جدل في إندونيسيا بشأن تعدد الزوجات، فما رأي مجلس علماء إندونيسيا

0 1٬316

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عاد الجدل بشأن ظاهرة تعدد الزوجات للظهور مرة أخري في إندونيسيا بعدما تحدث حزب التضامن الإندونيسي عن نيته تقديم مشروع قانون يحظر تعدد الزوجات بإندونيسيا.

على الرغم من أن مجلس علماء إندونيسيا قد أكد على أن تعدد الزوجات هو أحد المباحات في الشريعة الإسلامية.

حيث يرى نائب رئيس مجلس علماء إندونيسيا الشيخ زين التوحيد سعدي، أن هناك الكثير من الدلائل في القرآن و السنة على إباحة تعدد الزوجات للمسلم.

و أضاف زين التوحيد أنه، و من الناحية العملي، ليس من السهل أن يعدد المسلم، ولا يستطيع أي أحد أن يقوم بأعباء التعدد و متطلباته الثقيلة و شروطة.

الشرط الأول للتعدد أن يكون الزوج المسلم عادلاً بين زوجاته. الشرط الثاني هو أن يزيد من تقوى الله في قلب المعدد.

قال زين: “أما الشرط الثالث فهو أن يكون الزوج قادرًا على حماية زوجاته، حماية دينهم و شرفهم. و الشرط الرابع هو أن يلبي الزوج حاجات زوجاته المادية و النفسية.

أوضح زين أن العلماء اختلفوا في موقفهم من التعدد. و بشكل عام فقد انقسم العلماء إلى مجموعتين رئيسيين. المجموعة الأولة تتمثل في السلفية و الحنابلة، الذين يرون أن التعدد قد يؤدي للظلم، لذلك فإنهم لا يدعون للتعدد، و يغلقون بابه على يبدو.

أما الحنفية فقد أباحوا التعدد، مع اشتراط عدالة الزوج بين زوجاته.

أضاف زين أن هناك دولاً إسلامية تحظر تعدد الزوجات و منها المغرب. و لكن معظم الدول الإسلامية تسمح بالتعدد، مثل مصر، ولكن ينظم هذا التعدد بالقانون، مع اشتراط أن يكون راتب الزوج كافٍ.

و أوضح زين أنه في إندونيسيا يسمح بتعدد الزوجات. و ينظم ذلك القانون الإندونيسي على النحو التالي: يجب أن يطلب الراغب في التعدد الإذن من المحكمة الدينية، و كذلك يشترط موافقة الزوجة الأولى أو الوزجات السابقات على الزوجة الجديدة. كما يشترط القانون أن يكون الزوج قادر ماديًا على كفالة حياة كريمة لزوجاته و أبنائه، كما أنه عليه أن يضمن العدل بين زوجاته و أبنائه.

المترجم : مؤمن مجدي | المصدر: ريفوبليكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Polemik poligami kembali muncul belakangan ini menyusul kontroversi rencana Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan larangan poligami di Indonesia.  

Kendati demikian, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tegas bahwa poligami adalah satu dari sekian tuntunan dalam syariat Islam. 

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Zainut Tauhid Sa’adi berpandangan banyak ditemukan dalil atau hujah di dalam Alquran maupun hadis yang membolehkan seorang Muslim melakukan poligami. 

Zainut mengatakan, meskipun demikian dalam praktiknya tidak mudah dilakukan oleh setiap orang karena ada beberapa persyaratan yang cukup berat. 

Persyaratan tersebut pertama, seorang pelaku poligami harus memiliki sikap adil di antara para istrinya. Kedua, harus semakin meningkatkan ketakwaannya kepada Allah. 

“Ketiga, harus dapat menjaga para istrinya, baik menjaga agama maupun kehormatannya. Keempat, wajib mencukupi kebutuhan nafkah lahir dan batin para istri dan keluarganya,” kata Zainut kepada Republika.co.id, Ahad (16/12).

Ia menerangkan, para ulama berbeda pendapat menyikapi praktik poligami. Ada dua kutub utama yaitu pertama, kalangan Syafiiyah dan Hanbaliyah yang tampak menutup pintu poligami karena rawan dengan ketidakadilan. Sehingga keduanya tidak menganjurkan praktik poligami. 

Sementara kalangan Hanafiyah menyatakan kemubahan praktik poligami dengan catatan calon pelakunya memastikan keadilan di antara sekian istrinya. 

Zainut menjelaskan, saat ini negara Islam ada yang melarang poligami seperti Maroko. Tapi sebagian besar negara Islam lainnya membolehkan poligami, termasuk di Mesir namun diatur dalam Undang-undang (UU) dengan persyaratan sang pria harus menyertakan slip gajinya.

Dia menambahkan,  di Indonesia sesuai dengan ketentuan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan Pasal 4 Ayat (1), poligami dapat dilakukan dengan beberapa persyaratan antara lain mendapat izin dari Pengadilan Agama yang dikuatkan persetujuan dari istri atau istri-istrinya, memiliki jaminan kemampuan memberikan nafkah kepada keluarganya, dan kewajiban berlaku adil kepada istri-istri dan anak-anaknya.

Penerjemah: Momen Magdy | Sumber: REPUBLIKA

تعليقات
Loading...