang rumahnya terendam banjir. Namun jika banjir tidak juga surut, kemudian banyak warga yang perlu dievakuasi maupun jalan yang terendam banjir, maka panser tersebut akan diturunkan.

Panser Anoa akan diterjunkan untuk menerobos banjir yang cukup dalam, karena kendaraan taktis ini memang didesain untuk segala medan, termasuk genangan air yang cukup dalam seperti yang terjadi di Samarinda sekarang.

Kendaraan ini, katanya, mampu mengangkut penumpang dengan jumlah belasan orang, bahkan dengan beban yang cukup berat sekalipun, sehingga jika harus dikerahkan untuk evakuasi banjir, maka kendaraan ini cocok karena memang multifungsi.

Arfan Affandi kembali menjelaskan bahwa saat ini Yonif 611/Awl telah menyiapkan sebanyak 150 personel yang disiagakan untuk membantu penanggulangan bencana alam di Ibu Kota Provinsi Kaltim yang melanda dalam sepekan ini.

“Tambahan pasukan kami dan kendaraan dinas pengangkut penumpang sudah siap. Kami tinggal menurunkan untuk membantu penanggulangan bencana jika memang dibutuhkan,” ucapnya.

Sebelumnya sudah ada satu peleton personel yang diturunkan ke beberapa titik banjir untuk membantu evakuasi, termasuk pendistribusian logistik bersama-sama relawan dan satuan lain.

“Kemarin juga saya ikut turun membantu. Ada kolaborasi antara TNI dan Polri, termasuk dengan BPBD dan relawan saat di lapangan. Jika banjir semakin tinggi, Kami siap menurunkan Panser Anoa jika memang diperlukan,” katanya.

Untuk sementara, lanjutnya, dua panser ini telah disiagakan di Kompi Senapan A dan Kompi C agar dekat dengan lokasi jika dibutuhkan untuk evakuaasi korban banjir. (Antara)

تعليقات
Loading...