سلطان يوجياكراتا: علينا أن نُحافظ على الوِحدة الإندونيسية بعد الإنتخابات

Sultan Yogya: Semua Kembali Bersama, Jangan Merasa Paling Benar

0 462

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – أرسل سلطان ومحافظ جوكجاكارتا هيكيمنجو بونو الخامس رسالة سلام إلى أبناء الشعب الإندونيسي، يَطلب منهم أن لا يتفرقوا بسبب الإختيارات السياسية المختلفة في الخميس سنوات القادمة.

قال السلطان، الجمعة (19/04/2019): “أتمنى أن نُعيد روح السلام والهدوء والرضا بعد إتمام تلك الإنتخابات، حتى لا تجعلنا بعض الإضطرابات مُنقسمين”.

أكمل السلطان حديثه قائلًا: “لا أريد أننا بعد تَطبيع الديموقراطية في الإنتخابات الرئاسية لمدة 5 سنوات، تَنقسم الأمة. أرجوا أن يستيقظ ضميرنا لنعزز قيم الإتحاد والإخلاص والسلام في قلوبنا”.

وفيما يتعلق بالنتائج، فإن السلطان طَلب من المواطنيين انتظار النتائج الرسمية من الهئية العامة للإنتخابات (KPU)، وطَلب أيضًا من الشعب الإندونيسي أن يحترم تلك الهيئة حيث أنها هي الجهة التي أجرت تلك الإنتخابات.

قال السلطان: “يَجب علينا أن نحترم الهيئة العامة للإنتخابات (KPU) بإنتظار قرارها والنتائج الرسمية. وآمل أن نعود بعد تلك الإنتخابات إلى الوِحدة الوطنية والسلامة وأن نُعزز في أنفسنا تَحمُل المسؤولية”.

يطلب السلطان من أبناء الشعب الإندونيسي أن يحترموا كلمة القانون، وإن كان هناك بعض الإعتراضات أو المشاكل التي حدثت في الإنتخابات، يتمنى أن تُحل عن طريق القانون. لا بالطرق غير الدستورية التي تشارك في جَعل الجَو العَام سئ.

قال السلطان: “يَجب علينا أن نُقلل الشعور بالذات والأنا، وأن لا نَشعر أننا فقط على الصواب والآخرون خطأ. يجب علينا كأعضاء في هذا المُجتمع أن نتمنى الخير والمنفعة العامة”.

المترجم : محمد علي | المصدر: وكالة نيوز ديتيك الإخبارية


Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menyerukan pesan damai kepada seluruh anak bangsa. Sultan tak ingin masyarakat terbelah hanya karena perbedaan pilihan politik lima tahunan pada Pemilu 2019 ini.

“Harapan saya setelah Pemilu dilakukan, marilah kita wujudkan rasa damai dan rasa nyaman masyarakat. Tidak ada gejolak-gejolak yang menumbuhkan perpecahan di anak bangsa,” ucap Sultan di Keraton Yogyakarta, Jumat (19/4/2019).

“Jangan sampai kita hanya melaksanakan demokratisasi lima tahun sekali (tapi) memecah bangsa ini. Semoga saja kita punya hati nurani di dalam membangun kebersamaan dengan rasa ikhlas dan damai di hati. Semoga itu yang terjadi,” sambungnya.

Terkait hasil pileg dan pilpres di pemilu 2019, Sultan meminta masyarakat menunggu proses rekapitulasi surat suara dari KPU. Sultan meminta masyarakat menghormati KPU sebagai lembaga yang berwenang menjalankan pemilu.

“Kita harus menghormati dan untuk itu kita menunggu (keputusan KPU). Harapan saya (pascapemilu) kita sebagai anak bangsa kembali dalam kebersamaan, kembali dalam kedamaian, kembali di dalam rasa tanggung jawab bersama,” tuturnya.

Sultan juga meminta segenap elemen masyarakat untuk menghormati hukum. Jika ada sengketa pemilu, maka Sultan berharap sengketa tersebut diselesaikan lewat jalur hukum bukan justru melawannya dengan cara-cara inkonstitusional. Dipesankan pula agar dihentikan segala agitasi-agitasi yang bisa memperuncing suasana.

“Jangan hanya kita bicara keakuan, merasa paling benar, menjadi sesuatu yang mengoyak kebersamaan kita sebagai warga sosial yang selama ini tetap kita (jaga), dan itu membawa manfaat bagi kita semua,” pungkasnya.

Penerjemah: Mohamed Ali | Sumber: detik

تعليقات
Loading...