تَعرف على 6 مناطق سياحية خلابة في باندونج..

Selain Tangkuban Parahu, Ada 6 Kawasan Wisata Alam Menarik di Bandung

478

 جاكرتا، إندونيسيا اليوم – حدث ثوران بركاني بجبل تانغكوبان باراهو (Tangkuban Parahu) بسوبانغ، في جاوا الغربية في باندونج الشمالية في الساعة 15.48 بتوقيت غرب إندونيسيا، بتاريخ 26 يوليو 2019. ووصل ارتفاع الرماد إلى 200مترا فَوق القِمة.

بسبب هذه الحادثة، مُنع السكان والسياح والمتسلقين المتواجدين بالقرب من جبل تانغكوبان باراهو مِن النزول والإقتراب من سَفح فوهة راتو (kawah Ratu) وأوباس (Kawah Upas).

ومُنِعو أيضا من المبيت في مواقع الفوهات النشطة المتواجدة بمنطقة جبل تانغكوبان باراهو. فالبنسبة لمن يخطط قضاء عطلة في هذه المنطقة ، بالتأكيد عليه إلغاء الرحلة.

ولكن إذا مازلت ترغب بقضاء العطلة بباندونغ أو أنك متواجد حاليا بباندونغ هناك مواقع سياحية أخرى جذابة. سَوف نَعرض لك 6 مواقع سياحية طبيعية جذابة مقترحة في باندونغ.

الفوهة البيضاء (Kawah Putih)

من ناحية باندونغ الجنوبية يوجد موقع سياحي طبيعي حيثما توجد الفوهة البيضاء في منطقة جيويدي (Ciwidey)، محافظة باندونغ. إذا ذهبت لهذه المنطقة يمكنك التمتع بجو منعش في وسط الغابة.

تبدو الفوهة بلون أبيض مائل للأزرق مع رمال بيضاء ممتدة ومناسبة لمحبي التصوير. إلى جانب ذلك بالقرب من الفوهة يوجد جزر مِ الرمال التي يُمكن للسياح استكشافها.

جمال هذه المنطقة تمكن من ابهار العديد من الناس، وقد تم استخدامها عدة مرات كموقع تصوير فيلم وفيديو كليب وتصوير للعرسان. تبدأ هذه المنطقة في الخدمة  من 7 صباحا حتى 5 مساء.

سيتو باتينغغانغ (Situ Patenggang)

تَقع  في منطقة ليست بعيدة عن الفوهة البيضاء، حيث أنها لا يقل جاذبية عن غيرها. مناظر الجبال ومزارع الشاي أصبحت سبب جاذبية سيتو باتينغغانغ. فهي تشتهر أيضا بقصتها الأسطورية.

اسم سيتو باتينغغانغ مأخوذ من كلمة “باتييانغ-باتييانغ” التي تعني البحث عن بعضنا البعض”، أسطورة سيتو باتينغغانغ لا تمكن فصلها عن قصص الحب. يقع سيتو باتينغغانغ حوالي 5 كيلومتر تقريبا مِن الفوهة البيضاء.

إلى جانب مناظر الجبال ومزارع الشاي تعرف سيتو باتينغغانغ ببحيرتها، وبها مرافق أخرى يمكن التمتع بها كالإستراحة، والسكن، والجازيبو، وأماكن بيع الهدايا التذكارية، ومسجد، والكثير.

للذهاب إلى سيتو باتينغغانغ يمكن الاستعانة بالمواصلات العامة أو الخاصة. وتذكرة الدخول له غير باهظة الثمن.

حمام الينابيع الساخنة جياتير (Pemandian Air Panas Ciater) 

سياحة الينابيع الساخنة جياتير.

موقع حمام الينابيع الساخنة هذه في غاية الشهرة. حمام الينابيع الساخنة جياتير يقع بقرية ناغراك منطقة سوبانغ التي تبعد 5 كلم من جبل تانغكوبان باراهو.

منبع المياه الساخن هذا يعتبر موقع سياحي بباندونغ وهو معروف منذ فترة طويلة وهو الوجهة المفضلة للعديد من الأشخاص. ويستفاد منها أيضا بشكل صحي، لأنه قد تم اختبار ماءه ووجد على أنه يحتوي على عناصر مفيدة للجسم.

وجاذبيته الآن ليس فقط في مياهه الساخن ولكن لوجود المرافع الرياضية فيه، والألعاب، والمطاعم.

غير أن موقعه المريح مناسب لقضاء وقت الراحة مع الأصدقاء والأسرة، وجوه النقي مفيد جدا للصحة، إلى جانب ذلك يمكن التمتع بالمناظر الخضراء لمزرعة الشاي الشاسعة.

قرية الخيزران بارك عائلة ليسوري (Dusun Bambu Family Leisure Park)

قرية الخيزران بارك عائلة ليسوري (Dusun Bambu Family Leisure Park) عبارة عن إستراحة ووجهة سياحية متواجدة على سفح جبل بورانغرانغ، جيساروا، ليمبانغ. يمكن رؤية  هذه الوجهة من خلال البحيرة الكبيرة المحيطة بالجبال والبيوت المبنية من الخيزران على حافته.

لرومانسية مناظرها فليس من الغريب إذ أصبحت مكانا لتصوير الأعراس، و منطقة قرية الخيزران بارك عائلة ليسوري (Dusun Bambu Family Leisure Park) تعتبر واحد من الوجهات المتواجدة بليمبانغ التي يفضلها السياح.

يعرض هذا الموقع سياحة طبيعية وأطباق ومرافق كالألعاب. مع أماكن تصوير جميلة لمحبي التصوير.

سياحة ماريبايا (Taman Wisata Maribaya)

العديد من أماكن تصوير سياحة ماريبايا متواجدة بكثرة في الانستغرام

اشتهر بشلال جوروغ ماريبايا (air terjun Curug Maribaya)، وجهة سياحية تقع بطريق ماريبايا، ليمبانغ، باندونغ الغربية. إلى جانب سهولة الوصول إليها من ليمبانغ، يمكن الوصول إليها عبر مسار أحادي من حديقة الغابة.

في هذا الموقع يمكن التجول عبر الغابة والتمتع بجو الجبال. وبالقرب من الشلال، ستشعر بالانتعاش وببرودة قطرات مياه الشلال التي تلامس الجسم، والتمتع بجو الغابة الطبيعية.

ولهذه الوجهة ينبوع مياه ساخن للأقدام المتعبة بعد السير الطويل، ويعتقد ان مياهها مفيدة للصحة وأمراض الجلد.

مزرعة شاي مالابار (Perkebunan Teh Malabar)

مزرعة شاي مالابار (Perkebunan Teh Malabar) عبارة عن مزرعة شاسعة متواجدة على المنحدرات المرتفعة مع جو طبيعي وخلفية جبال خلابة مناسبة لتكون مكان للتصوير.

هنا ستجد هضبات من مزرعة الشاي الخضراء. يمكن التجول فيها مشيا على الأقدام أو التجول بالدراجات النارية.

تقع أكبر وأوسع المزارع في المدينة التي تقع على بعد 10 دقائق من سوق بانغالينغان (Pangalengan) في باندونغ، حتى تعثر على بوابة المدخل. وأصبح كارل رودولف بوششا (Karel Rudolf Bosscha)، مؤسس المزرعة شخصية مهمة لا ينسى.

بالإضافة إلى طبيعتها الخلابة، و نقاء الهواء فيها ونظافته، توجد مجموعة من شجيرات الشاي المصفوفة بدقة، تجعلها نقطة جاذبية رئيسية للسياح. لذلك إلى جانب منطقة تانغكوبان باراهو (Tangkuban Parahu)، لا يزال هناك العديد من المناطق السياحية الطبيعية الأخرى المثيرة للاهتمام في باندونغ جاوا الغربية.

المترجمة : فتحية غزالي | المحرر: محمد علي | المصدر: وكالة ليبوتان الإخبارية


Jakarta, IndonesiaAlyoum.com – Kawasan wisata di Bandung Utara, Gunung Tangkuban Parahu di Subang, Jawa Barat mengalami erupsi pukul 15.48 WIB, Jumat , 26 Juli 2019. Kolom abunya mencapai ketinggian sekitar 200 meter di atas puncaknya.

Situasi tersebut membuat masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu baik pengunjung, wisatawan maupun pendaki tidak diperbolehkan turun mendekati dasar kawah Ratu dan Kawah Upas.

Mereka juga tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam komplek Gunung Tangkuban Parahu. Buat Anda yang sudah berencana menghabiskan liburan di kawasan tersebut, tentu harus membatalkan rencana tersebut.

Tapi kalau ingin tetap ke Bandung atau sudah berada di sekitar Bandung, masih ada sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ada enam rekomendasi tempat wisata alam menarik di kawasan Bandung.

Kawah Putih

Di arah Bandung Selatan ada Taman Wisata Alam Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kalau mengunjungi tempat ini, Anda dapat menikmati udara sejuk di tengah hutan.

Kawahnya tampak berwarna putih kebiruan dengan pasir putih terhampar cocok bagi yang suka mengabadikan gambar dengan kamera. Selain itu di sekitar kawah putih juga terdapat pulau-pulau pasir yang bisa dijelajahi pengunjung.

Keindahan tempat ini berhasil memukau banyak orang dan sudah beberapa kali digunakan sebagai tempat syuting film dan video klip serta pemotretan pre-wedding.  Jam operasional destinasi wisata alam ini dimulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Situ Patenggang

Tidak jauh dari Kawah Putih, terdapat wisata Situ Patenggang yang juga tidak kalah menarik. Suasana pegunungan dan perkebunan teh, menjadi daya tarik Situ Patenggang. Salah satu tempat wisata di Ciwidey ini juga terkenal akan legenda yang ada di sana.

Nama Situ Patenggang berasal dari kata pateang-teang yang berarti saling mencari. Legenda Situ Patenggang memang tidak lepas dari sebuah cerita percintaan. Situ Patenggang terletak kurang lebih 5 kilometer dari wisata Kawah Putih.

Selain hamparan pegunungan dan kebun teh, Situ Patenggang juga terkenal akan danaunya.Fasilitas lain juga dapat kamu nikmat seperti restoran, penginapan, gazebo, toko souvenir, masjid, dan masih banyak lagi.

Untuk menuju ke Situ Patenggang, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Tiket masuk menuju tempat wisata ini juga cukup terjangkau.

Pemandian Air Panas Ciater

Wisata air panas Ciater (sumber: IndonesiaKaya)

Tempat pemandian air panas ini sudah sangat terkenal. Pemandian Air Panas Ciater terletak di Desa Nagrak, Kabupaten Subang yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Gunung Tangkuban Parahu.

Sumber air panas ini merupakan tempat wisata di Bandung ini sudah lama jadi favorit banyak orang.  Kawasan wisata air ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan karena airnya yang sudah di teliti mengandung unsur-unsur yang baik bagi tubuh.

Daya tarik wisatanya sekarang bukan hanya kolam air panas. Ada berbagai wahana, fasilitas olahraga, camping ground, outbond, sampai spa dan restoran.

Selain lokasinya sangat nyaman dan bisa dijadikan tempat hang out bersama teman dan keluarga, udaranya pun sejuk dan sangat bagus untuk kesehatan. Selain itu, kita dapat melihat hamparan hijaunya kebun teh yang luas.

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park adalah sebuah resor dan juga tempat wisata yang berada di kaki Gunung Burangrang, Cisarua, Lembang. Keunikan yang dimiliki tempat wisata ini bisa kamu lihat dari sebuah danau besar yang dikelilingi bangunan pondokan yang terbuat dari bambu di tepiannya.

Karenna pemandangannya yang sangat romantis itu, tak heran jika tempat ini juga sering digunakan untuk foto pre-wedding. Kawasan Dusun Bambu merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang banyak disukai wisatawan.

Lokasi ini menawarkan wisata alam dan kuliner yang dilengkapi berbagai wahana permainan. Tak ketinggalan spot-spot cantik untuk penggila swafoto maupun fotografi.

Taman Wisata Maribaya

Berbagai spot di The Lodge Maribaya yang eksis di instagram (wisatajabar.com)

Terkenal dengan air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat. Selain dapat diakses dengan mudah melalui Lembang, taman ini juga bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Di tempat ini Anda bisa berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Begitu mendekati air terjun, anda akan langsung bisa merasakan betapa dingin dan segarnya percikan air yang mengenai tubuh disertai aroma hutan nan alami.

Untuk mengistirahatkan kaki yang letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas, yang juga diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar adalah hamparan kebun teh di dataran tinggi dengan suasana asri dan latar belakang pegunungan yang sangat menarik untuk jadi spot foto yang memukau.

Undakan-undakan perkebunan teh yang kaya dengan warna hijau bisa ditemukan di tempat ini. Di perkebunan teh ini Anda cukup bebas untuk berkelana baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan.

Perkebunan yang paling luas dan besar di kota yang berikonik Gedung Sate ini ini terletak sekitar 10 kilometer dari Pasar Pangalengan, Bandung, hingga menemukan gerbang masuk.  Karel Rudolf Bosscha yang dianggap sebagai pendiri perkebunan menjadi sosok penting yang akan selalu dikenang.

Selain alamnya yang asri, udara yang bersih dan segar, serta hamparan pohon-pohon teh yang berbaris rapi, menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Jadi selain kawasan Tangkuban Parahu, masih banyak kawasan wisata alam menarik lainnya di Bandung, Jawa Barat.

تعليقات
Loading...