ترتيب 21 قرية فقيرة، أكد أنيس أنه لن يهدم البيوت

Tata 21 kampung kumuh, Anies pastikan tidak akan menggusur

0 1٬039

جاكرتا، إندونيسيا اليوم  – ستنظم حكومة جاكرتا 21 قرية عشوائية في العاصمة. وترد الترتيبات في قرار الحاكم رقم 878 لعام 2018 بشأن تنفيذ ترتيبات القرى والمجتمع.

وقال محافظ جاكارتا أنيس باسويدان، إن ترتيب القرى سيتم تكييفه حسب احتياجات كل منها. وأوضح أن لكل قرية شخصيات مختلفة.

على الرغم من أنها سوف تتكيف في إعداد القرية، إلا أن وزير التعليم والثقافة السابق يضمن عدم هدمها.

وقال في قاعة مدينة جاكرتا يوم الخميس (24/5) “إذا أردنا فإنه من السهل فما بقي إلا هدمها فحسب. إنه سهل، وذلك إذا أردنا الضوضاء والضجة بين المجتمع. لتعلم، أننا نريد تحقيق العدالة لا مجرد نقل الناس من مكان إلى آخر فحسب، لذلك هذا هو المبدأ الذي سنستمر فيه”.

وأضاف أنيس أن ترتيب القرى الفقيرة الحالي سيشمل الخبراء والمقيمين. وقال إن الترتيب سيسهل ويعدل احتياجات الناس.

“خلاصة القول هو ترتيب بيئة أرض واحدة وهي عملية لتدعيم الأرض، ثم هناك التحضير لإقامة جديدة، ثم ترتيب البيئة بعد الموحدة. طبعا أن كل مكان يختلف من الآخر” كما أوضح.

بالإضافة إلى مشاركة الخبراء، تتعاون جاكرتا مع الوكالة الوطنية للأراضي (BPN). وسيصبح المقيمون فيما بعد ميسرين في ترتيب هذه القرية.

“إذن الميسر ليس من الحكومة، فالمنسق منفصل، لذلك فإن المشاكل القانونية سوف تحل من قبل حكومة المنطقة لأنه يجب أن تكون هناك قضية قانونية هناك” ، أوضح أنيس.

وبين أنيس أن هناك 21 قرية فقيرة سيتم ترتيبها في بينجارينغان، وهي قرية لودين، وكامبونج تونغكول، وكامبونج كرابو، وكامبونج موكا، وكامبونج ولانغ في أنكول، باديمانغان. ثم هناك قرية أقواريوم ، ووكامبونج مارلينا، وكامبونج إيليكترو،  ووكامبونج غيدونج بومبا.

بينما في بلويت، هناك بلوك إمبانج و وكامبونج كيرانج إيجو وكامبونج بارو تيمبوك بولونج. ثم قرية تاناه ميراه في كيلابا جادينج بارات. في توغو الجنوبية، كوجا ، هناك إر وي 007 و إر وي 008 و إر وي 009 و إر وي 010 و إر وي 011 التي سيتم ترتيبها.

بالنسبة لبرومبونج جاتيناجارا، سيتم ترتيب جميع إر وي 002. في غرب جاكرتا ، وإر وي 014 و إر تي 016 إر وي 004 كيبون جيروك  ، و إر تي 01 إر وي 05 راوى الشرقية متضمنة في الترتيب. هناك أيضا قرية غوجي بارو وبالتحديد  إر تي 004 إلى إر تي 007 إر وي 002 دوري كيبا ، كما سيتم ترتيب كيبون جيروك أيضا.

في كامبونج كونير، يتم تضمين  وكامبونج كالي أبوران، و كامبونج سكريتاريس في غرب جاكرتا في موقع الترتيب. في جنوب جاكرتا ، الترتيب في كامبونج بارو ، بوندوك بينانج ، كيبايوران لاما.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر :  ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com— Pemprov DKI Jakarta akan menata 21 kampung kumuh di Ibu Kota. Penataan itu tertuang dalam Keputusan Gubernur Nomor 878 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, penataan kampung akan disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Dia mengungkapkan, masing-masing kampung memiliki karakter yang berbeda-beda.

Walaupun akan menyesuaikan dalam menata kampung, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini memastikan tidak akan menggusur.

“Kalau mau gampang, tinggal gusur saja. Gampang tuh, paling ramai. Tidak, kami ingin menghadirkan keadilan bukan sekadar memindahkan orang. Jadi, ini prinsip yang akan kami pegang terus,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (24/5).

Penataan kampung kumuh saat ini, lanjut Anies, akan melibatkan pakar dan warga. Dia mengungkapkan, penataan tersebut nantinya akan memfasilitasi dan menyesuaikan kebutuhan warga.

“Intinya secara garis besar adalah penataan lingkungan satu tanah adalah ada proses konsolidasi lahan, kemudian ada penyiapan untuk tempat tinggal yang baru, kemudian penataan lingkungannya sesudah dikonsolidasi. Nah tiap tempat berbeda-beda,” jelasnya.

Selain melibatkan pakar, Pemprov DKI juga menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dan nantinya warga akan menjadi fasilitator dalam penataan kampung ini.

“Jadi fasilitatornya bukan dari pemerintah fasilitatornya adalah pihak tersendiri. Nah kemudian masalah-masalah yang terkait dengan legal nantinya harus diselesaikan oleh Pemprov. Karena pasti ada urusan urusan legal di situ,” terang Anies.

Anies mengungkapkan, ada 21 kampung kumuh yang akan ditata di Penjaringan, yakni Kampung Lodan, Kampung Tongkol, Kampung Krapu, Kampung Muka, dan Kampung Walang di Ancol, Pademangan. Kemudian ada Kampung Akuarium, Kampung Marlina, Kampung Elektro, dan Kampung Gedong Pompa.

Sementara di Pluit, ada Blok Empang, Kampung Kerang Ijo, dan Kampung Baru Tembok Bolong. Kemudian Kampung Tanah Merah di Kelapa Gading Barat. Di Tugu Selatan, Koja, ada RW 007, RW 008, RW 009, RW 010, dan RW 011 yang akan ditata.

Untuk Prumpung, Jatinegara, seluruh RW 002 akan ditata. Di Jakarta Barat, RT 014 dan RT 016 RW 004 Kebon Jeruk, serta RT01 RW 05 Rawa Timur termasuk dalam penataan. Ada pula Kampung Guji Baru tepatnya RT 004 sampai RT 007 RW 002 Duri Kepa, Kebon Jeruk juga akan akan ditata.

Di Kampung Kunir, Kampung Kali Apuran, dan Kampung Sekretaris di Jakarta Barat termasuk dalam lokasi penataan. Di Jakarta Selatan, penataan di Kampung Baru, Pondok Pinang, Kebayoran Lama.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Merdeka

تعليقات
Loading...