إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جارودا إندونيسيا تسرح 181 طيارًًا

181 Pilot Garuda Indonesia di-PHK

165

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – رئيس جمعية طياري جارودا إندونيسيا، كابتن بينتانج موزايني، يقول أن 181 من طياري شركة جاوردا قد تم فصلهم من عملهم بداية من تاريخ 1 يونيو 2020. كما قال أن الجمعية قد ابدت اعتراضها على القرار.

و السبب أن قرار تسريح الطيارين تم إعلانه فجأة، مخالفًا التشريعات القانونية و عقود العمل. قال موزايني أن قرار التسريح أصدره مدير شركة جارودا إندونيسيا قبل يوم واحد من نهاية الأسبوع أي بتاريخ 29 مايو 2020.

صرح موزايني: “تم الإعلان عن القرار في منتصف الليل، في الساعى 23.39 بتوقيت غرب إندونيسيا. ليتم العمل به بداية من يوم 1 يونيو”.

و أضاف: “تم الإعلان عن القرار قبل بدء سريانه بثلاثة أيام فقط، حتى هذه الأيام الثلاثة هى أيام عطلة السبت و الأحد و الإثنين. ما نعلمه أن في عقود الطيارين يجب أن يتم إخبارهم بمثل هذا القرار قبل تنفيذه بثلاثين يومًا، و بعضهم أكثر من ذلك حتى يصل إلى تسعين يومًا فبل بدء سريان القرار. إن ما فعلته الشركة يخالف القانون”. 2/6/2020

كما أوضح موزايني أن قرار التسريح لم يستهدف الطيارين الجدد فقط، بل شمل بعض الطيارين ذوي الخبرة ممن لهم ساعات طيران أطول.

في حين أنه يرى أن هؤلاء الطيارين مازالت لديهم القدرة على الطيران و دعم الشركة مع بداية عودة الأمور إلى طبيعتها عقب جائحة كورونا. قال: “بل الكثير منهم طيارين قدامى، أفضل طيارينا”.

على الرغم من قرار شركة جارودا إندونيسيا بتسريح طياريها الذين يعملون بعقد عمل مؤقت، إلا أن مدير الشركة السيد عرفان سيتيابوترا يقول بأن القرار جاء كخطوة ضرورية للشركة للتخفيف من الضغط الذي سببته جائحة كورونا.

كذلك جاء القرار للموازنة بين العرض و الطلب على رحلات الطيرات التي تأثرت بشدة بسبب وباء كورونا.

قال عرفان في بيانه الصادر الثلاثاء 2/6: “نتيجة لقرار إنهاء عقود العمل هذا ستستطيع جارودا إندونيسيا أن توفي بالتزماتها تجاة الطيارين الذين مازالت عقودهم سارية”.

موزايني قال بأنه مازال يناقش الأمر مع مدير جارودا من أجل إنهاء تلك المسألة.

صرح موزايني: “لقد خرج القرار فجأة، و وفقًا لرؤيتنا فإن القرار مخالف للقوانين و لعقود العمل المبرمة بين الشركة و الطيارين”. الثلاثاء 2/6.

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: سي ان ان إندونيسيا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Ketua Asosiasi Pilot Garuda (APG) Capt Bintang Muzaini menyebut 181 pilot Garuda Indonesia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) per tanggal 1 Juni 2020. Ia mengatakan asosiasinya sudah menyatakan keberatan atas keputusan perusahaan tersebut.

Pasalnya, keputusan dan kabar PHK disampaikan secara mendadak, tak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan kontrak kerja. Muzaini menyampaikan surat PHK baru disampaikan manajemen Garuda Indonesia sehari sebelum akhir pekan, yakni pada 29 Mei 2020 lalu.

“Itu pun tengah malam pemberitahuan ya 23.39 WIB, yang mana dengan target terhitung tanggal 1 Juni diberhentikan,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (2/6).

“Cuma 3 kali 24 jam pemberitahuannya dan di hari libur panjang Sabtu, Minggu, Senin. Yang seharusnya ada di kontrak sepengetahuan kami itu paling 30 hari atau ada yang lebih ada yang sampai 90 hari, itu juga yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Ia menambahkan PHK di Garuda tak hanya menyasar pilot baru atau junior. PHK juga menyasar pilot senior dengan pengalaman jam terbang lebih panjang.

Padahal menurutnya, pilot-pilot tersebut masih layak terbang dan mendukung operasional perusahaan jelang masa normal. “Justru itu yang senior- senior semua, pilot terbaik kami,” katanya.

Maskapai Garuda Indonesia memutuskan mempercepat penyelesaian kontrak kerja pilot mereka yang bekerja dengan status hubungan kerja waktu tertentu. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah lanjutan yang perlu ditempuh perusahaan untuk meredam tekanan yang diakibatkan oleh penyebaran virus corona.

Percepatan juga dilakukan demi menyelaraskan ketersediaan dan permintaan (supply dan demand) operasional penerbangan yang terdampak besar oleh pandemi COVID-19.

“Melalui penyelesaian kontrak tersebut Garuda Indonesia tetap memenuhi kewajibannya atas hak-hak penerbang sesuai masa kontrak yang berlaku,” kata Irfan seperti dikutip dari pernyataannya, Selasa (2/6).

Muzaini mengatakan untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya masih berupaya berdiskusi dengan manajemen.

“Karena kemarin mendadak kembali dan menurut kajian kami tidak sesuai dengan peraturan perundangan undang-undang yang ada dan tidak sesuai dengan kontrak,” ujarnya kepada CNNIndonesia Selasa (2/6).

Translated by: Momen Magdy | Source: CNN Indonesia

تعليقات
Loading...
Click Me