تسريع تطوير مطار عوراه راي بالي - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تسريع تطوير مطار عوراه راي بالي

Pengembangan Bandara Ngurah Rai Dikebut

- الإعلانات -

0 217

دينباسار، إندونيسيا اليوم- تبدأ شركة أنغكاسا بورا العمل في مشروع تطوير مطار إي غوستي عوراه راي الدولي، بالي، وتقدر تكلفته بـ: 2.2 تريليون روبية قبل الاجتماع السنوي لصندوق النقد الدولي والبنك الدولي، أكتوبر 2018.

“نأمل أن يتم الانتهاء واستخدام المطار قبل شهر أكتوبر.”قال ذلك المدير العام لشركة  أنغكاسا بورا I مطار إي غوستي عوراه راي الدولي يانوس سوبرايوغي أثناء الاحتفال بالذكرى الرابعة والخمسين لشركة أنغكاسا بورا الأول في سانور دينباسار مساء يوم السبت / 24/22.

ويرى يانوس فإن هذه التريليونات من الروبية من أجل تطوير عدد من المرافق بما في ذلك تطوير الساحة في غرب وشرق المطار. ونتيجة لذلك، سيتم تطوير المحطات الأولى (VIP I و VIP II) التي في الغرب أو بالقرب من بيرتاميناسيتنقل إلى الجانب الشرقي من المطار على وجه التحديد بالقرب من محطة الشحن الدولية.

إن مركز عمليات التشغيل الأساسية لقاعدة عوراه راي سيتم نقلها إلى مكان قريب من محطة VIP الجديدة لتسهيل عمل الأمن. وكان المشروع في مرحلة التجهيز حاليا ومن ذلك مرحلة تجهيز مواقف الطائرات على الجانب الشرقي من المطار الجديد وقد وصلنا إلى حوالي 1.76%.

ومستقبلا سنستهدف موقف الطائرات لكي يكون فيه إضافة خاصة للطائرات الكبرى بحيث يكفي لأربع طائرات بعد التفريغ من المرافق في شرق المطار من بينها مواقف لطائرات ترافيرا، والشحنات المحلية وغيرها من المرافق.

بينما على الجانب الغربي من المطار سيكون هناك ست إضافات لـ”موقف الطائرات” الضخمة الذي هو حاليا في مرحلة التنسيق لعقود العمل. وأوضح يانوس أن الحاجة إلى الموقف كبيرة؛ نظرا لأنه لم يكن قادرا على استيعاب العديد من الفتحات بسبب ارتفاع الطلب من حوالي 70 شركة طيران وطنية ودولية التي تخدم رحلات بالي.

أما بالنسبة لقدرة استيعاب المحطات المحلية والدولية والمدارج في إحدى المطارات الأكثر ازدحاما في البلاد لا تزال كافية. نظرا لقيود قلة الأرض فتخطيطنا لتوسعة المطار عن طريق استصلاح من المناطق الساحلية غرب المطار تغطي مساحة حوالي 48 هكتارا.

قد يهمك: 5 نصائح للتمتع بغابات المانجروف في بالي

وقال يانوس :”التوسع فى هذا المطار سيكون من بعد الانتهاء من الهدف (تطوير المطارات) من قبل صندوق النقد الدولي”.

من بين 48 هكتارا من الأراضي في غرب المطار، حوالي 1.5 هكتار منها يوجد فيه إذن تحليل الأثر البيئي (أمدال) 2011 الذي سيتم أولا تنفيذ مشروع تطوير الموقف.

وقال  أما الباقى فإن تصريحه البيئي موجود من قبل وزارة البيئة والغابات ووزارة الشئون البحرية ومصايد الأسماك ومن المتوقع الحصول عليه في مارس من هذا العام. وقال يانوس :”فنحن نعمل للحصول على التصريح، وسنقوم بتنفيذ البناء. لقد عين الفائز من كاريا (المقاول) يوم الاثنين (26/2)  ثم سيبدأ عملية المزاد”.

وأضاف يانوس أن اجتماعات صندوق النقد الدولي والبنك الدولي من المقرر أن تعقد في أكتوبر 2018. وسيحضر فيها 17 ألف مندوب من 189 دولة من بينهم 34 رئيس دولة ومسؤولون ومسؤولون حكوميون آخرون.

قد يهمك: لا تزال بالي وجهة السياحية المفضلة لسياح الشرق الأوسط

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر | المصدر: ريفوبليكا

Denpasar, Indonesiaalyoum.com — PT Angkasa Pura I mulai mengerjakan proyek pengembangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, yang diperkirakan menelan anggaran Rp 2,2 triliun menjelang pelaksanaan pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, Oktober 2018.

“Kami berharap sebelum Oktober sudah bisa digunakan,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di sela-sela perayaan HUT ke-54 PT Angkasa Pura I di Sanur Denpasar, Sabtu malam (24/2).

Menurut Yanus, anggaran triliunan rupiah itu untuk mengembangkan sejumlah fasilitas di antaranya pengembangan apron di sebelah barat dan timur bandara. Akibatnya, terminal VIP I dan VIP II yang berada di sebelah barat atau di dekat Pertamina, akan dipindahkan ke sisi timur bandara tepatnya di dekat terminal kargo internasional.

Markas Base Ops Pangkalan Udara Ngurah Rai juga akan direlokasi agar berada dekat dengan terminal VIP baru untuk memudahkan pengamanan. Saat ini pengerjaan proyek memasuki tahapan pembuatan apron atau tempat parkir pesawat di sisi timur bandara yang baru mencapai sekitar 1,76 persen.

Nantinya di apron timur itu ditargetkan akan ada penambahan untuk parkir empat pesawat berbadan lebar, setelah sejumlah fasilitas di kawasan timur bandara dibongkar di antaranya hangar maskapai Travira, kargo domestik, dan fasilitas lainnya.

Sedangkan di sisi barat bandara, rencananya akan ada enam tambahan “parking stan” tempat parkir pesawat berbadan lebar yang saat ini sedang dalam persiapan kontrak pekerjaan. Yanus menjelaskan kebutuhan apron di bandara itu sangat mendesak mengingat pihaknya belum bisa banyak menampung slot karena tingginya permintaan dari sekitar 70 maskapai nasional dan internasional yang melayani penerbangan di Bali.

Sedangkan untuk daya tampung terminal domestik dan internasional dan landasan pacu di salah satu bandara tersibuk di Tanah Air itu saat ini masih memadai. Mengingat keterbatasan lahan, maka untuk perluasan bandara rencananya dilakukan dengan cara reklamasi atau mengurung wilayah pesisir di sebelah barat bandara seluas sekitar 48 hektare.

“Untuk perluasan bandara ini (digarap) setelah target (pengembangan bandara) untuk IMF itu selesai,” ucap Yanus.

Dari 48 hektare lahan di sebelah barat bandara tersebut, sekitar 1,5 hektare di antaranya sudah ada izin analisis dampak lingkungan (amdal) 2011 yang akan terlebih dahulu dikerjakan proyek pengembangan apron.

Sedangkan sisanya, kata dia, izin lingkungannya sudah ada di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang diharapkan izinnya keluar Maret tahun ini. “Kami paralel sambil urus izin, kami melaksanakan pembangunan. Senin (26/2) penetapan pemenang dari Karya (kontraktor) sudah melakukan pelelangan,” ucap Yanus.

Yanus menambahkan pertemuan IMF dan Bank Dunia dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2018. Rencananya dihadiri sekitar 17 ribu delegasi dari 189 negara termasuk 34 kepala negara dan pejabat serta petinggi negara lainnya

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares alBadr | Sumber: ROL

 

(14)

تعليقات
Loading...
Click Me