إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

7 حقائق عجيبة عن المنطقة الاقتصادية الخاصة “مانداليكا” في لومبوك

Tujuh Fakta menarik tentang Kawasan Ekonomi Khusus Mendalika Lombok

- الإعلانات -

0 162

قام #الرئيس_جوكوي قبل أيام بافتتاح المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، في نوسا تنجارا الغربية، الذي بدأ الشروع فيه قبل (29) عاما. (إقرأ أيضا: أماكن السياحة في لومبوك)

ومساحة هذه المنطقة تقدر بـ(1034) هكتاراً، وهي بمثابة منطقة سياحية رائدة في جزيرة لومبوك – نوسا تنجارا الغربية، ويكرس هذا المشروع لإظهار بأن جمال إندونيسيا ليس فقط في بالي، ولكن أيضاً في مانداليكا التي تقع في لومبوك.

  • (1) المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، ليست جزيرة مانداليكا التي تقع في جيبارا.

غير المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، توجد في إندونيسيا أيضا جزيرة صغيرة في بحر جاوة تسمى بمانداليكا. في الواقع، هما يشتركان في الاسم لكن هذه الجزيرة تقع في منطقة جيبارا، جاوة الوسطى. وهي تقع أمام الموقع السياحي للقلعة البرتغالية التي تقع في شاطئ بحر قرية “أوجونغ واتو”.

  • (2) جمال المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، لا توجد في خرائط جوجل:

من مطار لومبوك الدولي، لا يمكنك الاعتماد على خرائط جوجل للحصول على المعلومات. وهي مجرد نظرة على الأرض على خرائط جوجل؛ لذلك ليس من المستغرب أن يستغرق بنائها 29 عاما. وذلك بسبب مشكلة في مظلة القانون التي جعلت الحكومة المحلية لا تجرؤ على التصرف، وبالإضافة إلى عدم وجود تعليمات رئاسية بشأن حيازة الأراضي.

  • (3) أصل تسمية المنطقة باسم “مانداليكا”

تم اختيار اسم مانداليكا لوجود الفولكلور الشهير جدا من قبيلة ساساك في جزيرة لومبوك. وقصة الفولكلور يُروى عن أميرة جميلة اسمها مانداليكا ويجب عليها التحنث بسبب كثير من الرجال الذين يريدون الزواج منها.

وأخيراً، أسقطت الأميرة مانداليكا نفسها في البحر وغرقت في الأمواج. ويتم ذلك لتجنب الانقسامات والصراعات.

  • (4) المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، يمكن أن تكون بديلة للأماكن السياحية الجديدة في لومبوك

المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، يمكن التأكد بأنه ستكون منطقة جيدة للعطلة، وهذا بتعزيز التدخل من شركة تنمية السياحة إندونيسيا (ITDC)، وهي مؤسسة مملوكة للدولة وناجحة في بناء منطقة سياحية “نوسا دوا” في بالي.

  • (5) المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، لها دور في تنمية الاقتصاد للمجتمع المحلي:

يتوقع أن تطوير بناء المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، سيكون سريعا جدا. ولا شك أن لها دور إيجابي على المجتمع في فتح فرص العمل، من ذلك امتصاص القوى العاملة في المطاعم وأسواق وشقق والفنادق والموظفين العاملين في المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”.

ويتوقع الرئيس جوكوي أن المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، تحتاج إلى 58 ألف عامل.

  • (6) أماكن سياحية في المنطقة الاقتصادية الخاصة “مانداليكا”

توجد قريب من المنطقة الاقتصادية الخاصة، “مانداليكا”، قرية تقليدية تُدعى “سادي” وقرية تقليدية تُدعى “أيندي” الخاصة لسكان ساساك – السكان الأصليون لجزيرة لومبوك- ، ومن بين القريتين توصي أغلبية المرشدين السياحيين قرية تقليدية “سادي.”

وبالإضافة إلى ذلك، يوجد قريب منها شاطئ “تانجونغ آن”، تلة “ميريز”، و “باتو بايونغ” له منظر جميل لمشاهدة غروب الشمس.

  • (7) صور الرئيس جوكوي أمام بحر مانداليكا الأزرق، “أهلا وسهلا، مانداليكا تستقبلكم”

والآن غير “رنجاني” و”غيلي”، هناك منداليكا، تشترك في الجمال، فمتى سنزوره؟

المترجم: لالو عبد الرزاق | المحرر: محمود حسني/ فارس البدر | المصدر: IDNTIMES


Mandalika, Indonesiaalyoum.com — Beberapa waktu lalu, Presiden Jokowi telah meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Proyek ini telah berlangsung selama 29 tahun.

KEK Mandalika mempunyai lahan seluas 1.034 hektare yang berfungsi sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal ini dikhususkan untuk menunjukkan bahwa keindahan Indonesia itu tidak hanya Bali, tetapi juga Mandalika yang berada di Lombok.

1. KEK Mandalika ya, bukan Pulau Mandalika di Kabupaten Jepara.

Selain KEK Mandalika, Indonesia juga punya pulau kecil di Laut Jawa yang bernama Mandalika. Memang, namanya sama. Tapi pulau ini berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lokasinya berhadapan langsung dengan lokasi wisata Benteng Portugis yang berada tepat di pinggir pantai desa Ujung Watu.

2. Pesona keindahan KEK Mandalika belum ada di Google Maps.

Dari Bandara Internasional Lombok, kamu belum dapat mengandalkan Google Maps untuk menggali informasi. Hanya tampak hamparan tanah saja di Google Maps.

Tak heran, pembangunannya membutuhkan waktu selama 29 tahun. Hal ini dikarenakan adanya masalah payung hukum. Salah satu faktor yang membuat pemerintah daerah tidak berani bertindak karena tidak ada Instruksi Presiden pembebasan lahan.

3. Sejarah awal lahirnya nama Mandalika.

Nama Mandalika dipilih karena ada cerita rakyat yang sangat terkenal dari Suku Sasak di Pulau Lombok. Sebuah kisah menceritakan sang putri cantik bernama Mandalika yang harus bersemadi, karena banyak laki-laki yang ingin mempersuntingnya.

Akhirnya, Putri Mandalika malah menjatuhkan dirinya ke laut dan hilang ditelan ombak. Hal ini dilakukan untuk menghindari perpecahan dan konflik.

4. KEK Mandalika bisa menjadi alternatif liburan baru di Lombok.

KEK Mandalika dapat dipastikan menjadi kawasan liburan yang sangat bagus. Hal ini diperkuat dengan adanya campur tangan PT Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), BUMN yang sukses membangun kasawan pariwisata Nusa Dua di Bali.

Sudah ada 8 investor yang tertarik membangun hotel atau resort di KEK Mandalika pada tahap awal dengan total nilai investasi mencapai Rp 13 triliun. Rencananya, akan ada pembukaan Hotel Pullman, Clubmed, Royal Tulip, X2, dan Paramount pada awal 2019 mendatang.

5. KEK Mandalika bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Pengembangan KEK Mandalika diprediksi bakal berkembang sangat pesat. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak positif kepada masyarakat, yakni terbukanya lapangan kerja. Di antaranya penyerapan tenaga kerja dari restoran, homestay, hotel, serta karyawan yang bekerja di kawasan KEK Mandalika.

Presiden Jokowi memprediksi KEK Mandalika membutuhkan sekitar 58 ribu orang.

6. Pilihan wisata di sekitar KEK Mandalika.

Tak jauh dari kawasan KEK Mandalika, terdapat Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak, penghuni asli Pulau Lombok, Di antara kedua desa tersebut, mayoritas tour guide lebih merekomendasikan Desa Adat Sade.

Selain itu, KEK Mandalika juga dekat dengan pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan Batu Payung yang sangat indah untuk menikmati matahari terbenam.

7. Presiden Jokowi sampai nge-vlog di depan hamparan laut biru Mandalika. Selamat datang, Mandalika siap menyambutmu!

Nah, selain Rinjani dan Gili, sekarang ada Mandalika yang tak kalah kerennya. Kapan kita ke sana?

Penerjemah: Lalu Abdul Razak | Editor: Mahmoud Hosni/Faris Albadr | Sumber: IDNTIMES

(58)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

تعليقات
Loading...
Click Me