ساندياجا يُعبِر عن رأيه في الإنتخابات الرئاسية 2019

Pemilu 2019 Catatan Memprihatinkan, Tulis Sandiaga di Akun Facebooknya

0 583

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – كتب المرشح 02 ساندياغا أونو في حسابه الخاص على موقع التواصل الإجتماعي فيس بوك ملاحظات بخصوص انتخابات 2019.

في ملاحظاته، عبر ساندي عن حزنه العميق بسبب العُرس الديمقراطي الخامس للشعب الإندونيسي  الذي مايزال مستمرا الآن والذي سجل عددا من اللحظات المُحزنة.

أولاً وقبل كل شيء، هناك العديد من الأسر فقدت أولياء الأمور والأقارب. توفي أكثر من 500 منظم انتخابات. وأصيب أكثر من 3000 شخص.

دعى ساندي للموتى أن يرحمهم الله، وبالشفاء للمرضى في أسرع وقت، وأن لا يُصاب أي شخص آخر.

فبكل مرارة علينا أن نقبل الواقع، هذه هي انتخابات مميتة في تاريخ إندونيسيا. ودرس غالي للغاية وعبرة يجب أن نعتبر به لتحسين تنفيذ الانتخابات في المستقبل.

ثانيا، نشم أيضًا رائحة حادة للرشاوي الإنتخابية ، والعثور على مئات الآلاف من الأظرف الذي أعدت كرشاوي إنتخابية للفقراء مِن قِبل التي مسؤولين رفيعيين المستوى في شركات مملوكة للدولة (BUMN) ومسؤولين في الحكومة.

فبعض الناس راضون عن هذا، بدلاً من الإختيار وفقًا لضمائرهم، لكنهم مجبرين أيضًا بسبب اغراء المال. وهذا يضر حقا بديمقراطيتنا.

ثالثا، إذا لاحظنا فيما مضى، فقد تابعت بنفسي طوال فترة الحملة الانتخابية حتى قبل التصويت، شعرنا بعدد من المخالفات والظلم الممنهج، والتي لم يعالجها منظمو الانتخابات والسلطات بشكل صحيح. بدءًا من صعوبات التراخيص، وأماكنا التي دائما يتم نقلها، وجعل الوصول إلى الحملات الإنتخابية الخاصة بنا صعب.

نتعاطف أيضًا مع الزملاء في وسائل الإعلام الذين تعرضوا لضغوط لعدم الإبلاغ الاحتيال. كما شهدنا جهودًا ممنهجة لإضعاف أصوات المعارضة، واعتقال الناشطين، وتجريم العلماء.

بالرغم من استمرار العقبات، أنا، وبرابوو سوبيانتو والشعب الإندونيسي، لن نكل ولا نمل أبداً وسوف نظل في دعم الحقيقة والعدالة. أدعوكم جميعًا إلى مواصلة الكفاح بأقصى قدر ممكن، حتى آخر قطرة دم، لحماية الموطنين.

المترجمة : فتحية غزالي | المحرر: محمد علي | المصدر: وكالة كابار توداي الإخبارية


Indonesia Alyoum, Jakarta – Cawapres 02 Sandiaga Uno menulis di akun Facebooknya soal keprihatinannya terhadap Pemilu 2019.

Dalam tulisannya, Sandi sangat miris di pesta demokrasi lima tahunan rakyat Indonesia yang sedang di jalani saat ini menorehkan sejumlah catatan yang memprihatinkan.

Yang pertama dan utama, banyaknya keluarga yang harus kehilangan orang tua, dan sanak saudara. Lebih dari 500 petugas penyelenggara Pemilu wafat. Lebih dari 3.000 orang lainnya dirawat.

Kita berdoa, semoga yang wafat semoga husnul khotimah, yang sakit segera disembuhkan, dan korban jiwa tidak terus bertambah.


Dengan pahit kita harus menerima kenyataan, inilah Pemilu paling mematikan sepanjang sejarah Indonesia. Suatu pelajaran yang amat mahal yang harus kita jadikan bekal bagi perbaikan penyelenggaraan Pemilu di waktu-waktu mendatang.

Kedua, kita juga mencium aroma politik uang yang sangat tajam, tertangkapnya ratusan ribu amplop yang disiapkan untuk serangan fajar yang melibatkan pejabat tinggi BUMN dan pejabat tinggi pemerintahan.

Rakyat sebagai pemilik kedaulatan telah dibuat terlena, bukannya memilih sesuai hati nurani, tetapi dipaksa atau setengah dipaksa memilih yang memberikan iming-iming uang. Ini sungguh-sungguh menciderai demokrasi kita.

Ketiga, bila kita tarik ke belakang, saya mengalami sendiri sepanjang masa kampanye hingga menjelang pemungutan suara, kita merasakan betapa banyak kejanggalan dan ketidakadilan yang kami alami, yang tidak ditangani dengan baik oleh penyelenggara Pemilu maupun pihak-pihak yang berwajib. Mulai dari sulitnya perijinan, tempat yang dipindah-pindah, hingga dipersulitnya akses untuk masyarakat ke titik acara.


Kami juga menaruh simpati pada rekan-rekan media yang mengalami tekanan untuk tidak memberitakan berbagai kecurangan. Kita juga menyaksikan upaya sistematis melemahkan suara oposisi, penangkapan aktivis, hingga kriminilisasi para ulama.

Namun, meskipun rintangan terus menghadang, saya, Pak Prabowo Subianto bersama rakyat Indonesia tidak akan pernah lelah berhenti berjuang dan menegakkan kebenaran dan keadilan. Saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk terus berjuang sekuat tenaga, sampai titik darah penghabisan, menjaga kedaulatan rakyat.(Ann/red)

 

تعليقات
Loading...