ترامب يؤكد لقاءه مع كيم جونغ أون في 12 يونيو المقبل

Trump Pastikan Bertemu Kim Jong Un 12 Juni Mendatang

0 621

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  سيلتقي الرئيس الأمريكي دونالد ترامب مع الزعيم الكوري الشمالي كيم جونغ أون في 12 يونيو المقبل في سنغافورة. هذا هو القرار الأخير لترامب، بعد أن ألغى مسبقاً الأجندة من جانب واحد.

نقلت سي إن إن، السبت (2/5/2018)، غير ترامب رأيه بعد تلقيه رسالة من كيم  يحتفظ بها مبعوثه، كيم يونغ تشول، رئيس المخابرات السابق والذي يعمل حاليا المفاوض النووي الكوري الشمالي بشكل موثوق.

واعتبرت الرسالة مهمة جدا لترامب، الذي بدا متفائلا وأشار إلى الاتفاق. بدلا من ذلك، ذكر أن البيان المسئ من نائب الرئيس مايك بنس والتهديد بالحرب النووية كالزمن الماضي.

وأضاف “أعتقد أننا نسيناه، نسيناه تماما، ونحن سوف نقوم بالصفقة وفعلا سوف تبدأ عملية”، قال ترامب في جنوب لامب، بعد لقائه أكثر من ساعة مع كيم يونغ تشول في المكتب البيضاوي بالبيت الأبيض، الجمعة (1/6) بالأمس.

وأضاف: “إننا سوف نجتمع مع الزعيم (كوريا الشمالية) في 12 يونيو واعتقد إنه (الاجتماع) سيجري بنجاح”.

في الأسبوع الماضي، ألغى ترامب الاجتماع المخطط له مع الزعيم الكوري الشمالي كيم جونغ أون. لكن بعد وقت قصير من الإعلان عن الإلغاء، قال ترامب في وقت لاحق إن خطة الاجتماع “لم تتغير” وما زال يأمل في عقد الاجتماع. وتبع التطور الاجتماع المفاجئ بين كيم جونغ أون مع رئيس كوريا الجنوبية، مون جاي في يوم السبت (26/5).

إذا نفذت بشكل صحيح، فسوف يتم تسجيل الاجتماع على 12 يونيو المقبل باعتباره أول اجتماع بين زعيم كوريا الشمالية مع رئيس الولايات المتحدة. لم يتسرب حتى الآن الكثير من المعلومات عن الاجتماع، ولكن ستركز المحادثات عن نزع السلاح النووي من شبه الجزيرة الكورية وتخفيف التوتر.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  ديتيك


Jakarta, Indonesiaalyoum.com –  Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan akan bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 12 Juni mendatang di Singapura. Ini adalah keputusan terbaru Trump, setelah sebelumnya membatalkan agenda tersebut secara sepihak.

Dilansir dari CNN, Sabtu (2/5/2018), Trump mengubah pikiran setelah menerima surat dari Kim yang dititipkan kepada utusannya, Kim Yong Chol–yang merupakan mantan kepala mata-mata yang kini menjadi negosiator nuklir andal Korea Utara.

Surat itu dianggap cukup penting bagi Trump, yang tampak optimis dan memberi sinyal akan adanya kesepakatan. Sebaliknya, dia menyebut pernyataan buruk dari Wakil Presiden Mike Pence dan ancaman perang nuklir sebagai masa lalu.

“Saya pikir kita telah melupakannya, benar-benar melupakannya, dan kita akan membuat kesepakatan dan benar-benar akan memulai sebuah proses,” ujar Trump di South Lamp, usai pertemuannya yang lebih dari satu jam dengan Kim Yong Chol di Oval Office, Gedung Putih, Jumat (1/6) kemarin.

“Kita akan bertemu dengan pemimpin (Korea Utara) pada 12 Juni dan saya pikir (pertemuan) ini mungkin berjalan dengan sangat sukses,” imbuhnya.

Pekan lalu, Trump membatalkan rencana pertemuan puncak dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tersebut. Tetapi tidak lama setelah pengumuman pembatalan, Trump kemudian mengutarakan rencana pertemuan itu ‘belum berubah’ dan dirinya masih berharap pertemuan tetap bisa digelar. Perkembangan tersebut disusul adanya pertemuan mendadak antara Kim Jong-un dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in pada Sabtu (26/05).

Jika benar terlaksana, pertemuan pada 12 Juni mendatang akan tercatat sebagai pertemuan pertama antara pemimpin Korea Utara dengan presiden Amerika Serikat yang tengah menjabat. Sejauh ini tidak banyak informasi yang dibocorkan soal pertemuan tersebut, tetapi pembicaraan akan dipusatkan pada denuklirisasi di Semenanjung Korea dan mengurangi ketegangan.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...