إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

تعرف على الشاي الأزرق وفوائده

Mengenal Teh Biru dan Manfaatnya

- الإعلانات -

0 187

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – الحديث عن الشاي ، كثيرا ما يشير مباشرة إلى الشاي الأخضر أو ​​الشاي الأسود. فهل تعلم، أن هناك أنواعا أخرى من الشاي، أجل إنه الشاي الأزرق.

الشاي الأزرق هو في الواقع ليس مشهورا جدا في إندونيسيا. ومع ذلك، يحتوي هذا المشروب على رائحة زهرية مميزة ويعطي إحساسًا مماثلًا للشاي الأخضر.

نقلاً عن إندياتايمز يوم الأربعاء (06/06/2018) ، يتكون هذا الشاي الأزرق من الزهور أو بذر تيرناتي وأصله من جنوب شرق آسيا، منها إندونيسيا.

وفقا لكوشال دوجار ، المؤسس والرئيس التنفيذي لـ Teabox.com، هناك العديد من الفوائد الصحية التي يمكن الحصول عليها من الشاي الأزرق. منها كالآتي:

1.مضادات الأكسدة

ومن أبرز فوائد الشاي الأزرق أنه غني بمضادات الأكسدة. هذه المركبات تساعد الجسم على محاربة الجذور الحرة السامة ويمكن أن تسبب الشيخوخة المبكرة. هذا بالتأكيد وسيلة جيدة لإزالة السموم من الجسم.

2.إزالة مرض السكري

يمكن للشاي الأزرق المستهلك عن طريق تناول الطعام أن يعوق امتصاص الغلوكوز من الطعام ويخفض نسبة السكر في الدم.

تساعد مضادات الأكسدة في الشاي أيضًا على تقليل خطر العدوى التي تسبب مرض السكري. إنه أيضا رائع لصحة القلب.

3.الشعر والبشرة

المواد المضادة للأكسدة هي أيضا جيدة للشعر والبشرة. بالإضافة إلى ذلك، يحتوي الشاي الأزرق أيضًا على العديد من الفيتامينات والمعادن التي تجعلها تبدو بشكل أفضل ولا يسرع الشيخوخة.

4.تنشيط وزيادة نشاط الدماغ

زهرة تيلانج هي الزهرة  التي تقدر على تحسين القدرات المعرفية البشرية. ومن الواضح أن هذا يفيد نضارة الدماغ وأنشطته ووظائفه.

5.يخفف القلق والاكتئاب

وفقا للبحوث، يمكن للشاي الأزرق تخفيف التوتر والحد من أعراض اضطرابات القلق.

6.الجمال

زهرة تيلانج لديها خصائص جيدة لإزالة نسبة السكر في الدم لمنع شيخوخة الجلد. يحتوي الشاي الأزرق أيضًا على فلافونيدات تعزز نمو الكولاجين وتعزز مرونة الجلد.

كما أنها جيدة للشعر لأنها تحتوي على الأنثوسيانينات الذي يزيد من تدفق الدم في فروة الرأس وبالتالي تقوي خصلات الشعر.

7.خفض خطر الإصابة بالسرطان

مضادات الأكسدة في زهرة تيلانج قادرة أيضاً على تقليل التلف الكبير لخلايا الجسم.

كلما انخفض فساد الخلايا، كلما انخفضت مخاطر جميع أنواع السرطان.

8.للأشخاص الذين يعانون من مرض السكري

وفقا لدراسة، يمكن لأوراق بذر تيرناتي التقليل من مرض السكري.

هذا يرجع إلى إعاقة تناول الجلوكوز في الأطعمة وهو مفيد للأشخاص الذين يعانون من مرض السكري من النوع2 .

المترجم: أحمد شكري | المحرر: فارس البدر  | المصدر: ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Berbicara mengenai teh, ornag biasanya langsung menyebut teh hijau atau teh hitam. Tahukah Anda, ada loh jenis teh lain, yaitu teh biru.

Teh biru ini memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, minuman ini memiliki aroma bunga yang khas dan memberikan sensasi yang mirip dengan teh hijau.

Mengutip Indiatimes pada Rabu (6/6/2018), teh biru ini terbuat dari kembang telang atau clitoria ternatea yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Menurut Kausshal Dugarr, pendiri dan CEO Teabox.com, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari teh biru. Berikut di antaranya:

1. Antioksidan

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari teh biru adalah kaya antioksidan. Senyawa ini membantu tubuh melawan radikal bebas yang beracun dan bisa menyebabkan penuaan dini. Ini jelas merupakan cara yang baik bagi detoksifikasi tubuh.

2. Anti-diabetes

Teh biru yang dikonsumsi sela waktu makan mampu menghambat asupan glukosa dari makanan dan menurunkan gula darah.

Antioksidan dalam teh juga membantu menurunkan risiko infeksi yang menyebabkan diabetes. Itu juga bagus untuk kesehatan jantung.

3. Rambut dan kulit

Antioksidan juga bagus untuk rambut dan kulit. Selain itu, teh biru juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang membuat keduanya tampak lebih baik dan tidak cepat menua.

4. Memberikan energi dan tingkatkan aktivitas otak

Kembang telang adalah bunga yang bersifat nootropok atau mampu meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Ini jelas bergua bagi kesegaran otak serta aktivitas dan fungsinya.

5. Meredakan kecemasan dan depresi

Menurut penelitian, teh biru bisa meredakan stres dan menurunkan gejala gangguan kecemasan.

6. Kecantikan

Kembang telang memiliki sifat anti-glikasi yang baik utuk mencegah penuaan kulit. Teh biru juga memiliki flavonoid yang meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mempercepat elastisitas kulit.

Ini juga baik untuk rambut karena mengandung antosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga memperkuat folikel rambut.

7. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan dalam kembang telang juga mampu meminimalkan kerusakan besar pada sel-sel tubuh.

Makin rendah kerusakan sel, makan risiko semua jenis kanker juga ikut menurun.

8. Bagi orang dengan diabetes

Menurut sebuah penelitian, daun clitoria ternatea mampu menurunkan diabetes pada tikus.

Ini karena terhalangnya asupan glukosa pada makanan dan bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2.

Penerjemah: Ahmad Syukri | Editor: Fares Al Badr| Sumber: Merdeka

(12)

تعليقات
Loading...
Click Me