[REQ_ERR: OPERATION_TIMEDOUT] [KTrafficClient] Something is wrong. Enable debug mode to see the reason. تعرف على سياحة البراكين في إندونيسيا - indonesiaalyoum.com

تعرف على سياحة البراكين في إندونيسيا

 6 Kawah Berpemandangan bak Lukisan di Indonesia Keharmonisan

545

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – بعد الثوران يوم الجمعة (29/7)، لا يزال لا يسمح للسكان عدم الاقتراب من جبل تانغكوبان باراهو. لا يمكن القيام بالأنشطة السياحية إلا بعد سماح رسمي من الحكومة المركزية.

تانغوبان باراهو لا يعتبر البركان السياحي الوحيد بإندونيسيا، لأنه يقع في حلقة النار، في الحقيقة هناك الكثير من الفوهات البركانية الضخمة التي يمكن الذهاب إليها.

السياح الذين يودون الذهاب إلى فوهة الجبل يمكنهم التخطيط أولاً و اختيار الشهر المناسب للسياحة.

ولا تنسى تتبع التوجيهات الرسمية من المراكز الحكومة بشأن الأمن.

وتذكر ألا تأخذ الصور بالقرب من الفوهة لأن هناك العديد من الضحايا نتجة عدم الانتباه للخطر وعدم المبالاة بسلامهم.

1.  الفوهة البيضاء جيويداي، جاوى الغربية (Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat)

 

 

تكونت هذه الفوهة إثر ثوران جبل باتوها (Patuha) الذي تسبب بوجود كبريت أبيض بكمية كبيرة في الفوهة.

تقع الفوهة على بعد 50 كم جنوب باندونغ بالقرب من سيتو باتينغغانغ.

لجمال هذه الفوهة أصبحت المكان المفضل لدى العديد من الرفقاء يلتقطون صورًا تذكارية فيها ولصور العرس كذلك. فيلم “القلب Heart ” فيلم بطولة إروانشاه، نيرينا زبير، وأجا سيبترياسا، قد تم تصويره هنا أيضا.

مستقلي السيارات من جاكرتا يمكنهم الوصول إليها عبر جبولارانغ ويخرج من بوابة كيوب، ثم يستمر متجهًا نحو سوريانغ حتى جويدي (Ciwidey).

 

 2.  فوهة إيجين، جاوى الشرقية (Kawah Ijen, Jawa Timur)

 

 

 

إضافة إلى السياح المحليين، هناك سياح من خارج البلاد يأتون لرؤية مشهد النار الزرقاء الذي يتواجد فقط بإندونيسيا و أيسلندا.

للذين يرغبون في زيارة جبل إيجين ينصحون بالمشاركة في الجولات السياحية المنظمة من بانيوانغي (Banyuwangi).

إلى جانب فوهة إيجين يمكن للسياح استكشاف بانيوانغي (Banyuwangi) كالذهاب إلى الحديقة الوطنية بالوران (Baluran) أو الغوص بشاطئ بانغسرينغ (Bangsring)


3. فوهة كاليموتو، نوسا تينغارا الشرقية (Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur)

 

 

للذي لم يصدق بعد أن إندونيسيا لديها نصيب الأسد من المناظر الطبيعية المميزة. تعال وألقِ نظرة على فوهة كاليموتو.

تفع الفوهة في قمة جبل كاليموتو، فلوريس. للفوهة ثلاث ألوان تتغير بحسب المناخ، تارة زرقاء – خضراء – سوداء وتارة بيضاء – حمراء – زرقاء.


4. فوهة سيكيدانغ يينغ، جاوا الوسطى (Kawah Sikidang Dieng, Jawa Tengah)

 

 

الفوهة بها منظر طبيعي خلاب، حيث يظهر الغاز من باطن الأرض متنقل كحيوان الأيل كما يقول السكان المحليون بسيكيدانغ.

ليس المناظر الطبيعية الفريدة فحسب، تتمتع ديينغ (Dieng) أيضًا بإطلالة جميلة. إذا مللت الإقامة في أحد الفنادق، فلا مانع من التخييم في جبل براو (Gunung Prau).


5. فوهة غالونغونغ، جاوا الغربية (Kawah Galunggung, Jawa Barat)

 

بخلاف تانغكوبان باراهو، وجيويدي، وباباندايان. بجاوا الغربية أيضًا فوهة غالونغونغ (Galunggung) الواقعة بتاسيكمالايا (Tasikmalaya)

يمكن الوصول إلى جبل غالونغونغ (Galunggung) من قرية جيسايونغ (Cisayong) خلال 30 دقيقة، هذا الجبل هو أحد مناجم الرمال بإندونيسيا.

المناظر حول هذه الفوهة خضراء ومنعشة، ويمكن إقامة خيمة فيه أيضًا.

 

6. فوهة برومو، جاوا الشرقية (Kawah Bromo, Jawa Timur)

 

العلم و الأساطير في برومو. فالجبل لا يزدحم بالمتسلقين فقط، بل غالبًا ما يأتي إليه الباحثون من أنحاء العالم لمشاهدة الظاهرة الثقافية لقبيلة تينجر(Tengger) والثراء الكبيرتي بالجبل.

الوصول إلى فوهة برومو (Kawah Bromo) ليس صعبًا، الطريق لطيف إلى حدٍ ما. يمكن للمتسلقين المبتدئين الوصول إلي الفوهة بسهولة.

 

المترجمة : فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا

Jakarta, Indonesiaalyoum.com — Setelah erupsi pada Jumat (29/7), masyarakat masih diminta tak mendekati Gunung Tangkuban Parahu. Kegiatan wisata baru bisa kembali dilaksanakan setelah ada imbauan resmi dari pemerintah pusat.

Tangkuban Parahu bukan satu-satunya destinasi wisata kawah yang ada di Indonesia. Karena berada di “cincin api”, sebenarnya ada banyak kawah-kawah yang sarat legenda dan edukasi yang bisa dikunjungi.

Bagi turis yang berencana wisata ke kawah-kawah gunung ini bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai bulan tepat berkunjung.

Jangan lupa juga mengindahkan imbauan resmi dari pemerintah pusat terkait keamanan berkunjung.

Tak ketinggalan, jangan berada terlalu dekat dengan kawah demi berfoto, karena sudah banyak korban jiwa yang berjatuhan akibat tak acuh terhadap peringatan bahaya.

1. Kawah Putih Ciwidey, Jawa Barat

Kawah ini tercipta akibat letusan Gunung Patuha, yang menyebabkan kawahnya mengandung belerang berwarna putih.

Kawah ini berada 50 km ke selatan Bandung, tak jauh dari Situ Patenggang.

Kecantikan kawah ini membuat banyak pasangan yang menjadikannya lokasi foto pra-pernikahan. Film ‘Heart’ yang dibintangi oleh Irwansyah, Nirina Zubir, dan Acha Septriasa juga syuting di sini.

Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta bisa masuk Tol Cipularang dan keluar di Pintu Tol Kopo, lalu melanjutkan perjalanan ke Soreang hingga Ciwidey.

2. Kawah Ijen, Jawa Timur

Selain turis domestik, kawah ini juga ramai didatangi oleh turis mancanegara yang ingin melihat fenomena ‘blue fire’ atau api biru, yang hanya ada dua di dunia: Indonesia dan Islandia.

Bagi yang berencana ke sini sebaiknya ikut tur wisata yang ramai diselenggarakan dari Banyuwangi.

Selain ke Kawah Ijen, nantinya turis juga bisa mengeksplorasi Banyuwangi, seperti ke Taman Nasional Baluran atau menyelam di Pantai Bangsring.

3. Kawah Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Bagi yang masih belum percaya kalau Indonesia memiliki segudang fenomena alam yang unik, cobalah datang ke Kawah Kelimutu.

Kawah yang berada di puncak Gunung Kelimutu, Flores, ini memiliki tiga warna dan berubah sesuai cuaca, terkadang biru-hijau-hitam dan terkadang putih-merah-biru.

4. Kawah Sikidang Dieng, Jawa Tengah

Di kawah ini ada fenomena alam berupa munculnya gas bumi yang berpindah-pindah bak hewan kijang atau dalam bahasa lokal disebut sikidang.

Bukan cuma punya fenomena alam unik, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki pemandangan yang cantik. Kalau bosan menginap di hotel, tak ada salahnya berkemah di Gunung Prau.

5. Kawah Galunggung, Jawa Barat

Selain Tangkuban Parahu, Ciwidey, dan Papandayan, Jawa Barat juga memiliki Kawah Galunggung yang tepatnya berada di Tasikmalaya.

Gunung Galunggung bisa dijangkau dari Desa Cisayong sekitar 30 menit. Gunung ini merupakan salah satu tambang pasir di Indonesia.

Pemandangan di sekitar Kawah Galunggung sangat hijau dan sejuk. Di sekitarnya juga bisa berkemah.

6. Kawah Bromo, Jawa Timur

Legenda dan ilmu pengetahuan berpadu menjadi satu di Bromo. Bukan cuma ramai didatangi pendaki, gunung ini juga sering didatangi peneliti dari berbagai belahan dunia untuk menyaksikan fenomena budaya Suku Tengger dan kekayaan belerangnya.

Menggapai Kawah Bromo tidak terlalu sulit, karena medannya terbilang landai. Pendaki pemula bisa dengan mudah mendatanginya.

تعليقات
Loading...