رجال أعمال سوريين يستكشفون مجالات الاستثمار في إندونيسيا

Pengusaha Suriah jajaki bisnis di Indonesia

0 947

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  انضم أربعة من رجال الأعمال السوريين إلى الملتقى السنوي الاقتصادي بين إندونيسيا والشرق الأوسط (IMAGE) في يوجياكارتا  22-23 أكتوبر 2018 في محاولة لاستكشاف سبلالتعاون التجاري مع رجال الأعمال الاندونيسيين.

وقد أقيم هذا البرنامج السنوي بالتعاون مع وزارة الشؤون الخارجية الإندونيسية ومكتب السفارة الإندونيسية في الشرق الأوسط وحكومة إقليم يوجياكارتا، وفقا للمعلومات الواردة من السفارة الإندونيسية في دمشق، والتي تم تلقيها في جاكرتا يوم الثلاثاء.

شاركت السفارة الاندونيسية في دمشق وسهّلت زيارة 47 من رجال الأعمال بما في ذلك 4 رجال أعمال حضروا الملتقى وتابعوا سلسلة من برنامج المعرض التجاري الإندونيسي الثالث والثلاثين في ICE BSD ، تانجيرانج ، في الفترة من 24-28 أكتوبر 2018.

اختار الملتقى موضوع  الإمكانات والاستثمارات الاقتصادية في يوجياكارتا. حضر الاجتماع التجاري سكرتير إقليم يوجياكرتا ورئيس وكالة الصناعة والتجارة في يوجياكرتا وعدد من السفراء الاندونيسيين والقنصل الاندونيسي العام في منطقة الشرق الأوسط.

بالإضافة إلى اجتماعات العمل، تم إقامة فعاليات متنوعة من  العروض لبعض الأعمال البسيطة والمتوسطة في يوجياكارتا وعرض الأزياء الإسلامية المحلية.

إن وجود رجال الأعمال السوريين في الملتقى على وجه الخصوص يشير إلى تحسن الظروف السياسية والاقتصادية وإنعاش الأنشطة الاقتصادية والتجارية في البلاد.

وبهذه الروح، تلتزم السفارة الإندونيسية في دمشق بالاستمرار في زيادة القيمة التجارية بين إندونيسيا وسوريا، من بين أمور أخرى من خلال الترويج وتشجيع المزيد من الاتصالات التجارية المكثفة بين قطاعي الأعمال.

سجلت القيمة التجارية للبلدين عام 2017 بمبلغ 34,60 مليون دولار أمريكي مع وجود فائض في الجانب الإندونيسي قدره 34,59 مليون دولار أمريكي.

وفي الوقت نفسه،وفي الفترة من يناير إلى أغسطس 2018 بلغ حجم التجارة بين البلدين 25,78 مليون دولار أمريكي، بزيادة قدرها 22.21 في المئة مقارنة بنفس الفترة من العام الماضي.

تم استخدام زيارة الملتقى في يوجياكرتا هذه المرة من قبل رجال الأعمال السوريين لتأسيس اتصالات الأعمال المباشرة، من بين أمور أخرى، مع شركات صناعة الأثاث والقهوة والكاجو والأجهزة الكهربائية.

وأعرب أحد المشاركين السوريين،يدعى أيمن إبراهيم، عن سعادته في بزيارة  يوجياكارتا.

وقال: “لقد أعجبت كثيرا بما تمتلكه يوجياكارتا … وأنا أيضا سعيد تماما، وأرغب في شراء منتجات من خشب الساج والأثاث الخشبي الصلب (مثل خشب الورد) الذي ينتجه الحرفيون في يوجياكارتا”.

في المستقبل القريب يخطط لتأجير أثاثات بحجم 40 قدم مربع كدفعة أولى.

كان المشاركون بشكل عام متحمسين للغاية لرؤية مجموعة متنوعة من منتجات عالية الجودة من يوجياكارتا. بالإضافة إلى المشاركين من سوريا، كان هناك أيضا مشاركين من دول الشرق الأوسط الأخرى مثل الإمارات العربية المتحدة ومصر واليمن والمملكة العربية السعودية والمغرب.

المترجم :لالو عبد الرزاق | المحرر: طلال الشايقي | المصدر: وكالة أنتارا


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Empat orang pengusaha Suriah mengikuti Indonesia-Middle East Gathering on Economy (IMAGE) di Yogyakarta pada 22-23 Oktober 2018 dalam upaya menjajaki kerja sama bisnis dengan pengusaha Indonesia.

Acara tahunan ini diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Luar Negeri dan Kantor Perwakilan RI kawasan Timur Tengah dan Pemerintah Daerah Provinsi Yogyakarta, demikian keterangan dari KBRI Damaskus yang diterima di Jakarta, Selasa.

KBRI Damaskus turut berpartisipasi dan memfasilitasi kunjungan 47 pengusaha termasuk 4 pengusaha yg hadir di IMAGE untuk hadir pula dalam rangkaian kegiatan Trade Expo Indonesia ke-33 di ICE BSD, Tangerang, pada 24-28 Oktober 2018.

IMAGE 2018 mengangkat tema potensi ekonomi dan investasi Yogyakarta. Hadir dalam pertemuan bisnis tersebut antara lain Sekretaris Daerah Provinsi DIY, Kepala Dinas Perindag Yogyakarta, dan sejumlah Duta Besar RI dan Konsul Jenderal RI di kawasan Timur Tengah.

Selain pertemuan bisnis, acara juga diramaikan oleh beragam ruang pameran dari UMKM Yogyakarta dan pertunjukan pertunjukan busana muslimah desainer lokal.

Kehadiran para pengusaha Suriah di IMAGE 2018 khususnya merupakan sinyal membaiknya kondisi politik dan ekonomi serta kembali menggeliatnya aktivitas ekonomi dan perdagangan di negara tersebut.

Dengan semangat itu, KBRI Damaskus berkomitmen untuk terus memacu peningkatan nilai perdagangan RI-Suriah antara lain melalui promosi dan mendorong kontak bisnis yg lebih intensif antara sektor bisnis kedua negara.

Nilai perdagangan kedua negara pada tahun 2017 tercatat sebesar USD 34,60 juta dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 34,59 juta dolar AS.

Sementara itu, pada periode Januari-Agustus 2018 nilai perdagangan kedua negara telah mencapai 25,78 juta dolar AS atau meningkat 22,21 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Kunjungan ke IMAGE Yogyakarta kali ini dimanfaatkan para pengusaha Suriah untuk langsung menjalin komunikasi bisnis antara lain dengan perusahaan/pengerajin mebel, kopi, kacang mede dan alat-alat listrik.

Salah satu peserta asal Suriah Aiman Ibrahim menyatakan puas atas kunjungan ke Yogyakarta.

“Saya sangat kagum dengan apa yang dimiliki Yogyakarta… saya juga cukup puas, dan berminat untuk membeli produk-produk mebel kayu jati dan solid wood lainnya (seperti sonokeling) produksi pengerajin Yogyakarta,” katanya.

Dalam waktu dekat dirinya berencana untuk memesan mebel sebanyak 1 kontainer volume 40 feet sebagai penjajagan awal.

Para peserta pada umumnya sangat antusias melihat beragamnya produk unggulan Yogakarta. Selain peserta dari Suriah hadir pula peserta dari negara Timur Tengah lainnya seperti Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Saudi Arabia, dan Maroko.

Penerjemah: Lalu Abdul Razzak | Editor:  Talal Al-Shaigi | Sumber:  Antara

تعليقات
Loading...