إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

حركة حماية الفتوى تقاضي أبنة الرئيس سوكارنو بتهمة ازدراء الأديان

GNPF Ulama Akan Polisikan Sukmawati karena Bicara Nabi-Sukarno

45

جاكرتا، إندونيسيا اليوم الأمين العام للحركة الوطنية لحماية فتوى العلماء (GNPF) إيدي موليادي، ينتوي اليوم التقدم ببلاغ للشرطة ضد سوكماواتي سوكارنو بوتري. برى إيدي بأن سوكماواتي قد قامت بازدراء الدين الإسلامي بمقارنتها بين البني محمد و الرئيس الإندونيسي الأول سوكارنو.

قال إيدي في بيانه: “لقد وكلت من قبل حركة حماية الفتوى لأن أقوم بالإبلاغ عن السيدة سوكماواتي غدًا. لقد قامت بازدراء الدين الإسلامي عدة مرات. حتى أن مجلس علماء إندونيسيا قد قال بأن السيدة سوكماواتي قد آذت مشاعر المسلمين بحديثها ذاك. على كل حال هناك الكثير من البلاغات قد قدمت للشرطة ضد السيدة سوكماواتي، سواء من الأفراد أو المنظمات”. الأربعاء 20/11/2019.

يرى إيدي بأن النبي محمد لا يقارن بأي إنسان آخر. ذلك لأن النبي محمد – صلى الله علييه و سلم – لديه وضع خاص يتميز به الأنبياء فقط.

سيرافق إيدي عدد من المحامين لتقديم البلاغ ضد السيدة سوكماواتي. إيدي يؤكد على أن الشرطة ستتعامل باحترافية مع تلك القضية.

قال إيدي: “أنا آمل و أتوقع أن تتعامل الشرطة هذه المرة مع تلك القضية باحترافية و بحكمة. الشرطة ستستجيب  و ستتعامل مع البلاغات التي تدعي على السيدة سوكماواتي بازدراء الأديان وفقًا للقانون”.

يذكر أن هناك عدد من البلاغات قد قدمت ضد السيدة سوكماواتي بسبب حديثها الذي فهم منه أنها تقارن بين النبي محمد و الرئيس سوكارنو. من بين المنظمات التي قامت بالادعاء على الشيدة سوكماواتي بتهمة ازدراء الأديان هي كورلابي، و منتدي الشباب المسلم – بيما.

جاء حديث سوكماواتي الذي أثار كل تلك الضجة في أحد حلقات النقاس يوم 11 نوفمبر. كانت سوكماواتي قد بدأت حديثها بالحديث عن كفاح إندونيسيا لانتزاع استقلالها عن هولاندا. حلقة المناقشة كانت بمناسبة يوم البطل القومي 10 نوفمبر.

سوكماواتي كانت قد نفت أن يكون في حديثها الذي قارنت فيه بين النبي محمد و الرئيس سوكارنو أي ازدراء للدين. حيث قالت أن النبي محمد و الرئيس سوكارنو لكل منهما مرتبته مما يعني أنه لا يمكن مقارنتهما.

قالت سوكماواتي: “أنا أعلم ما قلت. ما قلته في حلقة النقاش تلك أنتم تعلمون أنه لا يوجد في حديثي أي إشارة إلى أزدراء الدين. أنا أحب الأنبياء، فكيف يدعون بأني أزدري الدين؟!”.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر: ديتيك نيوز


 

Jakarta, Indonesiaalyoum.comSekjen Gerakan Nasional Pembela Fatwa (GNPF) Ulama Edy Mulyadi berencana melaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke Bareskrim Polri hari ini. Edy menilai Sukmawati telah melakukan penodaan agama karena membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan presiden ke-1 RI Sukarno.

“Saya mewakili GNPF Ulama insyaallah besok akan melaporkan Sukmawati ke polisi karena dia telah berkali-kali diduga melakukan penodaan agama Islam. Apalagi MUI secara resmi telah menyatakan bahwa ucapan Sukmawati menyakiti hati umat Islam. Lagi pula, laporan serupa juga sudah didahului banyak pihak, baik individu maupun organisasi,” kata Edy dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (20/11/2019).

Menurut Edy, Nabi Muhammad tidak bisa dibandingkan dengan siapa pun. Sebab, Nabi Muhammad memiliki keistimewaan yang hanya dimiliki para nabi.

Edy akan didampingi sejumlah pengacara saat melaporkan Sukmawati ke Bareskrim. Dia meyakini pihak Kepolisian akan bersikap profesional.

“Saya berharap dan percaya polisi kali ini akan bersikap profesional dan proporsional. Polisi akan menanggapi dan memproses laporan dugaan penodaan agama yang dilakukan Sukmawati secara adil sesuai hukum yang berlaku,” sebut Edy.

Sukmawati sebelumnya juga sudah dilaporkan ke polisi oleh Korlabi atas dugaan penistaan agama terkait ucapannya yang membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad SAW. Selain Korlabi, Sukmawati dilaporkan oleh Forum Pemuda Muslim Bima (FPMB) ke Bareskrim Polri.

Ucapan Sukmawati itu terlontar dalam forum diskusi pada 11 November lalu. Dalam diskusi itu, awalnya, Sukmawati berbicara soal perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan RI dari jajahan Belanda. Kegiatan itu sendiri dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019. Sukmawati kemudian melontarkan pertanyaan kepada forum.

Sukmawati juga sudah membantah jika dikatakan menistakan agama terkait ucapannya yang menyinggung Nabi Muhammad SAW. Ia menyebut Nabi Muhammad dan Sukarno memiliki derajat yang berbeda yang tidak bisa dibandingkan.

“Saya kira apa yang saya bicarakan, apa yang saya ucapkan di forum FGD Humas Polri itu dengan judulnya kan kamu tahu, yaitu sama sekali tidak ada maksud itu. Saya cinta kok para nabi, kok jadi dianggap menistakan agama?” ucap Sukmawati.

 

 

 

Translated by: Momen Alsayfi | Source: detikNews

 

(23)

تعليقات
Loading...
Click Me