إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

سوكماواتي ترفض الاعتذار عن المقارنة بين الرئيس الإندونيسي و النبي محمد

Sukmawati Enggan Minta Maaf Soal Bandingkan Nabi Muhammad-Sukarno

70

جاكرتا، إندونيسيا اليوم – يوكماواتي سوكارنو بوتري ترفض الاعتذار عن حديثها الذي اعتبر أنها تقارن فيه بين النبي محمد و والدها الرئيس الإندونيسي الأول سوكارنو. حيث ترى سوكماواتي بأنها لا ترى خطأ في ما قالته.

قالت سوكماواتي: “أنا لا أشعر أني أخطًات، فعن ماذا أعتذر؟! ابحثوا أولاً عما قلته بالفعل، و ليس ما تم تغييره و تعديله”. مساء الثلاثاء.

عرضت سوكماواتي التقارير التي تقدم ضدها للشرطة و تقارير فريق الدفاع اللخاص بها. ترى سوكماواتي أن ليس حديثها ما أثار الجمهور، و لكن أيادي بعض الأشخاص الذين يعبثون بجهل.

قالت سوكماواتي: “على كل حال أنا أترك الأمر للشرطة و فريق الدفاع الخاص بي، ذلك إذا وصل الأمر للقضاء. أنا أرى أن الذي أوصل الأمر لما هو عليه الآن ليست كلماتي، و لكن بعض الأيادي الجاهلة. أرى أنه لا يوجد خطأ فيما قلت”.

ترى سوكماواتي بأن الشخص الذي لديه القدر الكافي من صحة التفكير يمكنه أن يهضم ما قالته و يفهمه بمقصده الصحيح، حيث إنها على ثقة بأن ديثها لا يشتمل على أي عنصر يمكن أن يكون به إهانة للأديان. كما إنها طلبت من المجتمع ألا يُخدَع في الحكم عليها.

يذكر أن عدد من الشخصيات قد طالبت سوكماواتي أن تعتذر عن حديثها الذي اعتبروه يحتوي على مقارنة بين النبي محمد و الرئيس سوكارنو. من بينهم عضو مجلس النواب ، أندي أكمل بسلودين الذي طلب من سوكماواتي أن توضح للجمهور و تعتذر عن حديثها. أكمل على يقين بأن المجتمع سيتفهم.

قال أندي أكمل: “أنا أطلب توضيح من السيدة سوكماواتي، كما أطالبها بالاعتذار. أظن أنه من الأفضل و الأقوم أن نعتذر إذا بدر منا حديث ربما يكون غير مقصود. أنا على يقين بأن المجتمع سيتفهم ذلك، فكل إنسان يمكن يخطئ بسبب قلة فهمه أو ربما زلة لسان ليس أكثر، مما أدى إلى تعليق ليس في مكانه”. جاكرتا، الإثنين 18/11.

الأمين العالم لحزب الوحدة و البناء PPP، أحمد بدوي، تحدث عن الأمر و قال بأن حزبه يرى أن حديث سوكماواتي عندما تحدثت عن النبي محمد و الرئيس سوكارنو قد جرحت مشاعر المسلمين.

قال بدوي: “من الأفضل أن تخرج السيدة سوكماواتي و تشرح للمجتمع مقصود حديثها و تعتذر للمسلمين و ذلك لتهدئة الوضع. على الشرطة أن تتعامل بحرفية مع تلك المشكلة”.

 

 

المترجم : مؤمن السيفي | المصدر:ديتيك نيوز


Jakarta, Indonesiaalyoum.comSukmawati Soekarnoputri enggan meminta maaf terkait ucapannya yang dinilai membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Presiden RI ke-1 Sukarno. Dia merasa tak ada yang salah terkait ucapannya itu.

“Saya merasa tidak salah, jadi ngapain musti minta maaf? Diteliti dulu dong apa kata-kata saya yang benar, yang bukan diubah ataupun diedit,” kata Sukmawati saat dihubungi, Senin (18/11/2019) malam.

Sukmawati juga memasrahkan laporan-laporan pihak yang merasa tersinggung dengan ucapannya kepada pihak kepolisian dan tim pengacaranya. Menurut Sukmawati, bukan dirinya yang membuat publik gaduh dengan pernyataan tersebut, tetapi ‘tangan-tangan jahil’.

“Pokoknya ini juga bagaimana, saya terserah polisi dan tim lawyer kalau harus sampai ke ranah hukum. Yang membuat gaduh saya pikir yang ‘tangan-tangan jahil’ tersebut karena kata-kata saya nggak ada yang nggak benar,” ucap Sukmawati.

Sukmawati berpendapat seseorang yang sehat pemikirannya dapat mencerna maksud ucapannya dengan baik, di mana dia yakin tak ada unsur menistakan agama di dalamnya. Dia juga meminta masyarakat tak terburu-buru menghakimi dirinya.

Beberapa pihak meminta Sukmawati meminta maaf atas pertanyaannya yang seakan membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Sukarno. Seperti anggota MPR F-PKS Andi Akmal Pasluddin yang meminta Sukmawati memberikan klarifikasi dan meminta maaf soal pernyataannya itu. Ia yakin umat akan memahami.

“Saya kira kita minta beliau bisa memberikan klarifikasi dan permintaan maaf. Saya kira sangat mulia kita itu ya kalau ada namanya terselip lidah gitu ya, kita minta maaf. Saya kira umat akan bisa memahami bahwa namanya manusia pasti kadang kala karena kepahamannya kurang, atau mungkin terselip lidah gitu ya, sehingga ada komentar yang kurang pas pada tempatnya,” kata Andi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11).

Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) juga menyarankan hal yang sama. PPP menilai kalimat yang dilontarkan Sukmawati ketika bicara soal Nabi Muhammad dan Presiden pertama RI Sukarno melukai perasaan umat Islam.

“Untuk menyejukkan keadaan, sebaiknya Ibu Sukmawati menjelaskan secara jernih dan meminta maaf kepada umat Islam. Aparat kepolisian agar bersikap profesional dan profesional menangani persoalan ini,” kata Awiek.

Translated by: Momen Alsayfi | Source: detikNews

(44)

تعليقات
Loading...
Click Me