حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة

Saatnya Memanjakan Mata di Taman Bunga Nusantara

0 1٬230

شيانجور ، إندونيسيا اليوم – لإندونيسيا عديد من مناطق الجذب السياحي التي تسبي العقول. من ضمنها حديقة زهور نوسانتارا.

فمظاهر السياحة الإندونيسية مليئة بالقيم الجمالية والثراء الذي وهبه الله لبلادنا وميّزها عن غيرها.

يمكنك زيارة حديقة زهور نوسانتارا في شيانجور بجاوة الغربية مع رسوم دخول 40،000 روبية.

رؤية الجمال الطبيعي لحديقة زهور نوسانتارا التي تقع في سوكاراسمي شيانجور ، جاوة الغربية تبعث في نفوسنا إحساس رائع. كونها تضم أنواع من الخيارات مثل الحديقة المائية و حديقة الورود و الحديقة الفرنسية و الحديقة السرية ( حديقة المتاهة ) و حديقة بالي و حديقة البحر الأبيض المتوسط و حديقة النخيل و حديقة على الطراز الياباني والحديقة الدفيئة. يمكن التمتع بعروض متنوعة من حدائق زهور نوسانتارا ، التي تتربّع على مساحة 35 هكتارًا ، من خلال الاطلاع على خريطة (مقابل 1000 روبية) لمراجعتها بالكامل.

حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة1

الحديقة المائية الموجودة في حدائق زهور نوسانتارا تتميز حقًا بجمال مزيج من الماء والزهور الجذابة . في هذه الحدائق يتم معالجة النباتات بشكل خاص ، فيما يتعلق بسقاية الزهور والتسميد وإزالة الأعشاب الضارة.

يوجد في الحديقة المائية زهور من خارج إندونيسيا، مثل كانا إير بالاسم العلمي ثاليا ديلباتا وهي زهور أرجوانية تنمو في جنوب شرق الولايات المتحدة. و هناك أيضا زهور من شمال شرق أستراليا و تسمى باسمها العلمي نيلومبو نوسيفيرا التي تنمو على البرك والمستنقعات على شكل لوتس أفقي.

وهناك أيضا نبات من مصر كانت تستخدم لصناعة الورق منذ عام 2750 قبل الميلاد. و يسمى هذا النبات علميا بنبات البردي ويستخرج منه ورق البردي. النباتات الأخرى التي تنمو في الحديقة المائية هي لوتس كبير من أمريكا الجنوبيةوالكثير الكثير من النباتات.

حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة2

في حديقة الورود ، هناك أنواع مختلفة من الورود من أنحاء العالم. من الورود الصينية الشهيرة في هذه الحديقة.

في الحديقة الفرنسية تكمن الفرادة ، وتتمثل في وجود نباتات متنوعة من فرنسا. الحديقة الفرنسية في حدائق زهور نوسانتارا هي من عصر النهضة بخصائصه الهندسية ، وترمز في هذه الحديقة إلى إتقان الإنسان للطبيعة التي أنشأها الخالق.

على النقيض من الحديقة السرية (المتاهة) وهي حديقة لتحقيق أهداف معينة. سيتمكن الزوار في هذه الحديقة من الاستمتاع بالنباتات الجميلة في وسطها.

بالنسبة لحديقة بالي ، بالطبع ، فقد صممت على الطراز الإندونيسي، من جزيرة بالي التي تشتهر في أنحاء العالم، هي سمة من سمات إندونيسيا. في هذه الحديقة توجد خصائص بالية ، مثل معبد بينتار أو البوابة ، بيل بينجونج، و بيل كول كول.

حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة3

في حديقة البحر الأبيض المتوسط ، تتميز بموقع في منطقة صحراوية مثل منطقة حوض البحر الأبيض المتوسط، وهي الاسبانية واليونانية والإيطالية والبرتغالية. في هذه الحديقة تنمو نباتات الصبار و اليوكا. السمة المميزة لهذه الحديقة هي امتداد الصخور الرملية البيضاء مثل التي في البحر الأبيض المتوسط.

و حديقة النخيل وما يميّزهاوجود أشجار النخيل. توجد في هذه الحديقة أصناف نخيل فريدة ، وهي واشنطونيا المكسيك ، وباندانوس اوتيليتز من مدغشقر ، ونخيل ألكسندرا من أستراليا ، وغيرها الكثير.

في الحديقة اليابانية ، يتم تصميمهاكما لو كانت في اليابان وهي نموذجية وليست مقتصرة فقط على النباتات الموسمية ، ولكن أيضًا مع الصخور والخشب والبرك والمسطحات المائية.

و تحتوي الحديقة الدفيئة في حدائق زهور نوسانتارا على مساحة 2000 متر مربع و 3 آلاف لوحة زجاجية. وأنواع من النباتات والزهور الموجودة في الصوبات الزراعية هي نباتات التي لاتنمو إلا في ظروف مناخية خاصة.

ميزة أخرى فريدة من حديقة زهور نوسانتارا هي عرض السجاد. النباتات وهو عرض النباتات في شكل أبسطة وسجّاد بطريقة جذابة .

حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة4

و من المزايا الأخرى وجود أيقونة للحديقة في شكل بجعة. توجد مرافق مساندة لحدائق زهور نوسانتارا مثل قطار دوتو مع أجرة مرتفعة 50،000 روبية لأولئك الذين تتراوح أعمارهم بين 4 سنوات وما فوق. للتجول وسط حدائق زهور نوسانتارا برسوم أخف ، يمكن استخدام سيارة وارا ويري ب 5000 روبية.

ويمكن أيضًا الاستمتاع بجمال حديقة زهور نوسانتارا بأكملها من خلال تسلق برج الراية الذي يبلغ ارتفاعه 29 متراً و 3 طوابق .

بعد إكمال الرحلة يمكن للزائرين أيضًا إحضار بعض الأزهار إلى المنزل عن طريق شراء بذور النباتات على السطح الخارجي لحديقة زهور نوسانتارا.

حديقة زهور نوسانتارا الجمال في أبهى حُلّة5

المترجمة : مايا يونياتي | المحرر : د . طلال الشايقي | المصدر: ديتيك


Cianjur, Indonesiaalyoum.com –  Indonesia punya banyak tempat wisata yang memanjakan mata. Salah satunya adalah Taman Bunga Nusantara.

Wisata Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari tempat wisatanya. Ada yang tentang petualangan, keindahan alam, kebudayaan ataupun tentang kuliner. Wisata Indonesia yang penuh nilai dan kekayaan itu merupakan sebuah karunia dari Tuhan untuk makhluknya.

Untuk merasakan nilai kehambaan yang tinggi kepada Tuhan, selalu ada cara, Salah satunya dari keindahan alam. Keindahan alam untuk memanjakan mata bisa ke Taman Bunga Nusantara di Cianjur Jawa Barat dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 40.000.

Melihat keindahan alam di Taman Bunga Nusantara yang terletak di Sukaresmi Cianjur Jawa Barat ini begitu terasa indahnya. Banyak jenis taman di dalamnya yaitu Taman Air, Taman Mawar, Taman Perancis, Taman Rahasia (Labirynth), Taman Bali, Taman Mediteranian, Taman Palem, Taman Gaya Jepang, Rumah kaca, serta Display karpet. Luasnya Taman Bunga Nusantara yang memiliki luas 35 hektar bisa dinikmati dengan melihat peta (seharga Rp 1.000) untuk meninjau secara keseluruhan ke lokasinya masing-masing tersebut.

Taman Air yang terdapat di Taman Bunga Nusantara benar-benar mencirikan keindahan perpaduan air dihiasi dengan bunga dan nuansa taman di atas air yang menarik. Saat berjalan di taman air ini akan terdapat percikan serta pantulan dari benda yang berada di dekatnya sungguh memberikan nikmat keindahan yang memesona. Di Taman Bunga Nusantara ini perlakuan terhadap tanaman benar-benar diperhatikan dan diperlakukan khusus terkait tata cara penyiraman, pemberian pupuk, maupun penyiangan .

Dalam Taman Air terdapat bunga dari negeri luar Indonesia diantaranya yaitu Kana Air dengan nama ilmiah Thalia Dealbata yang merupakan bunga berwarna ungu yang berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara. Ada pula tanaman dari Australia bagian Timur Laut atau Asia Timur bernama ilmiah Nelumbo Nucifera di tengah kolam yang berbentuk lotus secara horizontal.

Terdapat pula tanaman yang berasal dari Mesir yang digunakan sebagai sumber pembuat kertas pertama dari sejak tahun 2750 SM. Tanaman dari mesir tersebut bernama ilmiah Cyperus Papyrus. Tanaman lainnya yang terdapat di taman air yaitu Teratai Raksasa yang berasal dari Amerika Selatan, dan banyak lagi lainnya.

Pada Taman Mawar terdapat aneka jenis mawar dari belahan bumi manapun. Tanaman mawar yang masih populer di belahan bumi manapun juga terdapat di Taman Mawar ini. Mawar yang berasal dari negeri China yang terkenal juga terdapat di Taman Mawar ini.

Di Taman Perancis lebih unik lagi yaitu adanya tanaman yang beraneka dari negeri Perancis. Taman Perancis yang terdapat di Taman Bunga Nusantara ini merupakan sebuah disain masa Renaissance dengan ciri geometrisnya.nah, di taman ini melambangkan penguasaan manusia terhadap alam yang diciptakan Tuhan.

Berbeda lagi dengan taman Rahasia (Labyrinth) yang merupakan sebuah taman untuk mencapai tujuan tertentu. Menikmati berada di taman ini pengunjung akan dimanjaka dengan tanaman yang indah di tengahnya.

Kalau Taman Bali tentu saja memiliki bentuk kreasi bangsa Indonesia yaitu pulau Bali. Bali yang sudah terkenal ke Internasional tersebut menjadi ciri Indonesia. Di Taman ini saya selaku pengunjung termanjakan dengan adanya kekhasan Bali diantaranya yaitu Candi bentar atau Gapura Pintu masuk, bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Sedangkan untuk kekhasan di taman Bali ini yaitu terdapatnya bunga kamboja, serta tanaman tropis dengan daunnya yang sangat indah.

Taman Mediteranian ini dicirikan sebuah lokasi di daerah gurun seperti berada di kawasan mediteranian yaitu Spanyol, Yunani, Italia, dan Portugis. Di taman ini terdapat tanaman kaktus dan yucca. Ciri khas dari taman ini yaitu hamparan pasir putih batu-batuan layaknya berada di Mediteranian.

Taman palem juga memiliki keunikan dan keindahan yaitu adanya tanaman palem. Di Taman Palem ini terdapat varietas palem yang unik yaitu Palem Kipas Meksiko, Pandanus Utilitis dari madagascar, Palem Alexandra dari Australia, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau Taman Gaya Jepang ini lebih mengarah seolah benar berada di Jepang. Saya termanjakan lagi dengan nuansa Jepang yang khas bukan saja tanaman yang daunnya berguguran, namun juga dengan adanya batu-batuan, kayu, kolam dan gerakan air, maupun kesunyian.

Rumah Kaca yang terdapat di taman Bunga Nusantara memiliki luas 2.000 m2 dan 3.000 panel kaca. Tanaman jenis bunga yang terdapat di Rumah Kaca yaitu Tanaman yang memiliki tingkat toleransi terhadap alam sangat kecil. Daya tahan tubuh tanaman ini rentan terhadap teriknya sinar matahari maupun derasnya air hujan.

Yang unik lainnya dari Taman Bunga Nusantara yaitu adanya display karpet. Tanaman yang dibentuk menyerupai display karpet sangat menarik dipandang dan meneduhkan hati. Apalagi saat romantis bersama pasangan menambah keindahan tersendiri yang tercipta.

Keunikan lain dari Taman Bunga Nusantara yaitu adanya maskot Taman Bunga Nusantara yang berbentuk angsa. Adapula terdapat fasilitas penunjang untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara dengan fasilitas Dotto Train ataupun Garden Tramdengan biaya yang lumayan menarik isi kantong sekitar Rp. 50.000,- untuk yang berusia 4 tahun ke atas. Untuk mengelilingi Taman Bunga Nusantara dengan biaya yang lebih ringan juga bisa yaitu dengan biaya Rp.5.000,- dengan menggunakan mobil wara wiri.

Untuk melihat keindahan Taman Bunga Nusantara secara menyeluruh juga bisa dinikmati dengan menaiki Menara Pandang. Menara Pandang yang memiliki ketinggian 29 meter dengan 3 lantai ini sangat memanjakan mata dan hati pengunjung untuk keindahan Taman Bunga Nusantara.

Nah, saat sudah selesai melihat keindahan bunga di tempat wisata Taman Bunga Nusantara, para pengunjung juga bisa membawa pulang bunga dengan membeli bibit tanamannya di bagian luar Taman Bunga Nusantara.

Kamu penasaran dengan Taman Bunga Nusantara ini bisa juga digunakan transportasi yang mudah dilalui. Untuk mengecek ketersediaan hotel atau penginapan di dekat Taman Bunga Nusantara juga bisa dicek melalui pegipegi.com.

Langkah pengecekan hotel di pegipegi.com yaitu mulai buka di pencarian di halaman utama hotel dengan memasukkan kota/daerah/nama hotel dan data menginap dimulai dari check in dan lama menginap. Setelah itu dihalaman pencarian hotel, bisa menentukan pilihan hotel yang diinginkan. Setelah menentukan pilihan hotel dilanjutkan dengan memilih kamar hotel dan jumlahnya. Langkah terakhir yaitu isi data dengan benar dan melakukan pembayaran. Untuk pembayaran bisa dilakukan dengan atm, transfer bank, perbankan online ataupun kartu kredit. Setelah pembayaran maka e-tiket hotel akan dikirimkan ke email saat pengisian biodata tersebut.

Yuk saatnya menikmati keindahan alam dengan melihat indahnya Taman Bunga Nusantara yang mudah di Indonesia tanpa harus ke luar negeri.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Talal Al-Shaigi | Sumber: Detik

تعليقات
Loading...