إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

جهز نفسك، يمكن أن يكون حليب الصراصير بديل غذاء صحي في المستقبل

Siapkan mental, susu kecoak bisa jadi alternatif makanan sehat di masa depan

- الإعلانات -

0 140

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – عند سماع كلمة “حليب” كغذاء ، قد تفكر في حليب الأبقار أو الماعز أو حليب الصويا وهذا ما أبعد ما يكون. ومع ذلك، هل سبق لك أن تخيلت حليب الصراصير ؟

نعم، من المرجح أن يكون الحيوان المثير للاشمئزاز أحد أكثر المصادر الصحية لإنتاج الحليب في المستقبل. وقد كشف مجموعة من الباحثين أن حليب الصراصير له فائدة أفضل من الثدييات التي تنتج الحليب.

صرح علماء من جامعة علم الخلايا الجذعية والطب التجديدي في بنغالور بالهند بأن الصراصير، وخاصة اللهايات، لها بنية بلورية بروتينية موجودة في أمعاء هذه الأنواع.

إن أنواع الصراصير هي الأنواع الوحيدة القادرة على ولادة صراصير صغار وتغذية أطفالها ببلورات كثيفة البروتين. هذه الصراصير تعيش على طول حافة آسيا والمحيط الهادئ.

نقلا عن هندتايمز يوم الجمعة (25/05/2018) ، وجد الباحثون أيضا أن بلورات الحليب ليست عالية في السعرات الحرارية فحسب، ولكنها تحتوي على طاقة أكبر بثلاث مرات من حليب البقرة.

في العرض الذي قدمه في مجلة الاتحاد الدولي للبلورة، يقول الباحثون إن سلالة الصرصور تحتوي على أربعة أضعاف البروتين من حليب الأبقار، أي ثلاثة أضعاف كمية حليب الجاموس. بالإضافة إلى ذلك، فإنها تحتوي أيضًا على أحماض أمينية غالباً ما ترتبط بالحليب.

وقال الباحث سانخاري بانيرجي  كما ذكرت تايم في عام 2016: “إن الكريستال مثل الوجبة الكاملة، لديها البروتين والدهون والسكر، وإذا نظرتم إلى تسلسل البروتين، فإنها جميعًا لديها أحماض أمينية أساسية”.

ومع ذلك، بالتأكيد لا يمكن القيام بتحليب الصراصير. لذلك، ينبغي أن يحاول الباحثون إيجاد طرق لإنتاج هذه المنتجات بطرق أخرى.

على الأرجح هي حبة الدواء. وفقا لمشارك مؤلف في الدراسة، ليونارد تشافاس، لجعل حبة الدواء تأخذ مائة أو أكثر من الصراصير.

أثناء انتظار إجراء هذه الدراسة أو إذا كنت قد أصبت بالاشمئزاز حقا، فبإمكانك تناول مكملات غذائية من المتجر.

بالإضافة إلى ذلك، لتكون صحتك جيدة، قم بممارسة الرياضة وبناء نظام غذائي صحي ومتوازن.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Mendengar kata ‘susu’ sebagai makanan, Anda mungkin mengasosiasikannya dengan sapi, kambing, atau paling jauh susu kedelai. Namun, pernahkah Anda bisa membayangkan susu kecoak?

Ya, binatang yang kerap dianggap menjijikkan itu kemungkinan akan menjadi salah satu sumber sumber penghasil susu yang menyehatkan, di masa depan. Sekelompok peneliti berhasil mengungkapkan bahwa susu kecoak memiliki manfaat yang lebih baik ketimbang hewan-hewan mamalia penghasil susu.

Para ilmuwan dari Institute of Stem Cell Biology dan Regenerative Medicine di Bangalore, India pernah menyatakan bahwa kecoak, khususnya yang berjenis kumbang pasifik, memiliki struktur kristal protein susu yang ditemukan dalam usus spesies tersebut.

Spesies kecoak tersebut merupakan satu-satunya jenis yang mampu melahirkan kecoa muda dan memberi makan bayinya dengan kristal padat protein. Kecoak ini hidup di sepanjang lingkar Asia Pasifik.

Mengutip Indiatimes pada Jumat (25/5/2018), para peneliti juga menemukan bahwa kristal susu tersebut tidak hanya tinggi kalori, namun mengandung tiga kali lebih banyak energi dari susu sapi perah.

Dalam paparannya di Journal of International Union of Crystalligraphy ini, para peneliti menyebut susu kecoak jenis tersebut mengandung protein empat kali lebih banyak dari susu sapi, tiga kali lebih banyak dari susu kerbau. Selain itu, mereka juga mengandung asam amino yang kerap dikaitkan dengan susu.

“Kristal itu seperti makanan lengkap. Mereka memiliki protein, lemak, dan gula. Jika Anda melihat urutan protein, mereka semua memiliki asam amino esensial,” ujar peneliti dalam studi tersebut, Sanchari Banerjee seperti yang dilaporkan Time pada 2016.

Namun, memerah kecoa tentu tidak bisa dilakukan. Karena itu, para peneliti harus mencoba mencari cara untuk menghasilkan produk tersebut dengan cara yang lain.

Yang paling memungkinkan adalah dengan cara pil. Menurut seorang rekan penulis studi, Leonard Chavas, untuk membuat satu pil saja butuh seratus atau lebih kecoak.

Selagi menunggu studi ini dilakukan atau jika terlanjur jijik, Anda masih bisa mengonsumsi suplemen dari toko.

Selain itu, untuk tetap hidup sehat, lakukan dengan olahraga dan bangun pola makan yang sehat serta seimbang.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Merdeka

(6)

تعليقات
Loading...
Click Me