حديقة كومودو مغلقة لمدة عام. إليك خمسة أماكن سياحية بديلة بنوسا تينجارا تيمور

5 Objek Wisata di NTT yang Tak Kalah Menarik dengan TN Komodo

0 675

جاكرتا، اندونيسيا اليوم – قرار حكومة نوسا تينجارا تيمور بإغلاق حديقة كومودو الوطنية يجعل السياح يبحثون عن وجهة سياحية بديلة لزيارتها. جيق سيتم إغلاق جديقة كيمودو الوطنية لمدة عام كامل.

اتخذت حكومة نوسا تينجارا هذا القرار لمساعدة التنين كومودو على التكاثر و زيدة أعداده، و كذلك زيادة أعداد الحيوانات التي تدخل ضمن سلسلته الغذائية. و رغم ذلك فلا داعي للحزن. لأنك لا تزال تستطيع الترحال لأماكن أخرى بنوسا تينجغارا تيمور غير حديقة كومودو الوطنية.

أين هذا؟ هيا بنا نرى.

  1. بحيرة كاليموتو

حديقة كومودو الوطنية ليست الجهة السياحية الوحيدة بنوسا تينجارا تيمور، فبحيرة كاليموتو أيضًا تعتبر إحدى الوجهات السياحية المفضلة بنوسا تينجغارا تيمور. تقع البحيرة بمحافظة إيندي، فلوريس. جمالها لا يقل عن غيرها، سوف ترى البحيرة بألوانها الثلاث.

اختلاف ألوان البحيرة ناجم عن كمية الكبريت والمعادن التي تحتوي عليها. وتقع هذه البحيرة بقمة جبل كيليموتو.

إذا رغبت برؤيتها عليك التسلق للقمة. صحيح أنها رحلة متعبة، ولكنها تستحق. و سيذهب كل التعب عند رؤيتك لجمال المناظر الطبيعية الرائعة.

  1. شاطئ لاسيانا

بخلاف بحيرة كيليموتو، يمكنك زيارة إلى شاطئ لاسيانا، الواقع بكوبانج-نوسا تينجغارا تيمور. جمال هذا الشاطئ لا يستهان به. عند الوصول للشاطئ سوف تستقبلك رماله البيضاء ومناظره الطبيعية الخلابة.

ووجود المرجان يزيد من جماله ورونقه. بالشاطئ تستطيع أيضًا الاسترخاء والاستمتاع بالهواء الطلق وجمال الطبيعة.

  1. كهف كريستال كوبانج

هل سمعت عن كهف كريستال؟ إذا كنت لم تسمع به من قبل، فإليك وصف مبسط له. كهف كريستال هو أحد الجنان الطبيعة المخبأة المتواجد في كوبانج. ستجد بداخل هذا الكهف بحيرة صغيرة تتألق بأشعة التمس التي تسقط علي سطحها بين الحين والآخر.

لصفاء مياه البحيرة تبدو وكأنها تضيء من داخل الكهف ومن هنا سمي الكهف “بكهف الكريستال”. إذا قررت قضاء عطلتك بكوبانج لا تنسى الاستمتاع بجمال كهف الكريستال. والسباحة في مياهه الصافية.

  1. جزيرة ألور

ألور هي أحدى الجزر الواقعة شرق جزر نوسا تينجارا، و التي تشتهر بالسياحة التاريخية. فليس من الغريب أن تصبح واحدة من الجزر المفضلة لدى السياح المحليين لقضاء العطلة فيها.

جزيرة ألور أصبحت جنة لمحبي الغوص؛ لأن فيها 18 نقاط غوص غنية بالمرجان ذو المناظر الخلابة. ومناظر شواطئها الرائع، وصفاء مياه بحرها  وثروتها البحرية يجعلها من أفضل مواقع الغطس بالعالم.

  1. تل الحب (Bukit Cinta)

لابووان باجو بجزيرة فلوريس تمتلك مناظر طبيعية جذابة للسياح، تلك الأماكن الخلابة تسمى بتل الحب. ستعطيك تلة الحب منظرًا طبيعًا خلابًا من أعلى التل.

سميت بتل الحب لكثرة الأزواج الذين يأتون لهذا الموقع لقضاء عطلتهم. من هنا نرى البحر بلونه الأزرق الجميل، وكذلك مدينة لابووان باجو، والأشجار والتلال الخضراء التي تدلل العيون بجمالها الطبيعي.

وسوف تزيد لحظة ترحالك وسياحتك معنى وقيمة إذا تمكنت من أخذ صور تذكارية لكل موقع تتواجد فيه ومن أجمل تلك الصور لحظات غروب الشمس من أعلى تل الحب مع الشخص الذي تحب.

ما رأيك، هل ترغب بالمجيء؟



Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Penutupan Taman Nasional Komodo yang akan dilakukan oleh Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat wisatawan harus berpikir kembali atau mengurungkan niatnya untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut. Pasalnya, TN Komodo akan ditutup selama satu tahun.

Ditutupnya TN Komodo bukanlah tanpa alasan, hal ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan populasi komodo dan juga rantai makanan bagi binatang purba tersebut. Meski begitu, kamu tidak perlu bersedih. Karena kamu juga tetap bisa kok traveling ke tempat-tempat di NTT selain TN Komodo.

Apa saja? Yuk simak.

Danau Kelimutu
Tak hanya TN Komodo, Danau Kelimutu merupakan salah satu destinasi wisata favorit di NTT. Danau yang terletak di Kabupaten Ende, Flores ini juga tak kalah indahnya lho, karena kamu dapat melihat danau dengan tiga macam warna yang berbeda.

Perbedaan warna tersebut disebabkan oleh kadar kandungan belerang dan mineral yang ada di danau tersebut. Danau yang indah ini terletak di puncak Gunung Kelimutu.

Jadi, jika kamu ingin berkunjung ke sana, kamu harus mendaki sampai ke puncaknya. Meski cukup lelah, kamu tak akan kecewa dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Pantai Lasiana
Selain Danau Kelimutu, kamu juga bisa mengunjungi Pantai Lasiana yang terletak di Kupang, NTT. Keindahan pantai ini sudah tidak diragukan lagi, kamu akan disambut dengan pasir pantainya yang berwarna putih dan lanskap panorama yang indah.

Bebatuan karang di sekitarnya semakin menambah eksotisme Pantai Lasiana. Kamu juga bisa bersantai sembari menikmati pemandangan yang indah dan sejuknya udara di pantai tersebut.

Gua Kristal Kupang
Pernahkah kamu mendengar wisata Gua Kristal? Jika belum, Gua Kristal adalah salah satu ‘hidden paradise’ yang ada di Kupang, lho. Karena kamu dapat melihat kolam yang ada di dalam gua yang tampak bercahaya saat terkena sinar matahari.

Karena jernihnya air dan air di dalam gua yang seolah bercahaya, tempat ini kemudian dinamakan Gua Kristal. Bagi kamu yang berlibur di Kupang, keindahan Gua Kristal sayang untuk dilewatkan.

Pulau Alor
Alor adalah salah satu pulau yang berada di bagian ujung Timur Kepulauan Nusa Tenggara yang terkenal akan keindahan wisata baharinya. Tak heran, jika Pulau Alor menjadi salah satu tempat favorit wisatawan mancanegara.

Pulau Alor menjadi salah satu surga para penyelam karena terdapat sekitar 18 titik selam dengan kekayaan terumbu karang yang luar biasa. Selain itu, panorama pantai yang indah, jernihnya air laut dan kekayaan biota lautnya membuat tempat ini disebut-sebut spot menyelam terbaik di dunia.

Bukit Cinta
Labuan Bajo, Flores memiliki sejuta pesona bagi para wisatawan salah satunya yaitu Bukit Cinta. Bukit Cinta menyajikan pemandangan dan panorama yang sangat indah dari atas perbukitan.

Nama Bukit Cinta diberikan karena tempat ini merupakan spot yang digunakan banyak pasangan yang memadu kasih di bukit tersebut. Laut nan biru serta pemandangan Kota Labuan Bajo, deretan pepohonan dan bukit-bukit hijau akan memanjakan mata setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.

Momen traveling kamu juga akan semakin tak terlupakan bilamana kamu dapat mengabadikan saat-saat matahari terbenam dari atas Bukit Cinta bersama dengan orang yang kamu sayangi.

Tertarik untuk berkunjung?

Penerjemah: Fathiyah Gazali | Editor: Momen

تعليقات
Loading...