إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تعاون بين إندونيسيا وإيران في مجال النفط والغاز

Indonesia-Iran Diharapkan Dapat Tingkatkan Kerja Sama Migas

- الإعلانات -

0 171

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قال عضو اللجنة السابعة لمجلس النواب الإندونيسي، فاضل محمد، يأمل في أن تتمكن إندونيسيا من تعزيز التعاون مع إيران في مجال النفط والغاز (النفط والغاز). جاء ذلك أثناء استقبال وفد البرلمان الإيراني في صالة مبنى نوسانتارا الثالث، الدور الثاني، سينايان، جاكرتا، الخميس (8/3).

قد يهمك: استقطاب اندونيسيا للسياح البرتغالية عبر معرض السياحة بي تي ل 2018

وبحسب فاضل، فالتعاون حاليا بين اندونيسيا وإيران في مجال النفط والغاز. بداية من استيراد الغاز المسال والغاز من إيران. وكذلك وقعت الشركات الإندونيسية ى إيران  صفقة إجمالية لا تزيد عن 300 مليون دولار أمريكي (الولايات المتحدة).

“لكن في الواقع يمكن تحسينها أكثر، وأعتقد أن الإستثمارات يمكن أن تزيد على مليارين حتى ثلاثة مليارات دولار أمريكي سنوياً”. قاله فاضل.د

قد يهمك: اندونيسيا واليابان يرأسان اجتماع منظمة التعاون الاقتصادي والتنمية

وواصل فاضل، عندما رافق وزير الاقتصاد ووزير الطاقة والثروة المعدنية الإندونيسية في زيارة إلى إيران في وقت سابق، إصرّح ن إيران بحسب وزير الاقتصاد سوق جديد، وجيد لإندونيسيا. ومع ذلك ، لم يتم تنفيذ هذا بالكامل من قبل الحكومة الاندونيسية.

لا يزال الرئيس جوكوي يفكر بشأن العقوبات الاقتصادية التي فرضتها الولايات المتحدة على إيران. لذا يجب أن تمر جميع المعاملات إلى إيران أولاً عبر دبي أو تركيا.

قد يهمك: باليمبانغ تروج الألعاب الآسيوية في بورصة برلين للسياحة

“كانت الحكومة تبدأ العمل مع البنوك الموجودة في إندونيسيا، مثل بنك جاوة الغربية، والعديد من البنوك القائمة الأخرى. وفي غضون ذلك، لم يتحرك بنك إندونيسي ووهيئة الخدمات المالية اي خطوات. وهذه هي المشكلة التي تصعب على اندونيسيا بزيادة التعاون مع إيران، على الرغم من كونها سوقا جديدا لإندونيسيا،” بحسب فاضل.

وهناك وضع مختلف في الدول المجاورة لإندونيسيا كماليزيا وتايلاند. إن المعاملات التجارية بين البلدين الجارين مع إيران أعلى بكثير من إندونيسيا. بل كل البلدين استطاع أن تفتح رحلات حوية مباشرة من بلاده إلى طهران (إيران). في حين أن إندونيسيا ليس لديها رحلات مباشرة إلى إيران.

قد يهمك: لماذا يجب أن تكون السردين داخلة في قائمة الطعام

عند رؤية هذا الوضع، أعرب وفد البرلمان الإيراني بقيادة محمود صادقي عن أمله في أن تحسن إندونيسيا التعاون مع بلده. ليس فقط في قطاع النفط والغاز، ولكن أيضا في قطاع السياحة. ومن وسائلها فتح رحلات جوية مباشرة من إندونيسيا إلى طهران.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشيقي | المصدر:  صحيفة ريفوبليكا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fadel Muhammad berharap Indonesia dapat lebih meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas bumi (migas) dengan Iran. Hal tersebut diungkapkannya saat menerima kunjungan delegasi Parlemen Iran di Lounge Gedung Nusantara III, Lantai II, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3) lalu.

Saat ini menurut Fadel, memang sudah terjalin kerja sama antara Indonesia dengan Iran termasuk di bidang migas. Salah satunya dengan pembelian elpiji dan gas dari Iran. Begitupun dengan perusahaan-perusahaan Indonesia yang akan masuk ke Iran. Dengan total transaksi tidak lebih dari 300 juta dolar Amerika Serikat (AS).

“Namun sebenarnya hal tersebut bisa lebih  ditingkatkan lagi, menurut saya potensinya bisa lebih dari dua hingga tiga miliar dolar per tahunnya,” ujar Fadel.

Bahkan dilanjutkannya, saat ia bersama Menko Ekonomi serta Menteri ESDM Indonesia mengunjungi Iran beberapa waktu lalu, sempat dikatakan oleh Menteri Ekonomi bahwa Iran merupakan pasar baru, pasar yang cukup potensial bagi Indonesia. Namun hal tersebut belum dilaksanakan seutuhnya oleh pemerintah Indonesia.

Presiden masih khawatir dengan sanksi ekonomi yang diberikan Amerika Serikat terhadap Iran. Sehingga seluruh transaksi ke Iran, terlebih dahulu harus melalui Dubai atau Turki.

“Pemerintah sudah mensiasati dengan bank-bank yang ada di Indonesia, seperti BJB (Bank Jawa Barat) dan beberapa bank yang ada lainnya. Sementara Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) belum berani mengambil langkah. Kondisi inilah yang membuat Indonesia sulit meningkatkan kerja sama dengan Iran, meskipun merupakan market baru untuk Indonesia,” paparnya.

Hal yang berbeda justru terjadi pada negara tetangga Indonesia yakni Malaysia dan Thailand. Transaksi bisnis kedua negara tetangga Indonesia itu dengan Iran jauh di atas Indonesia. Bahkan kedua negara tersebut sudah mampu membuka direct flight (penerbangan langsung) dari negaranya ke Teheran (Iran). Sementara Indonesia belum ada penerbangan langsung ke Iran.

Melihat kondisi demikian, Delegasi Parlemen Iran yang dipimpin Mahmoud Sadeghi berharap agar Indonesia mau meningkatkan hubungan kerja sama dengan negaranya. Tidak hanya di sektor migas, melainkan juga di sektor pariwisata. Salah satunya dengan membuka penerbangan langsung dari Indonesia ke Teheran.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor: Talal alSahiqi | Sumber: Republika

 

(26)

تعليقات
Loading...
Click Me