حديقة سفاري في شرق جاوا، ما الجديد هناك؟!

Yang Baru di Pasuruan, Bersafari Sambil Beri Makan Jerapah

610

باسوروان، إندونيسيا اليوم سياحة السفاري أصبحت واحدة من الأنشطة المثيرة خاصة للأطفال. حاليًا بمنتجع باوباب سفاري بريغين، يوجد نشاط أعجب به السياح وهو نشاط إطعام الزرافة.

تجربة مثيرة يشعر بها سياح منتجع باوباب سفاري، بريغين، باسوروان. يمكن لزوار المنتجع المتواجد على سفوح جبل أرجونو (Arjuno) إطعام الزرافة مباشرة باليد.

يمكن لجميع زائري المنتجع المتواجد في وسط الغابة مشاهدة العديد من الحيوانات التي أطلق سراحها من الأقفاص الكبيرة ليشاهدها الزوار حرة. إلى جانب الزرافات، هناك وحيد القرن، والحمار الوحشي والغزلان وغيرها من الحيوانات الغريبة.

إضافة إلى مشاهدة الحيوانات بشكل مباشرة، أعطى للسياح فرصة إطعام ثلاث زرافات تم تجهيزها في محطة التغذية. يتم إعطاء الزوار الخضروات والفواكه كي يطعمون الزرافات.


شدة حماسة السياح تدفعهم راضين للوقوف في طابور للحصول على هذه الفرصة.
يتحمس السياح لهذه الفرصة. حيث يمكنهم إعطاء الخضار والفاكهة مباسرة في فم الزرافة. وللزرافات الثلاث أسماء وهي زهرة، و زهاري، وكامل، هم يمدون ألسنتهم لأخذ الطعام من الزوار.

قالت ميتا احدى السائحات من مدينة باتو: “سعيدة جدًا لأنني أستطيع إطعام الزرافات”.


يقول محمد برهان مدير المنتجع: “لقد اخترنا إطعام الزرافات عن قصد للتذكير باليوم العالمي للزراف الذي يصادف تاريخ 21 يونيو. محطة التغذية ستفتح يوميًا، كي يستطيع السياح إطعام الزرافات”.

بعد إطعام الزرافات يسمح للسياح بأخذ صورة معهم، بعد ذلك يعطى للسياح معلومات بخصوص انخفاض عدد الزراف في العالم.


يقول برهان أنهم حريصين على الحفاظ على الحياة البرية، ولذلك هم يستمرون بإعطاء الطعام للحيوانات حفاظًا عليها من الإنقراض.تقدم للزرافات كميات كبيرة من الخضار والفواكة التي شكلت جبل وأعطت للزرافة المتواجد في الموقع.

قال: “في عالم البرية تتعرض هذه الزرافات للصيد، ويباع لحمها في المحلات”.


قال برهان إن عدد الزراف المتبقي بأفريقيا الغربية بنيجيريا أقل من 300 زرافة، و700 زرافة بأوغاندا وكينيا.

وفي الختام قال: “هيا بنا نحافظ على هذه الحيوانات لأنها أمانة إلى أبنائنا وأحفادنا”.

المترجمة: فتحية غزالي | المحرر: مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك ترافيل

 

Pasuruan, Indonesiaalyoum.com – Wisata safari menjadi salah satu atraksi menarik bagi anak-anak. Kini di Baobab Safari Resort Prigen, ada atraksi beri makan jerapah yang disukai pengunjung.

Pengalaman menarik bisa dirasakan pengujung Baobab Safari Resort, Prigen, Pasuruan. Pengujung resort di lereng Gunung Arjuno, bisa memberi makan jerapah secara langsung.

Semua tamu di resort tengah hutan bertema alam liar ini bisa melihat langsung berbagai satwa yang dilepas di kandang besar bertema habitat asli. Selain jerapah, terdapat badak, zebra, rusa dan satwa eksotis lainnya.

Selain melihat langsung, pengujung berkesempatan memberi makan tiga jerapah yang disiapkan di feeding station. Mereka diberikan sayuran dan buah untuk diberikan ke jerapah.

Pengujung sangat antusias dengan kesempatan yang diberikan. Mereka bisa mendekatkan sayur dan buah langsung ke mulut jerapah. Jerapah-jerapah bernama Zahra, Zahari dan Kamil pun langsung menjulurkan lidah mengambil makanan tersebut.

Para tamu resort rela antre untuk mendapatkan kesempatan langkah ini.

“Seneng banget bisa kasih makan jerapah,” kata Mita, pengunjung asal Kota Batu, Senin (24/6/2019).

Setelah memberi makan, pengunjung juga bisa berfoto bersama jerapah. Setelah itu, diberikan wawasan terkait populasi jerapah dunia yang semakin menurun.

“Feeding the girafe ini sengaja digelar untuk memperingati Hari Jerapah se-Dunia yang jatuh pada 21 Juni. Setelah ini, feeding station ini akan kita buka tiap hari, sehingga para tamu bisa kasih makan jerapah,” kata M Burhan, resort manager.

Dalam peringatan ini, juga digelar acara tumpengan untuk jerapah. Tumpeng dari sayur dan buah itu kemudian diberikan ke jerapah yang ada di lokasi tersebut.

Burhan mengatakan pihaknya sangat konsen pada konservasi satwa dengan terus melakukan breeding untuk membantu menjaga populasi satwa terancam punah.

“Di alam liar jerapah-jerapah ini jadi sasaran tembak pemburu. Dagingnya dijual ke toko-toko,” terangnya.

Saat ini, sebut Burhan, jerapah di Afrika Barat tinggal di Nigeria kurang dari 300 ekor, 700 ekor bisa ditemukan di Uganda dan Kenya.

“Mari bersama selamatkan satwa-satwa ini karena mereka adalah titipan dari anak cucu kita,” pungkasnya.

تعليقات
Loading...