إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

زيادة أسعار في بيرتاليت تدفع التضخم

Kenaikan Pertalite Dorong Inflasi

0 311

سولو، إندونيسيا اليوم – صرح بنك أندونيسيا (BI)، ممثل مكتب سوراكارتا، جاوى الوسطى، بأن الزيادة في سعر النفط من نوع بيرتالبت التي وصلت 7.600 ألف روبية لكل لتر، أصبح 7.800 ألف روبية لكل لتر سيؤثر على التضخم.

“وإذا اطلعنا على البيانات فإن معدل التضخم في يناير بلغ 0.49%، في حين كانت في فبراير إلى 0.48 %. ومن المؤكد أن في مارس سيرتفع مرة أخرى إلى 0.49 %”.قال ذلك رئيس المكتب الإقليم يبنم إندونيسيا بسوراكارتا باندو ويديارتو في سولو يوم الإثنين.

وقال إن ارتفاع التضخم معقول بالنظر إلى أن الوقود غير المدعوم ويساهم بنسبة 0.33 % في إجمالي التضخم.

وقال إن مساهمة بيرتاليت عالية جدا لأن مستخدمي الوقود غير المدعوم كثيرون جدا. “هؤلاء الذين ينتقلون من براميوم، وفي نفس الوقت هؤلاء مترددون في العودة إلى براميوم بالرغم من أن سعر بيرتاليت قد ارتفع خشية أن تضر المكينة.”

بالنسبة لهذه الزيادة من سعر بيرتاليت فإن الخبير الاقتصادي من جامعة سيبيلاس مارِس (UNS) سوراكارتا لقمان حكيم قال إن على الحكومة إجراء التنشئة الاجتماعية قبل رفع سعر الوقود. وقال :”خاصة عندما يكون اقتصادنا ضعيفا، فإن هذا النوع من الزيادة ليس مناسبا”.

وقال إن بعض المستخدمين من بيرتاليت هي من مجتمعات الطبقة السفلى فتكون الزيادة تؤثر نوعا ما على اقتصادهم.

وقال: “مع هذه الزيادة التدريجية في الأسعار، فإن ذلك سيجعل الاستقرار الاقتصادي غير موات. فنحن نخشى على أن هذه الزيادة في الوقود ستؤدي إلى زيادة أسعار السلع الأخرى”.

ويأمل أن تنظر الحكومة بعناية قبل رفع أسعار الوقود حتى لا تثقل المجتمع. وقال :”إذا كانت إعادة إصدار الوقود المدعوم فإنه غير ممكن لذا يجب أن يكون هناك بحث دقيق لرفع أسعار الوقود.”

 

المترجم : أحمد شكري | المحرر : فارس البدر| المصدر: ROL

Solo, Indonesiaalyoum.com – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Surakarta, Jawa Tengah, menyatakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dari Rp7.600/liter menjadi Rp7.800/liter akan mempengaruhi inflasi.

“Kalau dilihat dari data, Januari lalu angka inflasi sebesar 0,49 persen, sedangkan pada Februari turun menjadi 0,48 persen. Untuk Maret dipastikan naik lagi menjadi 0,49 persen,” kata Kepala BI Kanwil Surakarta Bandoe Widiarto di Solo, Senin.

Ia mengatakan kenaikan inflasi tersebut wajar mengingat BBM nonsubsidi memberikan andil sebesar 0,33 persen terhadap inflasi secara keseluruhan.

Ia mengatakan kontribusi pertalite cukup tinggi karena pengguna BBM nonsubsidi tersebut sangat banyak.”Mereka ini adalah yang berpindah dari premium tetapi juga enggan kembali ke premium meski harga pertalite naik karena khawatir perpindahan tersebut akan merusak mesin kendaraan,” katanya.

Terkait dengan kenaikan harga pertalite tersebut Ekonom dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Lukman Hakim mengatakan seharusnya pemerintah melakukan sosialisasi sebelum menaikkan harga BBM tersebut. “Apalagi saat ini perekonomian kita sedang lesu. Dengan kenaikan semacam ini sepertinya tidak pas,” katanya.

Ia mengatakan sebagian pengguna pertalite adalah masyarakat kalangan bawah sehingga kenaikan tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi ekonomi mereka.

“Dengan kenaikan harga yang dilakukan secara bertahap ini juga akan membuat stabilitas ekonomi kurang baik. Khawatirnya kalau kenaikan harga BBM ini akan mempengaruhi kenaikan harga barang yang lain,” katanya.

Ia berharap ke depan pemerintah mempertimbangkan secara matang sebelum menaikkan harga BBM agar tidak memberatkan masyarakat. “Kalau untuk kembali mengeluarkan BBM subsidi kan sudah tidak memungkinkan sehingga harus ada pertimbangan matang untuk menaikkan harga BBM,” katanya.

Penerjemah I Ahmad Syukri I Editor: Fares alBadr I Sumber: Rol

 

تعليقات
Loading...
Click Me