خفف إدمان أدوات الاتصال للأطفال في أقرب وقت ممكن!

Stop kecanduan gadget pada anak sedini mungkin!

0 1٬030

جاكرتا، إندونيسيا اليوم — يمكن أن تكون الأدوات سلاح ذي حدين، خاصة للأطفال. الذين يستخدمونها بشكل صحيح، ويمكن أن يكون التكنولوجيا مصدرًا للمعلومات. ومع ذلك، إذا تجاوز الحد، يمكن أن يكون الأطفال مدمنين عليها.

لا تترك طفلك إذا كان مدمنًا على هذه الأدوات. فالطفل المدمن  لا يستطيع “العيش” بدون هذه الأدوات.

الناشطة التربوية نجيلة شهاب تبين بأن كيفية التغلب على استخدام الأطفال الأدوات الإلكترونية في وقت مبكر. ليس بعد أن يكون الطفل مدمنا على لعب الأداة.

“بالنسبة للأطفال الذين تم إعطاؤهم الأدوات وأصبحوا مدمنين، يجب أن يتم إبعادهم من الأداة لمدة ثلاثة أسابيع” ، قالت نجيلة في حيجابتالك “الأبجدية الرقمية الذكية في رمضان” ، في مدينة كاسابلانكا مول، جاكرتا قبل فترات يسيرة.

بعد ذلك، يتفق الوالدان والأطفال على وقت الاستخدام. على سبيل المثال، في يوم واحد يلعب الطفل بالأداة لمدة ساعة أو ساعتين.

كما ذكّرت أخت نجوى شهاب الكبرى بالاهتمام بالمحتوى والتطبيقات المستخدمة. والتأكد من أن المحتوى الذي يراه طفلك في الأدوات يتطابق مع عمره واحتياجاته.

“من البداية، يجب أن تفهم الأطفال بأن الأدوات ملكا للوالدين الممنوحة لهم مع القليل من الملاحظات. فبهذه الطريقة فإنهم لا ينشرون أو يشاهدون أو يفتحون شيئا غير جيد”.

يجب على الوالدين أن يكونوا مبدعين

بالإضافة إلى ذلك، تدعو نجيلة الوالدين أيضًا لأن يكونوا أكثر إبداعًا في الأنشطة المنزلية.

“عندما يشعر الأطفال بالملل، عادة ما نتعامل مع ذلك من خلال إعطاء الأدوات، لا شك إنها طريقة خاطئة. أعطهم الاهتمام والأنشطة الممتعة مع أفراد العائلة لصرف الانتباه من الأداة إلى شيء آخر ” ، كما أوضحت.

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر | المصدر : ميرديكا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Gadget bisa menjadi pedang bermata dua, terutama bagi anak-anak. Jika digunakan dengan tepat, benda berteknologi itu bisa menjadi sumber informasi. Namun, jika kebablasan, anak bisa kecanduan.

Jangan biarkan jika anak Anda sudah kecanduan gadget. Kecanduan ini ditandai dengan anak yang tak bisa ‘hidup’ tanpa gadget.

Penggiat pendidikan Najeela Shihab menyarankan cara mengatasi penggunaan gadget pada anak harus dilakukan sejak dini. Jangan setelah anak kecanduan bermain gadget.

“Bagi anak yang sudah terlanjur diberikan gadget dan kecanduan, sebaiknya dilakukan off gadget selama tiga minggu,” ungkap Najeela dalam HIJUP Talk “Smart Digital Parenting in Ramadhan,” di Kota Kasablanka Mall, Jakarta beberapa waktu lalu.

Setelah itu, orangtua dan anak membuat kesepakatan mengenai waktu penggunaan. Misalnya dalam sehari hanya bermain gawai satu atau dua jam saja.

Kakak kandung Najwa Shihab ini juga mengingatkan agar orangtua memperhatikan konten dan aplikasi yang digunakan. Pastikan konten yang dilihat anak di gadget sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

“Dari awal diberikan, anak harus sudah diberi pemahaman bahwa gadget merupakan milik orang tua yang diberikan kepada mereka dengan sedikit catatan. Dengan cara itu mereka tidak sembarang mem-posting, menonton, atau membuka sesuatu hal yang tidak baik,” katanya.

Orangtua harus kreatif

Selain itu, Najeela juga mengajak orangtua lebih kreatif membuat aktivitas di rumah.

“Kalau anak bosan, biasanya kita mengatasinya dengan memberikan gadget, padahal cara itu salah. Berikanlah mereka perhatian dan buatlah kegiatan menyenangkan bersama anggota keluarga agar perhatian yang mulanya ke gadget, menjadi ke hal lain,” paparnya.

Penerjemah : Ahmad Syukri | Editor : Fares Al Badr | Sumber : Merdeka

تعليقات
Loading...