تطوير محطة 2 لمطار سوكارنو هاتا - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تطوير محطة 2 لمطار سوكارنو هاتا

Terminal 2 Soetta Dikembangkan Menjadi Bandara Berbiaya Rendah

- الإعلانات -

0 144

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – سيتم تطوير محطة 2 لمطار سوكارنو – هاتا الدولي إلى محطة نقل منخفضة التكلفة . سيتم استخدام هذا المطار لهبوط عدد من شركات الطيران ذات الميزانية المحدودة أو شركات الطيران منخفضة التكلفة .

ويتم ذلك تمشيا مع جهود وزارة السياحة لزيادة عدد السياح الأجانب القادمين إلى إندونيسيا. في بيان تلقته تيمبو من وزارة السياحة يوم الأحد 22 يوليو 2018 ، يستهدف وزير السياحة عارف يحيى ، حتى عام 2019 ، دخول 20 مليون سائح أجنبي إلى إندونيسيا من خلال أبواب مختلفة ، أحدها مطار منخفض التكلفة .

“لقد طلبنا من الرئيس جوكو ويدودو أنه لابد لنا أن نفتح في هذا الشهر مطار منخفض التكلفة. لقد قابلت السيد أول الدين مدير شركة أنكاسا بورا 2 ، واتفقنا على أنه من المرجح أن يتم تطوير مطار منخفض التكلفة في المبنى الثاني من مطار سوكارنو هاتا”. قال عارف في جاكرتا.

يتم ذلك كخطوة سريعة لزيادة عدد السياح الأجانب لزيارة إندونيسيا . وفقا لوزير السياحة ، زاد اقبال المسافرين الدوليين في المتوسط كل عام 13 في المئة. ومن بين هذه الأرقام ، فإن نسبة نمو المسافرين الذين يستخدمون خدمة الناقلات الكاملة لتبلغ 7 في المائة فقط.

وفي نفس الوقت ، تنمو خدمة التكلفة المنخفضة بسرعة أكبر ، وهي حوالي 55 في المائة سنوياً. “إن هذه االمحطة هي الأنسب لأن نمو حركة المرور لديها أعلى من 20 في المئة وتمشيا مع هدف نمو السياحة بنسبة 21 في المئة. في حين أنه إذا كنا نعتمد على خدمة الناقلات الكاملة فمن الصعب الاعتماد عليه ، “قال الوزير عارف .

إن شركات الطيران التي تستخدم المحطة ستخفض تكاليف التشغيل بنسبة 50 بالمائة. ومع ذلك ، من المتوقع زيادة عدد الزائرين إلى ضعفين .

حتى الآن ، هناك عديد من شركات الطيران التي لا ترغب في الهبوط في إندونيسيا. توجد 45 شركة طيران ، مثل إنديغو (الهند) و فيت جيت . إن تلك الشركات مترددة في الدخول لأن تكاليف تشغيل المطار مرتفعة للغاية.

مدير شركة أنكاسا بورا 2 محمد أول الدين قال أن أنكاسا بورا 2 كان في الواقع لديها محطة منخفضة التكلفة ، وهي محطة 1 من مطار سوكارنو-هاتا لكنها لم تعمل بشكل صحيح . “في المستقبل سنقوم برعاية المحطة الأولى لتنظم فيها الرحلات الداخلية منخفضة التكلفة التي تعمل بشكل كامل .و في حين أن في المحطة رقم 2 سيكون فيها تنظيم منخفضة التكلفة بالكامل للرحلات الداخلية والدولية “.

نجحت محطة منخفض التكلفة في تطوير قطاع السياحة في عدد من البلدان. مثل اليابان وتايلاند. بدأت اليابان تطوير هذا التنظيم منذ عام 2012. من خلالها ، نما عدد المسافرين الوافدين إلى اليابان من 2011 إلى 2015 بنسبة 33٪. في حين وصل في عام 2017 إلى 28.7 مليون سائح بأعلى معدل نمو في العالم.

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: تيمبو


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Terminal 2 Bandara Udara Internasional Seokarno-Hatta akan dikembangkan menjadi bandara low cost carrier terminal (LCCT). Bandara tersebut akan digunakan untuk mendarat sejumlah maskapai penerbangan bujet atau low cost carrier (LCC).

Hal ini dilakukan sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata meningkatkan kunjungan turis asing masuk Indonesia. Dalam rilis yang diterima Tempo dari Kementerian Pariwisata pada Minggu, 22 Juli 2018, Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan, sampai 2019, 20 juta wisman akan masuk ke Tanah Air melalui berbagai pintu, salah satunya LCCT.

“Kami diminta oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu sebulan ini harus memiliki LCCT. Saya sudah bertemu Pak Awaluddin (Direktur Utama PT Angkasa Pura II), kami sudah sepakat LCCT paling mungkin (dikembangkan) di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta,” kata Menpar Arief di Jakarta.

LCCT dibangun sebagai langkah cepat untuk menaikkan angka kunjungan wisman. Menurut Menpar, pertumbuhan penumpang internasional rata-rata setiap tahun meningkat 13 persen. Dari angka tersebut, pertumbuhan penumpang yang menggunakan layanan full service carriers (FSC) hanya 7 persen.

Sementara itu, LCC bertumbuh lebih pesat, yakni sekitar 55 persen per tahun. “Terminal LCC paling tepat karena pertumbuhan trafiknya di atas 20 persen dan sejalan dengan target pertumbuhan pariwisata 21 persen. Sedangkan kalau mengandalkan FSC sulit diandalkan,” kata Menpar Arief.

Maskapai yang mendarat di terminal LCC memang akan memotong biaya operasional hingga 50 persen. Namun, trafik pengunjungnya diprediksi bisa meningkat hingga dua kali lipat.

Selama ini, ada beberapa maskapai yang enggan mendarat di Indonesia. Jumlahnya ada 45 maskapai, seperti Indigo (India) dan Vietjet. Maskapai tersebut enggan masuk lantaran biaya operasional bandara terlalu tinggi.

Adapun Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan PT Angkasa Pura II sebenarnya telah memiliki LCCT, yakni di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Namun belum terkosentrasi menjadi full LCCT. “Ke depannya kami programkan Terminal 1 menjadi full LCCT penerbangan domestik. Sedangkan Terminal 2 full LCCT untuk penerbangan domestik dan internasional,” ucapnya.

LCCT berhasil memajukan sektor pariwisata sejumlah negara. Semisal Jepang dan Thailand. Jepang telah memulai pengembangan LCCT sejak 2012. Dengan mengembangkan LCCT, wisatawan inbound ke Jepang sejak 2011 hingga 2015 tumbuh 33 persen. Sedangkan pada 2017 mencapai angka 28,7 juta turis dengan pertumbuhan tertinggi di dunia.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaiqi | Sumber: Tempo

(7)

تعليقات
Loading...
Click Me