شاطئ تشيتيوش ينافس الشواطئ الموجودة في بالي - إندونيسيا اليوم
إندونيسيا اليوم
تأسس إندونيسيا اليوم في 24 ابريل عام 2014م, وبدأ بثها التجريبي في 29 ابريل 2014م, لتكون بذلك من أوائل وكالة أنباء في إندونيسيا توفر رسمياً خدمة الأخبار بالعربية

شاطئ تشيتيوش ينافس الشواطئ الموجودة في بالي

Orang Sukabumi Pasti Bangga Punya Pantai ini, Bersih Banget

- الإعلانات -

0 205

 

جاكرتا، إندونيسيا اليوم –  هل تعرف شاطىء تشيتيوس ؟ يقع الشاطئ في بلبوهان راتو  سوكابومي ,  يمكن أن يكون منافسا لشواطئ بالي. إلى جانب الجمال، فإن الشاطئ حقا نظيف !

بصراحة، لم أتخيل أبداً في ذهني جماله، سأزور هذا المكان وإذا كنت تزور المنطقة السياحية في جاوة الغربية بالقرب من سوكابومي ،سوف تجد ساوارنا، يكون قد حصلت عليه. وبالفعل كانت أعتزم للذهاب إلى  ساوارنا

شاطئ تشيتيوش ينافس الشواطئ الموجودة في بالي 2- اندونيسيا اليوم
الصورة: ديتيك

ومع ذلك، فإن الفرصة لزيارة بالابوهان راتو جاءت عندما دعاني صديق ناشط على الإنترنت. غادرنا من جاكرتا يوم السبت وبتنا ليلة في سوكابومي ، في منطقة سالابنتانا.

ذهبنا إلى سوكابومي، الأحد في الساعة 06.00 WIB. هذه الرحلة إلى بالابوهان راتو تستغرق حوالي 3 ساعات بالحافلة ، كان الطريق الذي مررنا به طريقًا متعرجًا وضيقًا، وكان مناسبًا لمركبتين فقط.

وصلنا إلى بالابوهان راتو، في  الساعة 10:00 صباحا بسبب العديد من التوقفات. وبعد أن وصلنا إلى بالابوهان راتو، ذهبنا مباشرة إلى شاطئ سيتبوس. من مركز بالابوهان راتو، ليس بعيداً

أنا بصراحة، أذهلني هذا الشاطئ، الذي أتخيله حول الساحل الجنوبي، و بالابوهان راتو، غير مرئي في هذا الشاطئ .

والشاطئ بني رملي ، ومياه البحر لا تزال نظيفة. على عكس الشاطئ الذي في جاكرتا. ليس هذا فقط ، كما يبدو الشاطئ نظيفًا من النفايات .

مياه البحر هي أيضا هادئة. لا توجد أمواج كبيرة. وكان اليوم ليس عاصفا عندما زرته مع زملائي . عند الوصول إلى الشاطئ، لن أنسى إلتقاط الصور .ولكن  بسبب عدم ارتداء ملابس بجو شاطئ، لم أجرؤ على الاقتراب من مياه البحر.

الخوف من البلل وسوف تكون معقدة، وأنا قمت  بالتقاط الصور على الشاطئ فقط

شاطئ تشيتيوش ينافس الشواطئ الموجودة في بالي 4- اندونيسيا اليوم
الصورة: ديتيك

بعد الاستمتاع بالشاطئ، قررت بعد ذلك الراحة في مطعم بالقرب من الشاطئ. وبطبيعة الحال، هذا الشاطئ غير مرئي من الشارع . وإذا كنت ترغب في أخذ الوقت للاحتماء ، فهناك مكان متاح على الشاطئ. ويمكننا الجلوس على نوع من السور المبني

ومطعم على شارع جانبي ليس بعيدا عن الشاطئ يباع فيه جوز الهند . لذا، يمكننا الاستمتاع بثلج جوز الهند.

المترجمة :مايا يونياتي | المحرر: فارس البدر | المصدر: ديتيك

Jakarta, Indonesiaalyoum.com – Sudah pernah dengar Pantai Citepus? Pantai yang berada di Palabuhanratu Sukabumi ini bisa jadi saingan beratnya Bali. Selain cantik, pantai ini bersih banget!

Jujur saja, tidak pernah terbayang di benak saya, akan mengunjungi yang namanya Palabuhan Ratu, atau Pelabuhan Ratu. Kalau browsing-browsing soal daerah wisata di Jawa Barat dekat Sukabumi, Sawarna, saya pernah. Dan memang pernah berniat untuk ke Sawarna.

Namun, kesempatan untuk berkunjung ke Palabuhan Ratu datang ketika saya diajak teman-teman penggiat internet. Kami berangkat dari Jakarta hari Sabtu menginap selama semalam di Sukabumi, di daerah Salabintana.

Kami berangkat ke Sukabumi, hari Minggu pukul 06.00 WIB. Perjalanan ke Palabuhan Ratu ini kami tempuh kurang lebih 3 jam dengan bus sedang. Jalan yang kami lalui adalah jalanan yang berliku dan cenderung sempit, Memang pas untuk dua kendaraan saja.

Kami tiba di Palabuhan Ratu, sekitar pukul 10.00 WIB karena beberapa kali berhenti. Tiba di Palabuhan Ratu, kami langsung ke Pantai Citepus. Dari Pusat Palabuhan Ratu, tidak terlampau jauh.

شاطئ تشيتيوش ينافس الشواطئ الموجودة في بالي 3- اندونيسيا اليوم
الصورة: ديتيك

Saya jujur saya, sedikit terpana dengan Pantai Citepus ini, yang saya bayangkan soal Pantai Selatan, dan Palabuhan Ratu, tidak tampak di Pantai Citepus ini.

Pantainya berpasir Coklat, dan air lautnya masih bersih. Berbeda dengan yang di Jakarta. Tidak hanya itu, pantainya juga terlihat bersih dari sampah. Air lautnya juga tenang. Tidak ada ombak besar. Dan hari itu memang tidak berangin kencang juga ketika saya dan teman-teman berkunjung.

Sesampainya di pantai, tidak mungkin akan saya lewatkan untuk berfoto. Karena tidak menggunakan pakaian dengan suasana pantai, saya tidak berani mendekat ke air laut. Takut basah dan ribet pastinya. Saya hanya berada di pinggir pantai saja.

Selesai menikmati pantai, saya bersantai di warung yang tidak jauh dari Pantai. Oh iya, pantai ini dari jalanan saja sudah kelihatan lho. Dan kalau mau berteduh, ada tempat berteduh di Pinggir Pantai. Dan kita bisa duduk-duduk di semacam tanggul yang sudah dibangun.

Warung di pinggir jalan tidak jauh dari pantai menjual Kelapa Muda. Jadi, kita bisa menikmati es kelapa muda nan segar juga.

Penerjemah: Maya Yuniati | Editor: Fares alBadr | Sumber: Detik.com

 

(7)

تعليقات
Loading...
Click Me