إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جاكرتا مغلقة حتى 11 أكتوبر بسبب كورونا

Anies Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 11 Oktober 2020

0 379

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – قرر أنيس باسويدن، محافظ العاصمة الإندونيسية جاكرتا، تمديد العمل بإجراءات التباعد الاجتماعي في جاكرتا حتى 11 أكتوبر المقبل. جاء في البيان الصحفي الصادر الخميس 24/9 أن تمديد العمل بإجراءات التباعد الاجتماعي لإسبوعين جاء لوجود إمكانية زيادة أعداد المصابين بفيروس كورونا إن خففت حكومة العاصمة من إجراءاتها.

استنادًا إلى نتيجة المراقبة و التقيم التي خرج بها فريق التعامل السريع مع فيروس كورونا بالعاصمة جاكرتا، و التي ضُمِّنَت قرار محافظ جاكرتا رقم 959 لعام 2020 الذي جاء فيه ضرورة تمديد العمل بإجراءات التباعد الاجتماعي لمدة 14 يوم إذا لم يحدث انخفاض ملحوظ في أعداد الإصابات بالفيروس.

قال أنيس: “كذلك وافق وزير التنسيق البحري و الاستثمار على التمديد التلقائي لإجراءات التباعد الاجتماعي في العاصمة جاكرتا لمدة أسبوعين”.

وفقًا لأنيس فإن وزير التنسيق البحري و الاستثمار قد قدم بيانات تفيد أن الوضع في العاصمة جاكرتا تحت السيطرة وتميل أعداد الإصابات للانخفاض. لكن في بوجور و ديبوك و تانغرانغ و باكاسي مازالت أعداد الإصابات في ازدياد؛ مما يوجب اتخاذ خطوات احترازية.

كما أكد باسويدن على أن حكومة العاصمة تنسق مع الحكومة المركزية فيما يتعلق بالتعامل مع وباء كورونا. و أن انخفاض عدد الحالات الإيجابية يبدأ مع تقيد حركة المواطنين أثناء فرض إجراءات التباعد الاجتماعي.

يذكر أن محافظ جاكرتا، أنيس باسويدن، قد كان قد شدد بقرار رسمي إجراءات دخول و خروج المواطنين للعاصمة جاكرتا بداية من الإثنين 14 سبتمبر و حتى 27 سبتمبر 2020. برر أنيس القرار بأنه لصالح جاكرتا، و ذلك بالنظر لثلاثة مؤشرات توليها حكومة العاصمة الأولوية وهي نسبة الوفيات، و توفر أسرة العزل و وحدات العناية المركزية المخصصة لحالات كورونا، وعدد الحالات الإيجابية في العاصمة جاكرتا.

 

 

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ريبوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta hingga 11 Oktober 2020 mendatang. Dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (24/9) perpanjangan selama dua pekan itu dilakukan mengingat masih terjadinya potensi kenaikan angka kasus positif virus corona (Covid-19) jika pelonggaran diberlakukan.

Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta dan juga tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 959 Tahun 2020 yang mana perlu dilakukan perpanjangan pembatasan selama 14 hari berikutnya jika kasus belum menurun secara signifikan.

“Menko Kemaritiman dan Investasi juga menyetujui perpanjangan otomatis PSBB DKI Jakarta selama dua pekan,” kata Anies.

Menurut Anies, Menko Kemaritiman dan Investasi menunjukkan data bahwa DKI Jakarta telah melandai dan terkendali, tetapi kawasan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi masih meningkat, sehingga perlu penyelarasan langkah-langkah kebijakan.

Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dalam penanganan kasus Covid-19. Tanda-tanda pelandaian kasus positif dan kasus aktif di Jakarta, seiring dengan berkurangnya mobilitas warga saat dilakukan pengetatan PSBB.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi yang mencabut kebijakan PSBB transisi dan mengembalikannya kepada kebijakan PSBB yang diperketat, sejak Senin 14 September 2020 hingga 27 September 2020. Anies menyatakan keputusan itu diambil bagi Jakarta, karena tiga indikator yang sangat diperhatikan oleh Pemprov DKI Jakarta yaitu tingkat kematian, ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU khusus Covid-19, dan tingkat kasus positif di Jakarta.

Translated by: Momen alsaify | Source: REPUBLIKA

 

تعليقات
Loading...
Click Me